Kopi, Efektif Meningkatkan Performa Pelari

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Secangkir kopi hitam dapat memberi begitu banyak arti bagi para penikmatnya. Teman bersantai di pagi hari, pelengkap obrolan bersama teman di sebuah kafe di malam hari, dan untuk para pelari; bahan bakar bagi tubuh yang meningkatkan performa lari. Really?

Yes.

Kopi dapat membuat pelari berlari lebih cepat. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa kopi yang diminum sebelum aktivitas lari dimulai, berdampak positif pada ketahanan dan kekuatan tubuh pelari.

Kenapa kafein dalam kopi dapat meningkatkan performa lari? Menurut penelitian dari Coventry University, UK, minum kopi sebelum berlari akan mengurangi pemikiran akan beratnya berlari, serta meningkatkan fokus dan mood. Sure, coffee is a mood booster for runners!

Lari juga akan terasa lebih mudah karena asupan kopi, dan keinginan untuk mencapai goal akan terasa lebih kuat.

Kafein pun terbukti meningkatkan reaksi tubuh, menurunkan efek negatif berlari dalam cuaca panas, bahkan membantu pelari membakar lemak tubuh. Lalu bagaimana efek kopi bagi pelari setelah selesai melakukan aktivitasnya?

Menurut penelitian dari School of Medical Science, RMIT University, Australia, ditemukan fakta bahwa glikogen (bagian dari glukosa dalam tubuh yang tersimpan di sel dan hati) akan terganti 66% lebih cepat ketika pelari mengasup minuman (recovery drink) mengandung kafein dan karbohidrat, dibanding mengonsumsi minuman yang hanya mengandung karbohidrat.

Fakta lain yang juga menarik, efek kopi pada pelari 5K yang minum kopi sebelum race dimulai, menunjukkan peningkatan durasi waktu berlari sebanyak 1%. Tak terlalu banyak memang, tapi dapat mempersingkat durasi, misalnya dari 20.00 menit menjadi 19.47 menit. Satu yang harus diingat, kopi yang diminum sebelum berlari tidak akan menyebabkan dehidrasi.

Have a great cup of coffee, Runners!

More to explorer

3 Latihan HIIT Terbaik!

Ingin cepat membakar lemak? Yuk, lakukan High Intensity Interval Training (HIIT) di rumah atau gym terdekat rumah kamu. Fyi, HIIT adalah latihan

Makanan Terbaik untuk Pelari Vegetarian

Mencari tahu apa yang sebaiknya dimakan sebelum melakukan aktivitas lari tak semudah yang dibayangkan ya, apalagi jika kamu seorang vegetarian. Kenapa? Karena

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *