Tanda-tanda waktu istirahat otot

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Ketika merasa sangat termotivasi dan ingin melihat hasil dari latihan, kita mungkin sering mendorong diri kita terlalu jauh dengan pelatihan kita.

Bahkan kita merasa harus melatih setiap hari secara intens untuk melihat hasilnya. Kenyataannya, setiap orang berbeda dan dalam tahap yang berbeda di setiap pelatihan.

Hal yang terpenting dan sering terlupa yaitu kita perlu mendengarkan tubuh sebelum mendorong diri lebih jauh melampaui batas. Hal terakhir yang ingin dilakukan adalah overtrain dan berisiko sakit atau terluka.

Tetap lelah meski sudah tidur 6-9 jam permalam

Tanda-tanda waktu istirahat otot

Jika kita merasa sudah cukup tidur, tetapi masih merasa lelah, perih, dan lelah, istirahatlah satu atau dua hari. Berikan waktu bagi otot-otot dan pikiran untuk istirahat fisik.

Transformasi nyata dari tubuh terjadi selama tidur dan saat istirahat. Pastikan memberi apa yang dibutuhkan tubuh untuk melihat hasil nyata.

Otot masih lelah setelah 2-3 hari

Tanda-tanda waktu istirahat otot

Kadang-kadang kita melatih kelompok otot tertentu secara intens, itu bisa terasa sakit hingga 2 hari kemudian. Ini disebut nyeri otot onset tertunda, atau DOM. Kita tahu bahwa setelah latihan tersebut untuk sementara waktu latihan kaki dihentikan.

Apabila kaki sudah tidak lelah, maka melakukan latihan kaki yang intens penuh dengan lunges dan squat.

Jika berencana melatih kelompok otot itu dua hari kemudian, tetapi masih kesakitan, ubah jadwal latihan. Alasannya, latihan ketika otot benar-benar sakit membuat lebih sulit untuk mempertahankan bentuk tubuh yang baik dan melakukan yang terbaik.

Berikan waktu pada otot untuk pulih sepenuhnya dan membangun kembali sebelum dihancurkan lagi dengan olahraga. Jika rasa sakit semakin parah, ambil hari istirahat atau kerjakan kelompok otot yang berbeda. Jika ringan, lakukan pemanasan yang baik dan jangan menekan otot yang sama lagi.

Haus tetapi tidak dalam kondisi dehidrasi

Tanda-tanda waktu istirahat otot

Apakah kita merasa seperti terus minum air tetapi tidak bisa merasa puas atau terhidrasi? Ini bisa terkait dengan asupan cairan yang tidak mencukupi atau bahkan cuaca panas.

Di sisi lain, hal ini dapat pula diakibatkan oleh latihan terlalu keras dan perlu memberi waktu bagi tubuh untuk beristirahat, memulihkan, dan rehidrasi. Bisa jadi tubuh berada dalam kondisi katabolik, yang berarti itu benar-benar hilang. Gejala dari ini adalah dehidrasi.

Latihan intensif 5 hingga 6 minggu

Tanda-tanda waktu istirahat otot

Ketika kita sudah melakukan banyak latihan untuk tubuh selama lebih dari 5 pekan secara intesif, maka biarkan tubuh untuk beristirahat dan pulih.

Merasa lambat dan lemak pada 2latihan terakhir

Tanda-tanda waktu istirahat otot

Kita tidak bisa menjadi kuat setiap hari. Begitu merasa latihan yang biasa tampak jauh lebih sulit daripada biasanya, maka saatnya untuk istirahat. Aturan praktis yang baik adalah: jika tidak merasa lebih baik setelah pemanasan, tubuh dalam kondisi terlalu lelah untuk berolahraga.

Mood yang buruk

Tanda-tanda waktu istirahat otot

Setiap hal kecil tampaknya membuat jengkel. Atau, kita cenderung merasa kecemasan terus sepanjang hari dan tidak dapat merasa enjoy.

Hal ini sering diakibatkan oleh tubuh yang kehabisan energi akibat terlalu banyak latihan. Sebelum melakukan latihan yang lebih berat dan intens, pertimbangkan kembali jadwal latihan dan cobalah untuk mendapatkan setidaknya satu hari istirahat dan satu malam tidur nyenyak sebelum melakukan latihan lain.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Tanda-tanda waktu istirahat otot” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *