Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Sport
Artikel
08 October 2018
5 Aturan Dasar untuk Pelari Pemula 

SEKITAR 50 PERSEN pelari pemula mendapatkan cedera di tahun pertama karena tulang, jaringan ikat, dan otot mereka sebelumnya tidak digunakan untuk menghadapi tekanan yang diakibatkan oleh berlari. Jadi, jika Anda baru memulai, lupakan tentang kecepatan, dan tingkatkan volume berlari lebih lamban dari yang Anda pikirkan sebelumnya agar tetap sehat, konsisten, dan tentu saja bebas cedera.

#1 PILIH SEPATU DENGAN BIJAKSANA

Tubuh Anda harus meredam beban 2-4 kali berat badan Anda setiap Anda mengayunkan kaki. Jadi... sepatu yang salah akan mengantar Anda mengalami cedera. Pergi ke toko sepatu khusus lari di akhir hari (saat telapak kaki berada di posisi paling besar) dan menjaga penjaga toko untuk mengamati Anda berlari. Mereka bisa menyarankan sepatu lari yang cocok dengan gaya berlari dan tubuh Anda. Beli sepatu lari yang nyaman di tumit dan yang memberi ruang sisa untuk ujung jari kaki terpanjang Anda.

#2 ATUR NAPAS SENYAMAN MUNGKIN

Jika pada satu titik ketika berlari Anda tidak bisa melakukan percakapan, ambil istirahat dengan berjalan kaki, meski itu berarti latihan Anda lebih banyak berjalan kaki ketimbang berlari. Istirahat dengan berjalan kaki akan membuat Anda berlatih lebih lama serta membangun kapasitas kardiovaskular, yang akan diikuti oleh tulang dan otot untuk beradaptasi. Seiring berjalannya waktu, durasi istirahat Anda akan makin pendek.

#3 BERLARI BERDASARKAN WAKTU, BUKAN JARAK

Jangan sampai Anda tergoda meningkatkan kecepatan untuk finish lebih cepat. Ini bisa mengantar Anda pada cedera. Tambahkan durasi lari 5-10 menit tiap minggu. Mundur sedikit tiap empat minggu untuk membuat sistem tubuh Anda beradaptasi.

#4 BUATLAH SATU KOMITMEN

Para ahli psikologi olahraga mengatakan, akuntabilitas terhadap orang lain bisa jadi daya pikat yang kuat ketimbang motivasi yang berasal dari diri sendiri. Ajak seorang teman untuk berlari atau bergabung dengan kelompok lari.

#5 MAKAN TEPAT, BUKAN BANYAK (ATAU KURANG)

Banyak orang yang memanfaatkan lari untuk mengurangi berat badan memberikan kompensasi yang berlebihan terhadap kalori (yang mereka pikir) dibakar oleh tubuh. Sebagian lainnya justru memangkas kalori saat menambah jarak berlari, yang kemudian menyesap energi serta meningkatkan risiko cedera. Di awal Anda mulai berlari, jaga pasokan makanan Anda seperti ini: Fokus pada biji-bijian, buah-buahan, sayuran, lemak sehat, dan protein rendah lemak.

Part 1 of 6
Recommended for you
14 September 2018
ANDA TIDAK SELALU bisa berlatih di gym. Tetapi bukan berarti Anda harus melewatkan WOD (workout of the day). Abaikan latihan dengan beban (barbell, dumbbell) dan coba latihan ala CrossFit berikut ini ....
12 June 2018
KAMI YAKINselain untuk urusan kesehatan, soal bentuk tubuh ideal juga menjadi alasan bagi banyak orang untuk berolahraga. Tapi sayangnya banyak orang yang melupakan masalah perawatan tubuh usai lati ....