Ini Cara Sehat Konsumsi SKM

By:
Posted: July 31, 2020

Susu sapi dan susu hewani lainnya mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Di kota-kota di Eropa, susu segar menjadi komoditas yang berharga. Pada masa itu, dengan minimnya alat pendingin, susu segar gampang rusak dan dan juga marak dipalsukan dengan dicampurkannya kapur, air dan zat-zat lainnya. Susu yang tadinya mempunyai kandungan dan manfaat yang tinggi bagi kehidupan manusia seketika berubah menjadi mimpi buruk.

“Susu kental manis tercipta bermula dari permasalahan konsumsi susu di daratan Eropa pada masa awal-awal abad ke-19. Sejak dahulu sampai masa awal abad ke-19, permasalahan yang pelik yang sering dihadapi pada masa-masa yang mengkonsumsi susu itu cepat basi dan asam jika dibiarkan dan tidak langsung dikonsumsi selama belum ada teknologi pendingin. Masalahnya itu selalu basi, terbuang dan harus segera dikonsumsi,” ujar Sejarawan Makanan Departemen Sejarah Universitas Padjadjaran Fadly Rahman, M.A.

Maka dicari berbagai cara untuk mendapatkan manfaat susu dalam jangka lebih lama dan lebih higienis. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mencegah kerusakan pada susu adalah dengan memproses susu segar menjadi susu kental manis.

Tips Mengolah Susu Kental Manis

Pada dasarnya, setiap makanan dan minuman yang ada di dunia mempunyai perannya masing-masing. Oleh sebab itu, edukasi gizi dan informasi pemakaian produk dari berbagai pihak sangat diperlukan termasuk penggunaan susu kental manis.

Susu kental manis memberikan krim yang terkonsentrasi dan rasa manis sehingga cocok untuk membuat penganan dengan tekstur lembut tetapi mempunyai bentuk yang solid seperti fudge atau karamel. Selain itu, manfaat susu kental manis dalam kuliner adalah mengurangi waktu memasak tanpa mengubah rasa atau teksur dari penganan tersebut.

Manfaat susu kental manis lainnya adalah kecocokkannya untuk digunakan dalam semua jenis penganan termasuk makanan berat dan gurih. Susu kental manis dapat digunakan untuk mengeluarkan rasa dari bumbu-bumbu racikan yang dipakai dalam sup, rendang atau sate.

“Beberapa ada yang menggunakan susu kental manis pada masakan gurih seperti soto betawi, itu bisa-bisa saja karena susu pada susu kental manis memberikan rasa gurih dan gula pada susu kental manis memberikan sedikit rasa manis penyeimbang rasa, seperti kita menggunakan sedikit gula saat memasak hidangan gurih lainnya. Jika takaran yg digunakannya sesuai, penggunaan susu kental manis pada masakan gurih ini bisa juga dijadikan pilihan jika dalam resepnya memang terdapat bahan susu dan gula.” jelas Bahtiar Pebri Dwiyana atau yang dikenal juga sebagai Chef Tiarbah, pemilik akun twitter @tiarbah sekaligus @masakdarurat

Terkait tips konsumsi dan mengolah susu kental manis, Chef Tiarbah menyarankan untuk memilih susu kental manis yang dilengkapi zat gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, serta berbagai vitamin dan mineral. Konsumsi susu kental manis juga harus sesuai aturan pakai dan kebutuhan kalori yang dibutuhkan masing masing individu.

Jadi ingat aturan dasarnya, Anda dapat menggunakan susu kental manis dalam berbagai skenario apa pun di mana Anda menginginkan atau membutuhkan gula dan krim. Kopi. Teh. Kari. Es Buah. Pai. Es krim. Tapi ingat: Jangan langsung minum susu kental manis dari kalengnya ya. Dan patuhi kebutuhan tubuh terhadap kalori.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts