Perawatan diabetes secara alami tanpa obat

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Diabetes adalah penyakit kronis yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, 1,5 juta orang menerima diagnosis diabetes setiap tahun.

Diabetes juga memengaruhi anak-anak dan remaja. Sekitar 193.000 orang yang berusia di bawah 20 tahun telah mendiagnosis diabetes.

American Diabetes Association (ADA) mencatat pada 2017 pedoman bahwa manajemen diri dan pendidikan adalah aspek penting dari perawatan diabetes.

Manajemen mandiri diabetes dapat mengurangi kadar gula darah, risiko kematian, dan biaya perawatan kesehatan, serta berat badan pada orang dengan kelebihan berat badan.

Swa-monitor

Perawatan diabetes secara alami tanpa obat

Orang-orang dapat memonitor diabetes secara mandiri dengan meteran glukosa darah.

Dua indikator penting dari kontrol diabetes adalah kadar hemoglobin terglikasi dan glukosa darah. Mengukur hemoglobin terglikasi membutuhkan tes darah di kantor dokter, tetapi seseorang dapat mengukur glukosa darahnya di rumah.

Dokter menyarankan agar menggunakan insulin untuk memeriksa kadar glukosa. Frekuensi yang tepat dari pemeriksaan ini bervariasi bagi setiap orang, tetapi dokter biasanya merekomendasikan tingkat pemantauan sebelum dan sesudah makan, sebelum tidur, dan sebelum berolahraga.

Penderita diabetes yang tidak menggunakan insulin juga harus memeriksa kadar gula darahnya. Swa-monitor dapat memberikan informasi tentang efek perubahan pola makan, aktivitas fisik, dan pengobatan pada kadar gula darah.

Pertahankan berat badan yang sehat

Perawatan diabetes secara alami tanpa obat

Penting bagi penderita diabetes atau prediabetes untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat. Ketika dokter memonitor perkembangan penurunan berat badan, seseorang lebih mungkin untuk mencapai tujuan.

Penelitian menunjukkan bahwa, di antara orang dengan berat badan berlebih, penurunan berat badan yang sederhana dan konsisten dapat membantu mengelola diabetes tipe 2 dan memperlambat laju pradiabetes menjadi diabetes.

Mereka juga mencatat bahwa melakukan penyesuaian diet dapat menurunkan kadar hemoglobin terglikasi sebesar 0,3% hingga 2% pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2. Terapi nutrisi juga dapat mengarah pada peningkatan kualitas hidup.

Untuk memfasilitasi penyesuaian gaya hidup ini, ADA merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan ahli diet terdaftar dengan keahlian dalam diabetes dan manajemen berat badan.

Dapatkan nutrisi yang baik

Perawatan diabetes secara alami tanpa obat

Mengikuti rencana makan dapat menjadi salah satu aspek paling sulit dari manajemen diri diabetes. Rencana dengan ahli diet terdaftar yang memiliki pengetahuan tentang nutrisi khusus diabetes dapat membantu mencapai tujuan.

Bagi sebagian orang, perubahan pola makan saja tidak cukup untuk mengontrol kadar gula darah. Diabetes adalah penyakit progresif, yang berarti dapat memburuk dari waktu ke waktu. ADA merekomendasikan penggunaan kombinasi obat dan terapi nutrisi untuk mencapai target gula darah.

Dasar perencanaan makan melibatkan kontrol porsi dan mendukung makanan sehat. Metode diabetes plate adalah salah satu alat yang dirancang untuk membantu orang mengendalikan asupan kalori dan karbohidrat.

Secara mental, metode ini akan membagi piring menjadi tiga bagian. Setengah dari piring harus mengandung sayuran yang tidak mengandung tepung, seperempatnya bisa mengandung makanan berbahan dasar gandum dan tepung, dan sisanya harus mengandung protein.

Berolahraga secara teratur

Tanda-tanda waktu istirahat otot

Olahraga teratur dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu mengontrol kadar gula darah, mengurangi faktor risiko kardiovaskular, meningkatkan penurunan berat badan, dan meningkatkan kesejahteraan.

Para peneliti menemukan bahwa program latihan terstruktur selama setidaknya 8 minggu menurunkan kadar hemoglobin terglikasi dengan rata-rata 0,66% pada peserta dengan diabetes tipe 2.

ADA merekomendasikan berolahraga setidaknya 10 menit per sesi dan mendapatkan total setidaknya 30 menit latihan pada sebagian besar hari dalam seminggu.

Jika seseorang berolahraga setiap hari – atau membiarkan tidak lebih dari 2 hari berlalu di antara latihan – ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin.

Selain berolahraga secara teratur, penting untuk menghindari terlalu lama dalam posisi duduk. Memutus periode menetap setiap 30 menit dapat membantu mengendalikan gula darah.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Perawatan diabetes secara alami tanpa obat” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *