Diet endomorph: aturan makan dan olahraga

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Orang dengan tipe tubuh endomorph biasanya memiliki tubuh bulat dan lunak dengan pinggang lebar dan tulang besar, sendi, dan pinggul, terlepas dari tinggi badan.

Artikel ini membahas apa itu diet endomorph, termasuk makanan mana yang harus dimakan dan mana yang harus dihindari. Selain itu, disertai pula dengan latihan yang dapat membantu orang dengan tubuh endomorfik menurunkan berat badan dan membentuk otot.

Apa diet endomorph?

diet endomorph: aturan makan dan olahraga

Orang dengan tubuh endomorfik memiliki karakteristik dan sifat yang membuatnya sulit untuk diet, mendapatkan massa otot, dan berolahraga.

Para spesialis telah menyusun diet endomorf dan rencana latihan yang bekerja dengan dan melawan sifat-sifat unik untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat.

Orang dengan tubuh endomorfik cenderung memiliki metabolisme yang lebih lambat, mungkin karena tubuh mereka yang lebih besar. Memiliki metabolisme yang lebih lambat dapat berarti bahwa tubuh lebih cenderung mengubah kelebihan kalori menjadi lemak.

Oleh karena itu, orang dengan tubuh endomorfik mungkin perlu lebih hati-hati mengontrol apa yang mereka makan, kapan mereka makan, dan berapa banyak yang mereka makan.

Di sisi lain, orang dengan tipe tubuh endomorph juga mungkin merasa kesulitan untuk mendapatkan massa otot karena kelebihan lemak tubuh memicu pelepasan hormon estrogen. Peningkatan kadar estrogen cenderung menurunkan kadar hormon yang mendorong pertumbuhan otot, seperti testosteron.

Makanan yang dianjurkan dan perlu dihindari

diet endomorph: aturan makan dan olahraga

Orang dengan tubuh endomorfik dapat mengambil manfaat dari rencana nutrisi yang menyeimbangkan lemak sehat, protein, dan karbohidrat dari buah, sayuran, dan makanan berserat tinggi yang tidak dimurnikan.

Beberapa contoh makanan yang kaya protein atau lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sehat meliputi:

  • Produk susu rendah lemak, seperti susu rendah lemak, yogurt, dan keju
    unggas, seperti ayam dan kalkun
  • Sebagian besar jenis ikan, terutama ikan berlemak
  • Minyak goreng nontropis, terutama minyak zaitun, kanola, dan minyak alpukat
    telur dan putih telur
  • Kacang nontropis, termasuk almond, hazelnut, dan kenari

Beberapa contoh karbohidrat yang cocok untuk diet endomorph meliputi sebagian besar:

  • Kacang kering dan kacang-kacangan, seperti kacang merah, lentil, dan buncis
  • Buah-buahan, kecuali melon dan nanas
  • Sayuran non-tepung, seperti brokoli, kembang kol, dan seledri
  • Produk gandum utuh atau gandum utuh, seperti sereal bekatul dan roti gandum gandum 100%
  • Sayuran bertepung, seperti ubi, ubi, jagung, dan wortel. Sayuran bertepung yang tidak dimurnikan, seperti quinoa dan bayam

Orang yang mengikuti diet endomorph mungkin ingin membatasi atau menghindari makanan padat karbohidrat, terutama karbohidrat olahan seperti tepung putih dan gula.

Makanan kaya karbohidrat melepaskan gula dengan cepat ke dalam aliran darah, menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah. Tubuh juga lebih cenderung mengubah gula-gula ini menjadi lemak daripada membakarnya sebagai energi.

Tubuh endomorfik juga lebih cenderung mengubah kelebihan kalori menjadi lemak. Untuk alasan yang sama ini, orang yang mengikuti diet endomorph mungkin juga ingin menghindari makanan yang padat kalori tetapi miskin nutrisi.

Latihan endomorph

diet endomorph: aturan makan dan olahraga

Olahraga adalah bagian penting dari setiap rencana penurunan berat badan, terutama bagi orang dengan tipe tubuh endomorph. Berolahraga membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi lemak.

Latihan kardiovaskular seperti berlari dapat membakar kalori dan membantu menciptakan defisit kalori. Ini berarti bahwa seseorang menggunakan lebih banyak kalori daripada yang mereka konsumsi dan berpotensi membakar kelebihan lemak.

Orang dengan tipe tubuh endomorph mengikuti rutinitas latihan “well-rounded” yang berfokus pada aktivitas latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan.

Beberapa contoh latihan kardiovaskular yang baik meliputi:

  • Latihan interval intensitas tinggi (HIIT): Dalam HIIT, seseorang akan bergantian antara periode latihan intensitas sangat tinggi dan latihan intensitas rendah atau istirahat. Lakukan sesi HIIT dua atau tiga kali per minggu selama maksimum 30 menit per sesi.
  • Steady state training (SST): Ini adalah sesi latihan intensitas sedang hingga rendah yang lebih lama. Latihan SST yang baik termasuk berjalan, jogging, dan berenang. Orang dengan tipe tubuh endomorph dapat mencoba melakukan sesi SST 30–60 menit dua hingga tiga kali per minggu.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Diet endomorph: aturan makan dan olahraga” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

3 Latihan HIIT Terbaik!

Ingin cepat membakar lemak? Yuk, lakukan High Intensity Interval Training (HIIT) di rumah atau gym terdekat rumah kamu. Fyi, HIIT adalah latihan

Makanan Terbaik untuk Pelari Vegetarian

Mencari tahu apa yang sebaiknya dimakan sebelum melakukan aktivitas lari tak semudah yang dibayangkan ya, apalagi jika kamu seorang vegetarian. Kenapa? Karena

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *