Today Wednesday, 7th December 2022
GOFIT Indonesia

Build Healthier Indonesia

Post Widget 1

Heath Tips

  • In enim justo, rhoncus ut, imperdiet a
  • Fringilla vel, aliquet nec, vulputateDonec pede justo,  eget, arcu. In enim justo, rhoncus ut, imperdiet a, venenatis vitae, justo.Nullam dictum felis eu pede mollis pretium.

Post Widget 2

Teknik Menapak Saat Berlari Forefoot

Teknik Menapak Saat Berlari Forefoot

Beberapa pealri elit menggunakan forefoot strike untuk mendaratkan kakinya saat berlari. Mereka menapak dari bagian pangakal jari kaki ke-4 ataupun yang ke-5 (ball of the foot) terlebih dahulu saat berlari (bukan di area bawah jempol kaki)

Mendarat di bawah pangkal jari kelingking ke tengah dalam tenik berlari Forefoot dinilai sebagai pendaratan alami kaki, dimana tingkat kelenturan dan fleksibilitas yang lebih tinggi di bawah jari kaki ke-44 dan ke-5 membuat area tersebut sangat mudah dibentuk dan mampu menyesuaikan dengan mulus di atas permukaan apapun dengan lebih mudah. Fleksibilitas ini membuat bantalan menjadi lebih akomodatif untuk beban pelantar yang lebih berat.

Daerah dibawah jari kaki ke-4 dan ke-5 terdiri dari tulang serta sendi-sendi kecil yang di kelilingi oleh otot dan jaringan yang lebih lembut dan lentur yang mampu menyesuaikan pendaratan lebih baik dibandingkan dengan di area ibu jari kaki.

Setiap orang memiliki pilihan cara menapak (foot strike) masing-masing. Ada yang nyaman berlari dengan bagian depan kaki (forefoot), ada yang dengan bagian tengah (midfoot), atau bagian tumit yang menapak terlebih dahulu (rearfoot/heelstrike).

Kali ini Gofit akan membahas tentang berlari dengan cara Forefoot, dimana beberapa pelari elit juga menggunakan cara ini di setiap pertandingannya.

Penasaran mengapa mereka memilih menggunakan forefoot saat berlari? Berikut ulasannya ya, Gofiters. Tunggu ulasan Footstrike yang lainnya ya..

Redaksi GOFIT

Let’s build a healthier Indonesia together, Gofiters!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Read also x