Today Thursday, 18th July 2024
GOFIT Indonesia

Build Healthier Indonesia

Post Widget 1

Heath Tips

  • In enim justo, rhoncus ut, imperdiet a
  • Fringilla vel, aliquet nec, vulputateDonec pede justo,  eget, arcu. In enim justo, rhoncus ut, imperdiet a, venenatis vitae, justo.Nullam dictum felis eu pede mollis pretium.

Post Widget 2

Sebelum olahraga harus pakai Sunscreen? Emang penting?

Sebelum olahraga harus pakai Sunscreen? Emang penting?

Dalam beberapa waktu belakangan ini cuaca dan terik matahari di Indonesia sangat lah diluar dugaan. Maka dari itu, Pentingnya melindungi kulit dari Sinar Matahari

Kegiatan di luar ruangan seperti olahraga adalah hal yang menyenangkan. Namun, kita harus selalu waspada terhadap bahaya paparan sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) dari matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan penuaan dini dan menjadi penyebab utama kulit terbakar. Oleh karena itu, menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan sangat penting untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet.

Tujuan Menggunakan Sunscreen Saat Beraktivitas di Luar Ruangan adalah :

Penggunaan sunscreen bertujuan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet. Namun, perlu diingat bahwa setinggi apa pun kandungan SPF dalam produk sunscreen tidak bisa mencegah paparan sinar matahari ke kulit sepenuhnya. Sinar UVB memang diperlukan oleh kulit untuk membantu meningkatkan pembentukan vitamin D, namun radiasi sinar UVB yang terlalu tinggi dapat menimbulkan risiko kulit terbakar bahkan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit melanoma.

Berbagai kondisi tersebut dapat dihindari atau dikurangi dengan mengoleskan sunscreen ke kulit, terutama saat berada di luar ruangan. Meski demikian, penting untuk memilih produk sunscreen dengan kandungan SPF yang tepat agar efektif melindungi kulit dari radiasi sinar matahari.

Memilih sunscreen yang Tepat :

Sunscreen yang paling umum digunakan di Indonesia memiliki kadar SPF 30 atau lebih. SPF 30 mengindikasikan bahwa kulit dapat bertahan 30 kali lebih lama di bawah sinar matahari tanpa mengalami sunburn. Namun, SPF yang lebih tinggi seperti SPF 50 dapat menghambat sekitar 98% sinar UVB. Selain itu, pastikan untuk memilih sunscreen dengan spektrum luas yang melindungi kulit dari paparan sinar UVB dan UVA.

Selain memilih sunscreen dengan kandungan SPF yang tepat, ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan ketika membeli sunscreen, antara lain memperhatikan tanggal kadaluarsa produk sunscreen pada kemasan serta memilih sunscreen yang tahan air, terutama jika gofiters akan melakukan kegiatan yang membuat kalian berkeringat atau dilakukan di air.

Sunscreen adalah produk yang digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari matahari. Paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan pada kulit seperti penuaan dini dan kanker kulit. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Namun, penggunaan sunscreen yang tepat juga sangat penting untuk memastikan kulit mendapatkan perlindungan maksimal. Berikut adalah beberapa cara menggunakan tabir surya yang tepat:

Oleskan sunscreen dengan Cukup :

Oleskan sunscreen dengan cukup pada seluruh area kulit yang terkena sinar matahari, termasuk wajah, leher, lengan, dan kaki. Jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen pada area kulit yang sering terlupakan seperti telinga, belakang leher, dan atas kaki. Pastikan sunscreen menyebar merata pada kulit.

Oleskan sunscreen dengan Benar :

Oleskan sunscreen 15-30 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan agar tabir surya dapat menyerap ke dalam kulit dengan baik. Jangan hanya mengoleskan sunscreen sekali pada awal aktivitas, pastikan Anda mengulanginya tiap 2 jam sekali.

Jika Anda berenang atau berkeringat, pastikan untuk mengoleskan sunscreen setelah Anda selesai berenang atau setiap kali Anda berkeringat. Pilihlah sunscreen yang tahan air untuk menjaga perlindungan kulit Anda.

Jangan Menggabungkan sunscreen dengan Produk Lain

Jangan menggabungkan sunscreen dengan produk lain seperti lotion pemutih badan atau minyak untuk kulit. Penggunaan produk lain bersamaan dengan sunscreen dapat mengurangi efektivitas perlindungan kulit dari sinar UV.

Gunakan sunscreen Setiap Hari

Paparan sinar matahari tidak hanya terjadi saat Anda berada di luar ruangan atau pada hari yang cerah. Sinar matahari juga dapat masuk ke dalam ruangan dan menyebabkan kerusakan pada kulit. Oleh karena itu, gunakan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Mimin Gofit

Related Posts

Read also x