Antibiotik: Obat Segala Penyakit?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Sebenarnya obat apa antibiotik itu? Apakah antibiotik mengobati segala penyakit? Jawabannya adalah tidak. Yuk, kita kenali antibiotik agar tepat guna dan tepat sasaran.

Ilmuwan yang dianggap sebagai penemu antibiotik adalah Alexander Flemming. Ia melakukan penelitian pada beberapa sampel bakteri staphylococcus yang menyebabkan bisul, nyeri tenggorokan dan abses. Flemming menemukan bahwa dalam satu cawan, tidak ditemukan koloni bakteri dimana ada jamur tumbuh. Ia meneliti kemungkinan kemampuan jamur dalam membunuh bakteri, yang akhirnya diketahui bahwa jamur tersebut mengandung penisilin, salah satu antibiotik natural pertama. Penemuan ini menjadi pondasi bagi penelitian lain untuk memproduksi penisilin sebagai antibiotik generasi pertama. Harap diingat bahwa pada masa itu, banyak korban meninggal hanya karena penyakit sederhana seperti diare atau luka tusuk kayu sederhana.

Dianggap sebagai obat ampuh, apakah segala penyakit mampu disembuhkan oleh antibiotik? Tidak semua penyakit disebabkan oleh bakteri, ada penyakit yang disebabkan oleh virus atau jamur. Antibiotik hanya menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Kata antibiotik sendiri artinya melawan kehidupan. Jadi, antibiotik hanya membunuh benda hidup. Disinilah pentingnya anda mengetahui perbedaan bakteri dan virus. Bakteri adalah benda hidup atau mikroorganisme, sedang virus adalah inang yang menempel pada mikroorganisme. Antibiotik bekerja dengan membunuh bakteri atau menghentikan perkembangbiakan bakteri.

Nah pertanyaan selanjutnya adalah apakah semua bakteri berbahaya sehingga harus ditumpas? Tubuh kita mengandung bakteri sebesar 1-3% dari berat tubuh. Tampak jumlah yang tidak signifikan ya. Namun bakteri adalah mikroorganisme yang sangat kecil, 1-3% bisa berarti triliun bakteri yang tersebar di usus, ludah bahkan kulit kita. Dari jumlah tersebut, tidak semua berbahaya. Seringkali ia bisa hidup bersama dengan tubuh tanpa menyebabkan masalah bahkan berperan penting dalam sistem kerja tubuh. Contohnya, bakteri dalam usus yang membantu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan. Jadi, anda harus berhati-hati jika akan mengkonsumsi antibiotik. Pastikan bahwa penyakit yang anda derita disebabkan oleh bakteri. Jika tidak, maka anda beresiko membunuh bakteri baik dalam tubuh anda.

Penyakit yang biasanya disebabkan oleh bakteri adalah beberapa infeksi telinga dan sinus, infeksi gigi, meningitis, strepthroat, infeksi ginjal, pneumonia bakteri dan batuk rejan. Ingat, flu, batuk atau demam biasa seringkali disebabkan oleh virus. Bahkan nyeri tenggorokan pada umumnya disebabkan oleh virus sehingga tidak memerlukan pengobatan antibiotik. Gejala penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus memang tampak sama, karena itu kadang diperlukan tes khusus untuk membuktikan penyebabnya.

Sebenarnya, tubuh kita mempunyai mekanisme pertahanan tubuh yang mampu membunuh bakteri jahat. Ini adalah berkat sel darah putih. Namun, dalam kondisi tertentu, misal ketika jumlah bakteri yang menyerang sangat banyak, antibiotik dibutuhkan untuk membantu percepatan penyembuhan. Antibiotik segera bekerja begitu dikonsumsi, namun anda baru akan merasa khasiatnya setelah dua atau tiga hari. Jika anda mengkonsumsi antibiotik namun telah merasa membaik hanya dengan sekali konsumsi, bisa jadi penyakit anda bukan disebabkan oleh bakteri.

Jika anda merasa membaik setelah 2-3 hari pengobatan antibiotik, lanjutkan hingga pengobatan antibiotik yang dianjurkan oleh dokter. Karena pengobatan antibiotik yang dihentikan sebelumnya bisa mengakibatkan resistensi antibiotik. Bakteri bisa menjadi lebih kuat dan kebal terhadap antibiotik tersebut. Ketika anda terserang penyakit yang sama, pengobatan antibiotik yang sama tidak akan ampuh untuk menyembuhkannya karena bakteri telah belajar melawan antibiotik tersebut.

Jika digunakan dengan benar, antibiotik dalah penyelamat. Konsultasikan dengan dokter tentang pemakaian antibiotik. Dan pastikan penyakit yang menyerang anda disebabkan oleh bakteri.

More to explorer

Resistensi Antibiotik, Kenapa Bisa Terjadi?

Penemuan antibiotik adalah salah satu penemuan penting dunia medis yang menyelamatkan jutaan nyawa. Disebut sebagai obat dewa, antibiotik ampuh mengobati penyakit yang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *