Today Wednesday, 6th December 2023
GOFIT Indonesia

Build Healthier Indonesia

Post Widget 1

Heath Tips

  • In enim justo, rhoncus ut, imperdiet a
  • Fringilla vel, aliquet nec, vulputateDonec pede justo,  eget, arcu. In enim justo, rhoncus ut, imperdiet a, venenatis vitae, justo.Nullam dictum felis eu pede mollis pretium.

Post Widget 2

Jakarta Marathon Segera Hadir: Tekad Penyelenggara BARU untuk Jakarta Marathon 2023 yang Lebih Baik, Risiko Terendah dan Ramah

Jakarta Marathon Segera Hadir: Tekad Penyelenggara BARU untuk Jakarta Marathon 2023 yang Lebih Baik, Risiko Terendah dan Ramah

Jakarta Marathon, yang dinobatkan sebagai mahkota acara atletik di DKI Jakarta, akan kembali terselenggara dengan komitmen yang kokoh dari penyelenggara baru pada tanggal 22 Oktober 2023 mendatang.

Pada hari itu, bersamaan saat matahari terbit di atas gedung-gedung pencakar langit, jalan-jalan utama di Jakarta akan kembali berderap dengan suara jutaan langkah kaki dari ribuan atlet maupun penggembira lari dari seluruh penjuru dunia. Tahun ini memperkenalkan panitia penyelenggara baru, Kelompok Lari Anak Bangsa (KLAB), yang didorong oleh semangat kolektif dari para atlet dan pakar lari Indonesia, berkomitmen untuk merevitalisasi Jakarta Marathon. Penyelenggara tahun 2023 bertekad menyiapkan standarisasi penyelenggaraan marathon yang lebih baik, risiko terendah dan ramah lingkungan. Ajang ini mendapat dukungan langsung dari berbagai pihak seperti Hibank dari BNI Group, Le Minerale,

Amman, Medco dan lain-lain. Seperti lomba lari jarak jauh lainnya, perjalanan penyelenggaraan Jakarta Marathon ini tidak selalu mulus.

Meskipun ajang ini telah mendapatkan pengakuan internasional, sebagai kompetisi lari ikonik di DKI Jakarta dan Indonesia, pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, meskipun sukses

dalam banyak hal, ternyata cukup banyak aspek yang perlu ditingkatkan dan disempurnakan. Bapak Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh

Indonesia (PB PASI),  mengatakan, “Dalam setiap perjalanan, selalu ada pelajaran yang dapat dipetik, tidak terkecuali dari penyelenggaraan Jakarta Marathon tahun-tahun sebelumnya. Meskipun ada hambatan, namun hal tersebut menjadi masukan dan membuka peluang untuk perbaikan.

Hambatan-hambatan sepatutnya menjadi batu loncatan untuk memastikan maraton tahun ini menjadi lebih baik sehingga pantas mewakili keunggulan marathon Indonesia di dunia internasional. Kami percaya komitmen penyelenggara baru untuk mengangkat Jakarta Marathon ke level yang lebih tinggi. Dengan penekanan pada persiapan standarisasi penyelenggaraan marathon yang lebih baik, risiko kesehatan terendah dan ramah lingkungan, kami melihat Jakarta Marathon bukan sekedar lomba lari jarak jauh saja, namun merupakan manifestasi dari kebanggaan dan potensi Indonesia. Jadi mari bersama-sama kita dukung penyelenggaraannya. ”Donny Tjahyadikarta, Race Director, Jakarta Marathon 2023,  mewakili perusahaan penyelenggara yang baru, memberikan gambaran sekilas tentang langkah-langkah proaktif yang dilakukan.

“Komitmen kami terhadap Jakarta Marathon dan para pesertanya tidak tergoyahkan. Kami mendengarkan suara semua pihak. Kami juga akan terus berinovasi. Dan pada bulan Oktober mendatang, para pelari akan merasakan pengalaman ajang maraton yang didisain sesuai masukan dari mereka. Misi kami sendiri jelas dan bertumpu pada tiga komitmen yang terintegrasi.”

Yang pertama, meningkatkan standarisasi penyelenggaraan dan lomba:  Penyelenggara bertekad untuk memberikan pengalaman lari yang lebih baik, dimana beberapa aspek perbaikan akan mencakup kualitas jersey  lari, paket lomba (race pack),  sistem antrean yang lebih nyaman dan teratur dan penyediaan fasilitas-fasilitas untuk pelari di lokasi. Memastikan setidaknya hampir 5 jam rute lomba yang nyaman, rambu-rambu yang jelas, marshal yang cakap, dan instruksi yang konsisten di rute akan menjadi bagian integral dari acara tahun ini. Pada semua aspek teknis penyelenggaraan lomba, kami akan mengikuti panduan yang diberikan oleh federasi. 

Selanjutnya, jaminan keselamatan untuk pelari:  Keselamatan pelari selama lomba adalah yang terpenting. Dengan memprioritaskan keselamatan peserta, langkah-langkah komprehensif telah diadopsi. Inisiatif pra-lomba meliputi pelatihan ekstensif untuk tim medis dan marshal. Pada hari pelaksanaan lomba, penyelenggara memastikan keselamatan masing-masing pelari mendapat perhatian yang menyeluruh, dari asuransi, petugas kesehatan berlisensi akan ditempatkan secara strategis di sepanjang rute. Peralatan medis yang canggih berstandar internasional, termasuk Automated External Defibrillator (AED),  akan tersedia. Dan menimbang iklim tropis dan temperatur Jakarta, fasilitas dan inisiatif perlindungan cuaca panas (hot environment risk protection)  juga akan diimplementasikan di titik-titik rute. termasuk di antaranya standar air mineral untuk hidrasi yang akan tersedia untuk para pelari, benar-benar terpilih dan terbukti kualitas mineralnya. dr Andi Kurniawan, Sp.KO, Medical Director, Jakarta Marathon 2023,  mengatakan, “Dengan langkah-langkah komprehensif kesehatan tersebut, kami berusaha untuk memberikan pelayanan medis di atas standar yang biasa kami lakukan dan berharap dapat menjadikan Jakarta Marathon sebagai lomba lari dengan risiko terendah di Indonesia.”

Terakhir, mengedepankan tanggung jawab lingkungan:  Jakarta Marathon 2023 dicanangkan sebagai ajang lari carbon-neutral  pertama di Indonesia. Visi ini dimulai dengan penggunaan kendaraan listrik dari Electrum  untuk memastikan transportasi nir-emisi. Semua sampah, akan dikelola secara berkelanjutan dan bertanggung jawab oleh Ecofren .

Kemudian, untuk pertama kalinya, jejak karbon dari setiap pelari dan operasional penyelenggaraan akan dihitung dan di-offset oleh Fairatmos.

Triyaningsih, atlit wanita nasional pemegang 10 rekor nasional maupun Asia Tenggara untuk nomor lari jarak jauh dan lulus babak kualifikasi Olimpiade, mengatakan,  “Telah berpartisipasi dalam Jakarta Marathon beberapa kali, saya telah merasakan suka dukanya; Lomba ini memiliki arti penting bagi saya. Meski ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, marathon ini tetap menjadi simbol kebanggaan nasional kita. Saya dengan antusias menunggu peningkatan tahun ini yang dijanjikan oleh penyelenggara baru.”

Dengan dimulainya hitungan mundur, Jakarta Marathon 2023 tidak hanya menjanjikan pengalaman atletik (lari) yang menantang, tetapi juga menjadi perwujudan komitmen penyelenggara baru untuk menjadikan Jakarta Marathon 2023 sebagai yang terbaik, risiko terendah dan ramah lingkungan.

Mimin Gofit

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Read also x