3 Latihan HIIT Terbaik!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Ingin cepat membakar lemak? Yuk, lakukan High Intensity Interval Training (HIIT) di rumah atau gym terdekat rumah kamu. Fyi, HIIT adalah latihan kardio yang menggunakan kombinasi antara latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. Aktivitas ini memacu kerja jantung dengan lebih keras sehingga konsumsi oksigen pun meningkat yang berarti metabolisme tubuh juga meningkat, sehingga makin banyak lemak yang dipakai untuk pembakaran.

Di antara beberapa aktivitasnya, ada 3 HIIT yang dianggap sangat baik untuk membakar lemak dan membuang kalori. Apa saja?

  1. HIIT the Treadmill
  • Pemanasan selama 3 menit (jalan cepat atau lari pelan).
  • Pada menit ke-3, mulai tingkatkan kecepatan lari 10%.
  • Lalu sprint selama 30 detik.
  • Lambatkan kecepatan selama 30 detik, lalu lanjutkan lagi sprint selama 30 detik.
  • Lanjutkan terus sampai kira-kira 3-5 menit.
  • Lambatkan speed dan mulailah pendinginan. Lalu jika masih kuat, ulangi latihan ini kembali.

  1. HIIT the Bike (sepeda statis/RPM)
  • Mulai bersepeda dengan kecepatan lambat selama 3 menit (70-80rpm)
  • Di menit ke-3, tingkatkan kecepatan rpm sampai di atas 90.
  • Setiap 30 detik, naikkan resistance 1 level dan jaga kecepatan di atas 90 rpm.
  • Lanjutkan terus sampai kira-kira 3-5 menit.
  • Lambatkan speed dan mulailah pendinginan. Lalu jika masih kuat, ulangi latihan ini kembali. Biasanya HIIT the Bike dijalankan selama 30-40 menit.

  1. HIIT the Rowing Machine (alat simulasi mendayung)
  • Mulai pemanasan selama 3 menit.
  • Nyalakan screen pengaturan kalori.
  • Lanjutkan posisi mendayung selama 60 detik, dengan kecepatan yang sama.
  • Istirahat 60 detik, lalu ulangi mendayung selama 60 detik.
  • Teruskan selama 3-6 set.

Ketiga jenis HIIT ini dapat membakar masing-masing 500-1.000 kalori.

Kapan waktu yang efektif untuk melakukan HIIT? Pagi hari, tanpa mengonsumsi makanan berat. Cukup mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Supaya hasilnya lebih maksimal, atur pola makan yang baik dan waktu istirahat yang cukup. Let’s HIIT it!

More to explorer

DANAMON RUN 2019 Kembali Digelar

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank Danamon” atau “Bank”) akan menggelar kembali ajang lari Danamon Run, lomba lari dengan konsep unik dan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *