Jaga Asupan Nutrisi Selama New Normal, Begini Caranya

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Herbalife Nutrition Indonesia menyelenggarakan Virtual Nutrition Talk merupakan salah satu bagian dari kampanye perusahaan: Sharing the Power of Good Nutrition (SPGN) sebagai bentuk kontribusi perusahaan untuk mendukung masyarakat Indonesia, konsumen dan komunitas dalam mendapat wawasan seputar asupan nutrisi yang baik, dan mengajak masyarakat hidup aktif dan sehat.

Nutrition Talk ini menghadirkan pakar nutrisi yang juga merupakan Dosen Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Rimbawan dan Nutritionist Herbalife Nutrition Indonesia Aria Novitasari.

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi semua pihak harus dapat beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Hal ini telah menjadi perhatian kami tidak hanya bagi internal perusahaan namun juga edukasi ke pihak eksternal sebagai upaya perusahaan untuk berkontribusi dalam upaya pemerintah menahan laju penyebaran pandemi COVID-19.

Dr. Rimbawan mengungkapkan beberapa rekomendasi asupan nutrisi selama era new normal. “Dalam kondisi sehat dan aktivitas normal tidak perlu ada perubahan angka kecukupan zat gizi, namun dengan mencukupi semua kebutuhan zat gizi sangat diperlukan untuk menjaga agar sistem imun tetap terjaga dengan baik, selama masa pandemi Covid-19 ini mengajarkan kita pentingnya menerapkan pedoman gizi seimbang dan 10 pesan gizi seimbang. Selain itu, perlu diperhatikan prinsip gizi seimbang yang tetap harus dijalankan antara lain memperhatikan keaneka-ragaman makanan, tetap beraktivitas fisik, selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan menjaga berat badan ideal.”

Mengkonsumsi makanan seimbang harus juga memperhatikan asupan nutrisi yang dapat diserap optimal oleh sel tubuh. Ada beberapa tips dalam mengkonsumsi makanan seimbang:

  1. Sertakan protein dalam nutrisi harian Anda Selain dikenal sebagai pondasi tubuh, protein juga memungkinkan tubuh untuk memproduksi antibodi yang dibutuhkan untuk melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Protein dapat kita peroleh dari berbagai makan yang mudah didapat seperti ikan, unggas, daging tanpa lemak, makanan kedelai dan produk susu rendah lemak.
  2. Konsumsi vitamin dan fitonutrien Vitamin A dan C, serta fitonutrien adalah faktor penting dalam kesehatan sistem kekebalan tubuh. Sebagai salah satu pendorong sistem kekebalan tubuh terbesar, Vitamin C mendorong tubuh kita untuk memproduksi antibodi yang melawan penyakit. Sangat penting untuk mempertahankan asupan vitamin C harian karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya. Sedangkan, vitamin A mendukung kesehatan kulit kita, jaringan saluran pencernaan kita dan sistem pernapasan. Fitonutrien, yang ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan, dapat mengurangi stres oksidatif tubuh kita. Sejumlah fitonutrien telah terbukti mengurangi risiko kanker dan penyakit kardiovaskular, melawan peradangan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan keseluruhan sistem kekebalan kita.
  3. Fokus pada kesehatan usus dengan probiotik dan prebiotik. Sistem pencernaan juga memainkan peran penting dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh. Saluran usus adalah rute utama kontak dengan lingkungan eksternal dan merupakan jalur yang mengandung mikrobioma dan membantu pencernaan serta penyerapan nutrisi. Memiliki bakteri usus yang tepat telah dikaitkan dengan manfaat seperti penurunan berat badan, peningkatan pencernaan, kulit yang lebih sehat, dan yang paling penting meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meskipun penelitian di bidang ini tidak konklusif atau dapat diterapkan secara universal. Penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik, yang merupakan ‘bakteri baik’, berguna dalam menjaga sistem pencernaan, dan prebiotik, jenis serat yang tidak dapat dicerna tubuh manusia, berfungsi sebagai makanan untuk probiotik ini.
  4. Tingkatkan konsumsi asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3, seperti DHA dan EPA, adalah jenis lemak sehat dan esensial, yang dapat ditemukan dalam makanan seperti biji chia dan suplemen seperti minyak ikan. Asam lemak omega3 dapat meningkatkan fungsi sel imun, yang memainkan peran besar dalam sistem bawaan dan adaptif yang merespons infeksi.

Mengikuti pedoman kesehatan umum yang baik – memastikan asupan nutrisi dan olahraga teratur – adalah garis pertahanan pertama Anda dan cara terbaik secara alami menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

More to explorer

Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Berolahraga

Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk terus menjaga kesehatan, terutama saat masa pandemi Covid-19. Jokowi menyebut olahraga diharapkan bisa meningkatkan imunitas. “Kita harapkan

Garmin​ Hadirkan Jam Tangan Golf Premium

Garmin Indonesia menghadirkan Approach S62, jam tangan golf ramping dengan teknologi GPS yang mengintegrasikan data penting mengenai lapangan dengan pemetaan penuh warna dan

Tanpa Masalah Usai Berolahraga

Selain alasan kesehatan, memiliki bentuk tubuh proporsional adalah alasan bagi banyak orang untuk berolahraga. Tapi sayangnya banyak orang yang melupakan masalah perawatan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *