Amankah Tabir Surya Buatan Sendiri – 2

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Berkembangnya dunia internet memunculkan jutaan informasi, yang terkadang bisa benar atau seringkali malah salah. Salah satu contohnya adalah informasi mengenai tabir surya buatan pabrik berbahaya karena bahan-bahannya yang terbuat dari bahan kimia diragukan keamanannya untuk kulit. Informasi ini mengarah pada banyaknya tutorial pembuatan tabir surya homemade dengan bahan-bahan yang diklaim alami, natural tanpa efek samping. Nah, mana informasi yang bisa benar dan mana informasi yang sering salah?

Benar bahwa tabir surya mengandung bahan-bahan kimia, namun apakah semua bahan kimia yang dibuat pabrikan selalu berbahaya? Begitu juga sebaliknya apakah tabir surya homemade yang menggunakan bahan-bahan alami tidak mengandung bahan kimia dan tanpa efek samping? Ternyata, tabir surya homemade tak sedahsat apa yang diklaim oleh banyak situs penyedia resepnya. Bahkan, tidak semudah itu untuk membuat tabir surya yang benar-benar berfungsi. Anda mengira kulit anda terlindungi oleh tabir surya homemade, padahal yang sesungguhnya terjadi adalah kulit anda semakin terpapar langsung oleh sinar UV. Kenapa tabir surya homemade tidak direkomendasikan dan dianggap tidak efektif?

Pertama, pembuatan tabir surya itu tidak melulu tentang bahan aktifnya saja, yaitu zync oxide. Tabir surya homemade berusaha menggabungkan zync oxide ini dengan bahan natural lain seperti minyak kelapa, beeswax, essential oil dan bahan-bahan lain yang diklaim natural tapi beribu manfaat. Teknologi pembuatan tabir surya itu kompleks, tak hanya mencampur bahan aktif dengan bahan ‘bermanfaat’ lainnya. Namun proses pencampurannya juga melalui teknik tertentu untuk memastikan keefektifannya. Kepastian ini didapat dari serangkaian percobaan yang tidak bisa dilakukan hanya dengan mikroskop saja, tapi harus dilakukan pada kulit asli dengan paparan sinar UV yang sesungguhnya. Percobaan ini membutuhkan biaya yang banyak, jadi layak jika harga tabir surya mahal, yang akhirnya menjadi satu alasan (yang salah) untuk membuat tabir surya homemade. Apakah anda percaya sebuah obat manjur karena beberapa orang merasakan manfaatnya? Ataukah anda lebih percaya pada kemanjuran sebuah obat karena percobaan yang dilakukan berkali-kali untuk memastikan hasil yang benar-benar akurat?

Biasanya tabir surya mengandung 15% zync oxide. Kemudian, apakah cukup dengan bahan aktif ini saja maka sebuah tabir surya dianggap efektif? Tentu tidak.

Formulasi tabir surya tak semudah yang ditunjukkan resep-resep homemade. Bukan hanya bahan aktif yang memastikan keefektifan tabir surya. Bahan pendukung juga memiliki peran yang sama besarnya. Zync oxide sebagai bahan aktif tabir surya mempunyai sifat yang sangat mudah terpengaruh. Menambah sedikit saja bahan bisa merubah keseluruhan fungsi zync oxide. Tabir surya terdiri dari 15% zync oxide, tapi apakah kita boleh menambah 85% sisanya dengan bahan-bahan semau kita?

85% sisa kandungan tabir surya mempengaruhi keseluruhan hasil. Jika dipenuhi dengan bahan bermanfaat lainnya pun, hasilnya harus diuji apakah bahan aktif merata pada setiap olesan tabir surya, bagaimana interaksi antar bahan, bagaimana cara mencampurnya, bagaimana jika hasil diaplikasikan, hingga bagaimana hasil mengering pada kulit. Bahkan tempat untuk menyimpan hasil tabir surya juga berperan penting bagi keefektifan tabir surya itu sendiri. Jadi bukan bahan aktif penentu sebuah keberhasilan pembuatan tabir surya, segala tindakan atau tambahan kecil telah diperhitungkan dan dites dengan seksama sebelum tabir surya pabrik diluncurkan ke publik. Pakah tabir surya homemade melakukan hal yang sama?

 

Okelah jika anda meniru persis bahan pembuat tabir surya pabrik. Apakah kemudian tabir surya efektif? Kali ini anda harus memperhitungkan sifat bahan aktifnya. Zync oxide larut pada PH di bawah 8. Jika ia larut, maka bisa dipastikan, tabir surya tidak akan memberi protesi apapun. Keringat kita memiliki PH di bawah 7. Dari data ini saja, Anda sudah bisa mengira bahwa memakai tabir surya homemade tidak akan berfungsi, karena PH zync oxide akan langsung turun ketika bersentuhan dengan keringat. Formulasi tabir surya pabrik diuji dengan benar untuk menghindari hal ini terjadi.

Dengan bahan yang sama dengan buatan pabrik pun, akan terlihat perbedaan pada proses pencampurannya. Zync oxide adalah zat yang mudah menggumpal. Proses pencampuran yang salah akan mebuat zyn oxide tidak merata pada setiap olesan. Bisa saja, dari seluruh muka yang anda olesi, hanya bagian hidung saja yang terlindungi.

Bagaimana cara tabir surya pabrik mengatasi hal ini? Tabir surya pabrik melapisi zync oxide dengan bahan tertentu yang menghindarkan terjadinya gumpalan. Ini memastikan bahwa area yang dilindungi oleh tabir surya pabrik lebih merata dan luas. Oke, tabir surya homemade mengklaim menggunakan zync oxide yang telah dilapisi bahan pengaman gumpalan. Tidak semudah itu karena melapisinya pun perlu proses homogenisasi yang tidak bisa didapat dari pembuatan sederhana tabir surya homemade. Tabir surya pabrik saja masih ada kemungkinan menggumpal seiring waktu, apalagi tabir surya homemade. Terlebih lagi penggumpalan zync oxide ini tak kasat mata, bagaimana kita bisa tahu dengan kualitas tabir surya homemade tanpa uji lab yang sahih?

Hey, tabir surya homemade sudah terbukti pada yang mencobanya, dan itu bekerja. Menguji sebuah produk pada manusia tidak cukup hanya menggunakan sekelompok sampel. Tapi bagaimana sampel dipilih secara acak dengan kemungkinan kesalahan diminimalisir, dan hasilnya harus sama pada semua orang, bahkan jika memiliki efek samping, dapat diketahui dengan jelas dan dipertanggungjawabkan. Inilah kekuatan tabir surya pabrik. Ia diuji dengan penelitian yang akurat bahkan hingga efek samping yang mungkin akan muncul. Dengan tabir surya homemade, bisa saja anda alergi dengan suatu bahan, tapi apakah anda sudah mengantisipasi hal itu?

Tabir surya pabrik memang mahal, tapi karena memang efektif. Lebih murah membeli tabir surya pabrik daripada mengobati kanker kulit. Yang harus anda perhatikan pada tabir surya pabrik hanyalah apakah ada indikasi alergi pada kulit anda jika anda menggunakannya. Isu bahan tabir surya pabrik yang menyebabkan gangguan endokrin tidak terbukti karena dibutuhkan kuantitas lebih banyak untuk mampu menembus kulit. Dan bahan tabir surya itu nanopartikel, ia tidak menembus kulit. Zync oxide atau titanium dioxide masuk dalam kategori bahan tabir surya yang aman menurut FDA. Hindari tabir surya yang mengandung PABA dan tolamine salycilate.

Internet dan sosial media adalah alat yang sangat luar biasa untuk menyebarkan informasi kesehatan, namun sangat berbahaya jika informasi yang disebarkan tidak akurat. Gunakanlah tabir surya yang terbukti efektif dan aman, bukan tabir surya homemade yang bisa jadi semakin membuat kulit anda terpapar lebih banyak bahaya. Bijaksanalah berselancar di dunia maya!

 

More to explorer

Puma Hoops Hadir di Tanah Air

PUMA secara resmi meluncurkan koleksi basket untuk pasar Indonesia, PUMA Hoops. Rangkaian koleksi PUMA Hoops yang sudah hadir yakni PUMA Clyde Court,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *