Latihan sesuai tipe badan

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Mungkin kita pernah mendengar tentang 3 tipe tubuh yang berbeda, tetapi tahukah bahwa melatih tubuh perlu disesuaikan dengan tipe tubuh.

Jenis tubuh sebagian besar merupakan genetik, tetapi itu tidak berarti kita ditakdirkan untuk satu bentuk tubuh. Jika ingin memmiliki bentuk fisik yang ideal, maka perlu melakukan beberapa latihan tertentu untuk memaksimalkan tipe tubuh dan memiliki tubuh yang sesuaia keinginan!

Apa itu 3 jenis tipe tubuh?

Ada tiga tipe tubuh, yaitu Ectomorph, Mesomorph dan Endomorph. Kita bisa mendapatkan gambaran yang bagus tentang bagaimana bentuk tubuh itu dan di mana kecenderungan penyimpanan lemak paling banyak.

Latihan sesuai tipe badan

Apakah kita dapat mengidentifikasi tipe tubuh? Tentu saja, tidak semua orang akan cocok dengan satu atau yang lain, tetapi kita mungkin memperhatikan bahwa ada satu yang lebih dominan. Mari kita uraikan sedikit lebih jauh dan bicarakan masing-masing tipe tubuh secara lebih rinci serta bagaimana harus mengoptimalisasi kekuatan dan latihan kardio.

Ectomorph

Latihan sesuai tipe badan

Ectomorph secara alami memiliki karakter bentuk tubuh yang sangat tipis, pinggul dan bahu sempit, lemak tubuh sangat rendah dan lengan dan kaki sangat tipis.

Ectomorph mungkin mengatakan hal-hal seperti, “Tidak peduli berapa banyak saya makan, saya tidak bisa menambah berat badan.” Sangat bertentangan dengan kepercayaan umum, tidak semua orang ingin menurunkan berat badan.

Latihan kekuatan untuk ectomorph:

  • Berlatih dengan beban berat dan banyak istirahat di antara set (2-3 menit) serta di antara latihan (5 menit).
  • Hanya latih 1-2 bagian tubuh perhari di setiap latihan untuk menghindari terlalu banyak pengeluaran kalori.
  • Targetkan 5-10 repetisi dan 6-8 set setiap latihan.
  • Banyak istirahat di antara latihan dan jangan pernah melatih kelompok otot yang sakit. Dan jika merasa sangat sakit, cobalah penggulungan busa untuk pemulihan.

Latihan kardio ectomorph:

  • Cardio sangat minim.
  • Naik sepeda dengan intensitas rendah dan jalan cepat (anggap lebih sebagai kegiatan kardio yang menenangkan untuk mengurangi stres).

Mesomorph

Latihan sesuai tipe badan

Mesomorph adalah semacam di antara Ectomorph dan Endomorph. Mereka dapat menggunakan otot dengan mudah dan secara genetik adalah tipe tubuh ideal untuk binaraga.

Mesomorph memiliki kaki yang sangat kuat, bahu lebar dan pinggang yang lebih sempit. Umumnya, juga memiliki lemak tubuh yang sangat rendah.

Latihan kekuatan Mesomorph :

  • Semakin bervariasi pelatihan, semakin baik hasilnya.
  • Latihan beban ringan, sedang dan berat, serta latihan berat badan dengan aplikasi kebugaran, misal Runtastic.
  • Latihan dasar (squat, lunge, deadlift, baris, tekan dada, tekan bahu, dll.) dengan beban berat, diikuti dengan latihan isolasi dengan bobot sedang / ringan.
  • Targetkan 8-12 repetisi untuk sebagian besar latihan. Ketika melakukan latihan kaki, gunakan beban yang sangat berat dengan sekitar 6 repetisi dan sangat ringan atau tanpa bobot sekitar 25-30 repetisi untuk 3-5 set.
  • Tambahkan aktivitas latihan kekuatan lain yang menurut kita menyenangkan dan ingin dicoba, seperti latihan band resistensi.

Latihan kardio Mesomorph:

  • 3 hari per minggu cardio selama 15-30 menit.
  • Campur dalam kombinasi latihan HIIT dan LISS.

Endomorph

Latihan sesuai tipe badan

Endomorph lebih bundar dan berbentuk serupa buah pir serta cenderung menyimpan lebih banyak lemak tubuh di seluruh tubuh, terutama di kaki dan lengan.

Akan jauh lebih sulit bagi Endomorph untuk menggunakan otot dan lebih mudah untuk menambah berat badan. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, kita tidak bisa duduk di sofa dan menyalahkan genetika!

Kita tetap bisa bersyukur atas tubuh yang dimiliki dan berusaha menjadi lebih bugar dan sehat – mungkin butuh sedikit lebih banyak waktu dan usaha daripada untuk Mesomorph.

Latihan kekuatan Endomorph:

  • Latihan total-tubuh dengan gerakan majemuk untuk membakar kalori terbanyak. Ini bisa menjadi campuran dari pelatihan berat badan serta angkat berat.
  • Hindari mengangkat beban berat dengan repetisi rendah.
  • Arahkan untuk 8-12 repetisi dan 3-5 set untuk tubuh bagian atas dan 12-20 repetisi untuk tubuh bagian bawah.
  • Setelah mencapai tujuan penurunan berat badan awal, tidak apa-apa untuk mulai mengisolasi otot yang ingin dibentuk.

Latihan kardio Endomorph:

  • Masukkan cardio minimal 3x per minggu selama 20-30 menit di zona detak jantung sesuai target.
  • Buat latihan kardio lebih mudah pada lutut dan berdampak rendah (misal, berenang, bersepeda, hiking, berjalan, elips).

Source: https://www.runtastic.com/blog/en/body-type-workouts/

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Latihan sesuai tipe badan” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *