Benarkah Sarapan Itu Penting?

By:
Posted: September 23, 2019

pentingnya sarapan

Mana yang akan anda pilih, menu semangkuk sereal dan segelas kopi atau melewatkan sarapan?

Benar bahwa menurut penelitian di Amerika Serikat yang menganalisa data kesehatan 50.000 orang dalam kurun waktu tujuh tahun, ditemukan bahwa orang yang menjadikan sarapan sebagai porsi makan utama dalam sehari memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah daripada orang yang makan lebih banyak pada makan siang atau makan malam. Para peneliti berpendapat, bahwa sarapan membantu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi konsumsi kalori harian, dan meningkatkan kualitas diet.

Namun, bukan berarti melewatkan sarapan akan meningkatkan kemungkinan obesitas. Pada dasarnya tidak ditemukan hubungan langsung antara sarapan dengan obesitas. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang makan sarapan berolahraga dengan teratur dan menghindari kebiasaan tidak sehat seperti merokok. Poin paling penting terletak pada apa yang kita makan untuk sarapan.

Telur merupakan salah satu sumber makanan yang bagus dikonsumsi saat sarapan. Mengkonsumsi telur meningkatkan rasa kenyang dan mempertahankan kadar gula darah dan insulin. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa orang yang makan telur untuk sarapan, merasa lebih kenyang dan mengurangi asupan kalori setelahnya dibandingkan orang yang makan roti bagel.

Yoghurt juga merupakan menu sarapan terbaik. Zat probiotik yang terkandung di dalamnya membantu kesehatan usus. Untuk meyakinkan yoghut yang anda konsumsi mengandung probiotik, cari tulisan ‘mengandung kultur hidup dan aktif’ di dlam kemasan. Walaupun yoghurt juga berfungsi untuk meningkatkan level hormone yang memberi rasa kenyang, namun anda harus melihat kandungan gula pada yoghurt. Yoghurt terbaik adalah yang tawar atau dengan sedikit kandungan gula.

Mungkin anda telah lama tahu bahwa kopi adalah sarapan terbaik. Kandungan kafeinnya meningkatkan mood, kewaspadaan dan performa mental. Analisa dari 41 penelitian menyebutkan bahwa konsumsi 38-400gr kopi sehari mampu memaksimalkan manfaat kafein, menutupi efek buruknya. Lagi lagi, hindari penggunaan gula atau krimer yang berlebihan.

Daripada mengkonsumsi sereal coklat, lebih sehat jika anda mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan. Oatmeal memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi yang menurunkan kadar kolesterol. Padukan dengan susu untuk menambah protein atau dengan buah-buahan segar untuk mengingkatkan asupan vitamin.

Kebutuhan sarapan bagi setiap orang berbeda. Tanya diri anda, butuhkah anda sarapan hari ini? Alih-alih merasa lemas dan dan mengantuk setelah sarapan, pastikan anda mengkonsumsi makanan yang membantu anda beraktifitas dengan prima sepanjang harinya

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts