Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Fitnes
Artikel
08 October 2018
7 Strategi Membangun Kekuatan

KEKUATAN ADALAH FONDASI dari setiap aksi atletik. Kekuatan juga tidak terbatas pada ukuran otot dan kapasitasnya. Saat Anda makin kuat, Anda akan lebih maksimal lagi untuk menurunkan berat badan, berlari lebih cepat, dan mungkin... menghantam lawan Anda lebih keras. Manfaatkan tujuh tip berikut ini untuk membuat hidup Anda lebih mudah (dan mungkin makin ringan).

#1 EMPAT GERAKAN LATIHAN KLASIK

Gerakan latihan squat, deadlift, bench press, dan shoulder press adalah pembangun kekuatan otot terbaik. Demikian pula gerakan latihan chinup dan row. Tetapi jangan jadikan dua gerakan terakhir sebagai fokus dalam sesi latihan Anda. Mereka bisa melengkapi latihan angkat beban seperti bench press dan shoulder press, menjaga keseimbangan antara otot yang menarik dan mendorong.

#2 PRIORITASKAN BARBELL

Abaikan mesin beban di gym. Barbell adalah rajanya, dumbbell menjadi ratunya, dan lainnya hanya aksesoris tambahan mungkin diperlukan, tetapi tidak terlalu penting. Mulai latihan dengan gerakan yang menggunakan barbell. Barbell memungkinkan Anda mengangkat beban yang berat, dan mengangkat beban yang berat adalah langkah pertama untuk menjadi lebih kuat. Jika sudah tuntas dengan barbell, baru berpindah menggunkan dumbbell dan melakukan bodyweight exercise.

#3 BUAT SEDERHANA

Banyak pelatih yang membuat kliennya mengangkat dengan hitungan repetisi tertentu, katakanlah tiga hitungan saat mengangkat, satu hitungan saat menurunkan beban. Hal ini memang bagus, tetapi untuk mereka yang sudah mahir. Jika Anda baru memulai, tidak ada perlunya menghitung sesuatu kecuali repetisi dalam sebuah set. Fokus saja untuk mengangkat dan menurunkan beban dengan teknik dan gerakan yang sempurna. Tahan selama satu detik di posisi teratas gerakan. Menggunakan tempo yang berubah-ubah bisa menghilangkan tegangan di otot atau memaksa Anda menggunakan beban yang berbeda-beda. Hal ini akan meperlambat perkembangan hasil latihan Anda. Cara satu-satunya untuk memastikan Anda lebih kuat adalah jika beban yang Anda gunakan terus bertambah.

#4 CATAT LATIHAN ANDA

Dokumentasikan semua latihan, set, repetisi, dan keuntungan masing-masing latihan. Catat angkatan terbaik dan repetisi terbanyak yang bisa Anda lakukan dengan berat tertentu dalam sebuah latihan. Pastikan untuk selalu meningkatkannya.

#5 TAMBAH BEBAN SECARA BERTAHAP

Alasan utama perkembangan hasil latihan tidak berkembang dan kekuatan yang Anda bangun berhenti di tengah jalan adalah karena Anda melakukannya terlalu lama. Lupakan ego dan lakukan angkatan utama Anda menggunakan beban dengan berat 10 persen lebih ringan ketimbang yang mampu Anda angkat dalam repetisi tertentu. Tingkatkan beban angkatan beban tiap sesi, namun jangan lebih dari 4,5 kilogram. Dan lakukan gerakan latihan yang sama. Hasil latihan Anda akan berkembang signifikan.

#6 LIBAS TANJAKAN

Aktivitas kardio adalah sebuah keharusan jika Anda ingin tubuh padat dan sehat. Namun lari atau bersepeda jarak jauh meningkatkan kadar hormon yang memecah jaringan otot. Untuk lebih kuat, tentu saja dengan tubuh yang padat, lakukan aktivitas kardio yang singkat, dengan upaya maksimal. Ambil lintasan yang menanjak, dan lakukan sprint (lari cepat) ke titik tertingginya. Kembali ke posisi awal dengan berjalan kaki. Ketika Anda sudah siap, lakukan sprint lagi. Lakukan separuh jumlah sprint yang Anda yakin mampu melakukannya. Di sesi latihan berikutnya, tambahkan dua sprint. Lanjutkan menambahkan dua sprint di tiap sesi selanjutnya hingga Anda tak mampu lagi. Baru kemudian lakukan sejumlah set untuk sprint.

#7 SEIMBANGKAN LATIHAN

Apapun yang Anda lakukan pada salah satu sisi tubuh, Anda harus melakukannya untuk sisi tubuh lainnya. Ikuti aturan ini di tiap sesi latihan Anda dan kami jamin Anda akan terhindar dari cedera dan ketidakseimbangan otot.

Part 1 of 8
Recommended for you
18 July 2018
Salah satu strategi terbik untuk membangun kekuatan fungsional di tubuh Anda dengan menggunakan program latihan yang telah dibuktikan hasilnya oleh Green Beret salah satu unit pasukan khusus Ameri ....
18 July 2018
Salah satu strategi terbik untuk membangun kekuatan fungsional di tubuh Anda dengan menggunakan program latihan yang telah dibuktikan hasilnya oleh Green Beret salah satu unit pasukan khusus Ameri ....