Ini Yang Terjadi Jika Anda Sering Membawa Ransel Terlalu Berat.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Dibanding tas slempang atau tas jinjing, ransel adalah pilihan yang tepat untuk membawa perlengkapan kerja anda. Beban pada tas ransel akan disangga bersama oleh otot-otot punggung dan perut. Jika digunakan dengan tepat, beban ransel didistribusikan dengan merata antara bahu dan punggung. Ini tidak didapat dari pemakaian tas slempang atau tas jinjing. Tas slempang membebani hanya satu sisi tubuh, begitu juga tas jinjing.

Namun demikian, penggunaan ransel yang tidak benar atau ransel yang terlalu berat berpotensi menyebabkan sakit punggung dan keseleo otot, kejang otot pada leher dan bahu. Ransel yang terlalu berat akan membuat tubuh tertarik ke belakang, membuat posisi tulang belakang yang tidak natural dan tidak nyaman. Nah, untuk tetap berjalan atau berdiri dengan nyaman, punggung terpaksa melengkung atau membungkuk. Posisi ini menyebabkan tulang belakang tertekan. Otot dan ligamen di sekitar tulang belakang tertarik dan bekerja terlalu keras untuk mengkompensasi beban berat yang diangkut punggung. Hasilnya, bahu, leher dan punggung anda akan mudah kejang dan pegal. Beban berat ini juga akan ditanggung sendi panggul dan lutut yang meningkatkan resiko osteoarthritis.

Jika anda sering memakai ransel hanya pada satu sisi bahu, lama kelamaan satu sisi bahu anda akan naik sedang sisi lainnya turun untuk mengkompensasi beban yang berat sebelah. Tak hanya pegal, namun keseimbangan yang terganggu akan mengarah pada kemungkinan mudah jatuh.

Tekanan pada tukang belakang, karena posisi condong ke belakang dan tumpuan pada satu sisi tubuh, juga berpengaruh pada postur tubuh. Ketika otot-otot sekitar tulang belakang terbiasa dengan kondisi tidak natural seperti ini, otot-otot akan merekam posisi ini dan menganggapnya sebagai kebiasaan, terbentuklah postur tubuh yang buruk. Tak berhenti sampai disini, postur tubuh yang buruk akan mempengaruhi posisi berdiri dan berjalan, menyebabkan sakit pinggang berulang, dan beban ransel tidak bisa didistribusikan dengan merata. Menjaga postur tubuh yang baik itu sangat penting dalam menunjang keseluruhan tubuh, apalagi bagian tulang belakang kita.

Tali ransel yang terlalu ketat, kecil dan tidak mempunyai cukup bantalan menekan bahu anda terlalu keras, menekan syaraf dan mengganggu sirkulasi darah. Syaraf yang tertekan akan mengakibatkan kesemutan, mati rasa dan rasa lemah pada bahu hingga telapak tangan.

Untuk meminimalisir resiko di atas, pemilihan ransel dan beban yang anda bawa harus menjadi perhatian penting. Berapakah berat ransel yang dianggap aman? Menurut para ahli tulang, berat ransel anda tidak boleh melebihi 10% berat tubuh anda. Jika berat badan anda 60kg, berat ransel anda sebaiknya tidak lebih dari 6kg. Pilihlah ransel yang panjangnya tidak melebihi pinggang anda, dengan tali bahu yang lebar dan berbantalan, dan jika memungkinkan, cari ransel yang memiliki tambahan tali pada dada dan pinggang. Tali pinggang membantu mendistribusikan berat pada panggul sehingga tekanan pada bahu berkurang. Sedang tali dada menjaga tali bahu tetap di tempat, membuat ransel nyaman menempel pada pinggang dan mengurangi ayunan ransel ketika berjalan.

Pakailah selalu kedua tali bahu ransel dan eratkan sesuai tinggi badan anda, namun pastikan tali tetap nyaman pada bahu anda. Jangan biarkan ransel menggantung atau melorot. Ransel yang menggantung membuat pinggang tertarik ke belakang dengan pinggang bawah sebagai tumpuan utama beban. Ini akan menyiksa pinggang bawah dan . Ketika berjalan, ransel yang menggantung akan bergoyang dan semakin memberi tekanan pada otot punggung anda. Pastikan ransel menempel pada punggung anda. Tempatkan barang yang paling berat pada bagian dasar ransel, atau menempel pada punggung anda, dengan cara ini beban akan bertumpu pada punggung alih-alih bahu. Anda bisa juga memili ransel yang memiliki banyak kantong , sehingga barang yang anda letakkan di dalam ransel tidak mudah bergeser. Ketika mengangkat ransel, tekuk lutut anda, hindari menggunakan pinggang anda sebagai tumpuan ketika mengangkat ransel.

Resiko itu selalu ada, namun dengan pemakaian yang tepat dan beban yang tidak berlebihan, ransel tetap menjadi pilihan terbaik yang berguna, nyaman dan minim rasa sakit.

More to explorer

Puma Hoops Hadir di Tanah Air

PUMA secara resmi meluncurkan koleksi basket untuk pasar Indonesia, PUMA Hoops. Rangkaian koleksi PUMA Hoops yang sudah hadir yakni PUMA Clyde Court,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *