Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Sport
Artikel
11 October 2018
6 Taktik Sederhana Melewati Tanjakan 

TIDAK PEDULI apakah Anda sedang membangun impian menjadi pesepeda cross country, atau hanya ingin menikmati lintasan menurun, memiliki kemampuan melibas tanjakan adalah suatu keahlian yang harus Anda miliki. Tanjakan yang panjang mungkin sangat mengintimidasi pada awalnya. Tetapi terdapat beragam strategi dan tip sederhana yang akan membantu Anda melawan gravitasi. Berikut enam tip yang bisa Anda terapkan saat menghadapi tanjakan.

#1 Pilih Tunggangan Anda

Sebelum memulai petualangan yang Anda impikan ini, awali dengan memiliki sepeda. Apapun sepeda Anda, pilih yang menawarkan keseimbangan optimal dari pengurangan resistensi laju yang dan kelincahan serta pengendalian maksimal.

#2 Ayunan Kaki yang Optimal

Cadence, seberapa cepat Anda mengayuh pedal, memiliki dampak nyata terhadap performa Anda saat melintasi tanjakan yang panjang. Putaran kayuhan yang rendah menempatkan ketegangan pada otot dan membuat Anda lebih cepat lelah. Mengayuh pedal di gigi ringan akan mengurangi tekanan pada jantung dan paru-paru Anda, yang akan membuat Anda mengayuh pedal sepeda lebih lama. Awalnya ini mungkin akan sulit karena kaki Anda tidak mau mengayuh lebih cepat. Tetapi tetap lakukan dan Anda akan menemukan diri di lintasan menurun setelah tanjakan.

#3 Kayuhan Halus

Tidak seperti pesepeda jalan raya, dengan permukaan lintasan yang halus (rata), Pesepeda gunung harus berhadapan dengan medan yang sukar diprediksi ketika menghadapi tanjakan. Mengayuh pedal secara secara membabi-buta bisa membuat Anda kehilangan traksi, karena tidak meratanya tenaga kayuhan.

Sebuah fakta yang jarang diketahui adalah, para pesepeda gunung profesional memiliki teknik mengayuh pedal dengan halus, yang membuat mereka mengerahkan tenaga secara merata di setiap kayuhan. Jadi, lain kali Anda menghadapi tanjakan yang terjal dan teknikal, pikirkan kayuhan Anda dan kerahkan tenaga yang merata dalam setiap putaran pedal.

#4 Tekanan Ban yang Tepat

Sangat luar biasa untuk mengetahui apa perbedaan memiliki ban dengan tekanan angin yang tepat dan sebuah kesalahan yang kita lakukan. Ban yang keras mungkin membantu Anda bergulir dengan cepat. Tetapi ketika menempuh tanjakan, area kontak yang lebih sempit akan membuat sepeda Anda menggenggam lintasan dan menyebabkan Anda membuang banyak energi.

Sebaliknya, terlalu sedikit tekanan angin pada ban akan memberikan cengkeraman yang lebih baik pada lintasan, tetapi meningkatkan resistensi saat melaju dan meningkatkan risiko ban bocor. Jadi ini tentang bagaimana Anda menemukan tekanan angin terbaik pada ban agar sepeda Anda memiliki daya cengkeram dan laju yang optimal. Sedikit kekurangan atau kelebihan meski hanya 1-2 PSI bisa membuat perbedaam. Karena itu kami merekomendasikan Anda bereksperimen dengan tekanan angin untuk mencari yang terbaik.

#5 Tetap Duduk di Sadel

Ketika lintasan yang menanjak makin terjal dan posisi Anda goyah, Ada kemungkinan Anda tergoda berdiri dari sadel agar pedal sepeda tetap terkayuh. Tetapi Anda akan segera menghadapi masalah karena distribusi beban tidak terbagi rata di roda sepeda terlalu banyak di depan, dan hanya menyisakan sedikit di belakang. Ketimbang melakukan hal ini, pastikan Anda tetap duduk di sadel, condongkan dada menuju handlebar, dan geser posisi duduk sedikit ke depan di sadel. Ini adalah tindakan untuk mencari keseimbangan yang tepat. Saat melakukannya, Anda akan mendistribusikan beban secara seimbang di roda depan dan roda belakang. Coba lihat lomba sepeda cross country dengan tanjakan-tanjakan yang terjal, para sepeda akan melakukan teknik seperti ini.

#6 Memenangkan Permainan Mental

Di tanjakan yang panjang, para pesepeda profesional paham untuk menggunakan interval satu menit saat melibas lintasan. Ketika mereka tuntas dengan interal satu menitnya, mereka akan mulai menghitung lagi interval lainnya. Gagasan lainnya adalah membagi tanjakan yang panjang dalam beberapa bagian. Jadi... ketimbang berpikir Anda sedang menghadapi gunung yang besar saat mendaki, pertimbangkan untuk melewati tahapan demi tahapan. Saat Anda mencapai tahapan (target) satu, cari target berikutnya di depan. Strategi ini mungkin terdengar sederhana, tetapi bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan permainan mental di pikiran Anda.

Part 1 of 7
Recommended for you
14 September 2018
ANDA TIDAK SELALU bisa berlatih di gym. Tetapi bukan berarti Anda harus melewatkan WOD (workout of the day). Abaikan latihan dengan beban (barbell, dumbbell) dan coba latihan ala CrossFit berikut ini ....
12 June 2018
KAMI YAKINselain untuk urusan kesehatan, soal bentuk tubuh ideal juga menjadi alasan bagi banyak orang untuk berolahraga. Tapi sayangnya banyak orang yang melupakan masalah perawatan tubuh usai lati ....