Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Kesehatan
Artikel
11 October 2018
7 Kebiasaan yang Bisa Merusak Otak Anda 

ANDA MELAKUKAN apa yang seharusnya tidak Anda lakukan. Ya, kita semua melakukannya. Namun ingat, sebagian kebiasaan tersebut bisa merusak otak Anda. Sebagai contoh, kurangnya waktu tidur bisa menyebabkan dementia, termasuk Alzheimer. Penting bagi Anda untuk tidur secara teratur dengan waktu yang memadai. Jika Anda memiliki masalah sulit memejamkan mata untuk beristirahat, hindari penggunaan alkohol, kafein, dan alat elektronik di malam hari. Sebaiknya segera lakukan ritual yang menenangkan menjelang waktu tidur.

#1 TERLALU LAMA SENDIRIAN

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, yang seharusnya terhubungan dengan lainnya. Ini bukan tentang seberapa banyak teman Anda di social media dan seberapa sering Anda berkomunikasi dengan mereka. Tetapi ini tentang hubungan antar manusia yang sebenarnya. Orang yang memiliki teman dekat, walau hanya beberapa orang, cenderung lebih bahagia dan produktif. Mereka juga cenderung memiliki risiko kecil dari ancaman berkurangnya kemampuan otak dan Alzheimer. Jika Anda sendirian, hubungi teman atau memulai sesuatu yang baru yang melibatkan orang lain.

#2 TERLALU BANYAK MAKAN JUNKFOOD

Bagian otak yang terkait dengan belajar, memori, dan kesehatan mental proporsinya sangat kecil pada orang yang terlalu banyak makan dan minum junk food. Di sisi lain, beri-berian, gandum, kacang-kacangan, dan sayuran hijau, menjaga fungsi otak dan memperlambat menurunnya fungsi otak.

#3 VOLUME HEADPHONE TERLALU KENCANG

Jika sering memaksimalkan volume di headphone, Anda bisa merusak pendengaran secara permanen dalam 30 menit. Dan masalah yang terjadi bukan hanya di telinga Anda. Pendengaran yang pada orang tua dikaitkan dengan problem di otak seperti Alzheimer dan berkurangnya jaringan otak. Ini mungkin terjadi karena otak harus bekerja sangat keras untuk memahami apa yang dikatakan di sekitar Anda, dan itu tidak bisa disimpan dalam memori. Jika ingin menggunakan headphone, pastikan volume maksimal ada di angka 60 persen. Selain itu, jangan dilakukan terus menerus.

#4 ANDA KURANG BERGERAK

Makin lama Anda tidak bersentuhan dengan latihan rutin, makin besar peluang Anda mengidap dementia. Selain itu, Anda juga berisiko mengalami diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi, yang dikaitkan dengan Alzheimer. Anda tidak perlu melakukan lari marathon, aktivitas fisik ringan selama 30 menit sudah mencukupi. Bagian paling pentingnya adalah lakukan hal ini sedikitnya tiga kali tiap minggu.

#5 MEROKOK MASIH MENJADI KEBIASAAN

Kebiasaan ini bisa menyusutkan ukuran otak Anda, dan ini bukan sesuatu yang baik. Kondisi ini akan memperburuk ingatan dan meningkatkan peluang mengalami dementia hingga dua kali lipat, termasuk Alzheimer. Selain itu, merokok bisa menyebabkan penyakit jantung, diabetes, stroke, dan tekanan darah tinggi.

#6 MAKAN TERLALU BANYAK

Jika Anda makan terlalu banyak, termasuk makanan sehat, otak mungkin tidak bisa membangun jaringan yang kuat untuk membantu Anda berpikir dan mengingat. Jika kebiasaan ini berlangsung terlalu lama, Anda berpotensi mengalami obesitas, yang bisa menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi, yang semuanya terhubung ke problem pada otak dan Alzheimer.

#7 SERING BERLAMA-LAMA DI TEMPAT GELAP

Jika Anda kurang mendapatkan cahaya alami, Anda bisa mengalami depresi, dan ini bisa memperlambat kerja ota. Penelitian juga menunjukkan, sinar matahari membantu otak bekerja sebagaimana fungsinya.

Part 1 of 8
Recommended for you
14 September 2018
ANDA TIDAK SELALU bisa berlatih di gym. Tetapi bukan berarti Anda harus melewatkan WOD (workout of the day). Abaikan latihan dengan beban (barbell, dumbbell) dan coba latihan ala CrossFit berikut ini ....
12 June 2018
KAMI YAKINselain untuk urusan kesehatan, soal bentuk tubuh ideal juga menjadi alasan bagi banyak orang untuk berolahraga. Tapi sayangnya banyak orang yang melupakan masalah perawatan tubuh usai lati ....