12 Latihan Peregangan yang Bisa Dilakukan di Kantor

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

peregangan di kantor

Apakah anda adalah tipe pekerja yang seharian duduk di depan komputer? Hati-hati, anda bisa jadi menyimpan bom waktu. Menurut Sharon Hame, seorang professor di Departemen Operasi Ortopedi UCLA, Amerika Serikat, orang yang duduk di depan komputer berjam-jam setiap hari berada dalam masalah kesehatan besar. Terus duduk saja sudah merupakan salah satu aktivitas paling buruk bagi tubuh, hal ini semakin diperparah dengan cara kita duduk, saat mengetik atau melakukan gerakan saat duduk. Secara tidak sadar, kita membahayakan tulang, sendi, dan otot. Jangan mengira bahwa duduk terus menerus hanya berbahaya bagi orang yang kelebihan berat badan saja. Banyak orang kurus, yang tidak pernah olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan keseimbangan, rentan terkena patah tulang karena osteoporosis. Karena itu, sangat penting untuk tetap melakukan peregangan dan latihan ringan setelah beberapa saat duduk. Mungkin terasa canggung melakukan latihan-latihan peregangan ringan di meja kerja, namun ini adalah langkah paling efektif untuk melawan efek buruk duduk terus menerus.

1. Lakukan gerakan berdiri dan duduk berulang kali.

Hindari penggunaan tangan ketika melakukan gerakan ini. Ini akan mengaktifkan kerja tubuh setelah beberapa lama duduk.

2. Ganti tempat duduk anda dengan bola fitness.

Dengan menggunakan bola fitness ini, anda memaksa otot-otot pada punggung, kaki, dan pinggul untuk bekerja mempertahankan keseimbangan.

3. Gerakan bahu dan dada untuk melemaskan leher dan bahu.

Tarik nafas dalam angkat bahu hingga ke telinga. Lepas dan jatuhkan bahu. Ulangi sampai tiga kali. Gerakan kepala ke kanan dan ke kiri. Lakukan beberapa kali. Kemudian, perlahan dorong dada ke depan sampai dada terasa tertarik. Latihan ini bagus untuk memperbaiki postur tubuh. Gerakan kepala ke kanan dan ke kiri bagus untuk memperbaiki mobilitas dan fleksibilitas leher.

4. Mengendurkan tangan

Kepalkan kedua telapak tangan, regangkan tangan ke depan. Buat gerakan melingkar ke satu arah, kemudian ke arah berlawanan. Kemudian lepaskan kepalan dan goncangkan telapak tangan.

5. Latih pergelangan tangan

Regangkan tangan kiri ke depan, lipat pergelangan ke bawah dengan jemari mengarah ke bawah. Tambah sedikit tekanan dengan menggunakan tangan kanan. Kemudian, dengan gerakan yang sama, namun lipat pergelangan tangan ke atas, jemari menghadap ke atas. Tekan dengan tangan kanan mendorong jemari ke arah tubuh, ulangi untuk tangan kanan.

6. Melemaskan tubuh bagian atas dengan memutar pinggang.

Tarik nafas, ketika membuang nafas, putar pinggang ke kanan dan pegang bagian belakang kursi dengan tangan kanan, pegang lengan kursi dengan tangan kiri. Putar tubuh ke belakang sejauh yang anda mampu. Perlahan, kembali ke posisi semula dan lakukan untuk sisi sebaliknya. Latihan ini meningkatkan dan mempertahankan fleksibilitas punggung tas.

7. Merentangkan kaki untuk melatih perut dan kaki.

Pegang lengan kursi untuk keseimbangan dan rentangkan kaki ke depan sehingga kaki sejajar dengan lantai. Gerakan jari kaki ke atas dan ke bawah lima kali. Lepaskan dan kemudian ulangi lagi. Jika anda menggunakan kursi beroda, sandarkan kursi pada dinding atau meja untuk menghindari kursi bergerak. Latihan peregangan ini juga meningkatkan fleksibilitas pergelangan kaki dan menurunkan resiko terjadinya penggumpalan darah.

8. Regangkan punggung dengan gerakan memeluk.

Peluk tubuh anda dengan meletakkan tangan kanan pada bahu kiri dan tangan kiri pada bahu kanan. Bernafaslah dengan teratur untuk mengendurkan area di antara tulang belikat anda.

9. Silangkan lengan untuk bahu dan punggung atas.

Regangkan satu tangan ke depan, dengan tangan lain pegang siku dan Tarik menuju dada untuk meregangkan otot bahu dan pinggang atas. Tahan beberapa saat dan lepaskan. Ulangi untuk tangan lainnya.

10. Regangkan punggung dan bahhu dengan gerakan memeluk kaki.

Duduk di tepi kursi, letakkan kaki anda di lantai. Lakukan gerakan membungkuk ke depan, dada menuju lutut. Biarkan lengan menggantung bebas dan biarkan leher rileks. Lalu letakkan lengan di belakang lutut, tangan kanan memegang pergelangan tangan kiri, lengan bawah atau siku jika mampu. Rasakan peregangan di bagian punggung, bahu dan leher. Tahan beberapa saat. Lalu lepaskan dan biarkan tangan menggantung bebas. Ulangi 3 kali atau hingga terasa nyaman.

11. Mendongak untuk meregangkan tubuh bagian atas.

Duduk tegak atau berdiri. Regangkan tangan ke atas dan satukan jari. Arahkan telapak ke atas selagi anda menngangkat dagu, kepala mendongak ke langit-langit. Tarik nafas, buang nafas dan lepaskan. Latihan ini bermanfaat pula untuk menguatkan bahu.

12. Berjalanlah untuk berkoordinasi dan jangan makan di meja kerja anda.

Daripada berkoordinasi melalui email, berjalanlah dan temui rekan anda di meja kerjanya. Lalu, lebih baik anda berjalan menuju kantin daripada duduk diam menunggu pesanan makan dari Office Boy.

Posisi duduk memberi tekanan yang besar pada otot punggung, leher dan tulang belakang. Lebih buruk lagi jika duduk dengan tubuh membungkuk. Menggunakan kursi ergonomis pun setelah beberapa lama akan memperberat kerja punggung. Berdirilah dan bergerak, regangkan tubuh anda selama beberapa menit setiap setengah jam untuk menjaga agar tulang belakang tetap tegak. Tetap jaga agar tubuh tetap aktif sehingga anda terhindar dari bahaya duduk terus menerus dan tetap mempertahankan gaya hidup sehat.

 

More to explorer

Resistensi Antibiotik, Kenapa Bisa Terjadi?

Penemuan antibiotik adalah salah satu penemuan penting dunia medis yang menyelamatkan jutaan nyawa. Disebut sebagai obat dewa, antibiotik ampuh mengobati penyakit yang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *