Turunkan Berat Badan Dengan Naik Tangga? Bisa!

By:
Posted: September 23, 2019

naik tangga

Banyak orang menganggap bahwa olahraga hanya bisa dilakukan dengan gerakan khusus di tempat khusus pula. Padahal aktivitas harian juga bisa menjadi salah satu bentuk olahraga praktis namun tetap berfaedah. Salah satunya adalah naik tangga. Menurut sebuah penelitian, 7 menit naik tangga dalam sehari mengurangi resiko serangan jantung dalam 10 tahun. Bahkan naik tangga membakar kalori lebih banyak tiap menitnya dibanding berlari.

Naik tangga merupakan salah satu latihan kardiovaskular yang meningkatkan detak jantung. Detak jantung yang meningkat melindungi tubuh dari tekanan darah tinggi, kenaikan berat badan dan penyumbatan pembuluh darah. Ketika naik tangga, kerja paru-paru pun akan lebih meningkat. Tubuh akan menghirup lebih banyak oksigen dengan demikian tubuh mengisi ulang otot dengan darah yang kaya oksigen.

Tak hanya memperbaiki kerja jantung dan paru, naik tangga juga melatih tulang dan otot kita, meningkatkan kekuatan, kepadatan tulang dan membentuk otot. Naik tangga ini latihan sederhana yang penting apalagi untuk perempuan yang lebih rentan terkena osteoporosis daripada lelaki. Ketika naik tangga, kita harus menggunakan otot kaki untuk mengangkat tubuh kita melawan gravitasi. Otot paha, harmstring, pinggul, betis akan bekerja memberikan kekuatan. Untuk mendapatkan lebih banyak manfaat, jangan mengayunkan tangan atau menggunakan sandaran tangga.

Naik tangga membantu anda membakar kalori lebih cepat daripada latihan olahraga lainnya. Bahkan Menurut Harvard Health Publishing, walaupun dalam tempo lambat, kalori yang terbakar pada saat naik tangga tiga kali lebih cepat daripada berjalan. Seseorang dengan berat 55kg yang naik tangga selama 30 menit akan membakar 168 kalori.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal naik tangga, perhatikan postur tubuh anda. Sebelum menaiki tangga, pastikan anda berdiri dengan tulang belakang tegak. Posisikan lutut anda berada di belakang jempol kaki. Condong ke depan dengan perlahan mulai dari pinggul, gerakan ini menghindarkan terkuncinya lutut anda. Jika tubuh anda terasa membungkuk, segera koreksi agar pinggang bawah anda tidak tertekan karena postur yang salah. Jangan menunduk, namun lihatlah ke depan dengan dagu searah permukaan lantai.

Tak hanya fisik yang terbantu oleh rutinnya naik tangga, kesehatan mental juga terjaga. Ketika kita melawan gravitasi dengan mengumpulkan kekuatan untuk mengangkat tubuh kita, pada saat itu pula tubuh butuh menghirup oksigen lebih banyak untuk disalurkan ke otot kaki agar tetap mampu menahan berat tubuh. Hal ini juga mengijinkan tubuh melepaskan hormone endorphin atau yang sering disebut hormon rasa senang saat kita berkeringat ketika berolahraga. Nah, Tunggu apalagi. Dimana lagi anda bisa melakukan olahraga dengan gratis tapi manfaat fantastis. Lupakan eskalator. Lupakan lift. Mulai gunakan tangga untuk manfaat yang luar biasa.

 

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts