Yang perlu dicatat tentang cara membakar kalori

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Membakar kalori lebih memainkan peran penting dalam hal penurunan berat badan. Tapi apakah beberapa hal mengenai hal ini termasuk kebenaran atau mitos? Berikut penjelasan hal-hal terkait cara membakar kalori yang perlu kita ketahui:

Berkeringat dan membakar kalori

yang perlu dicatat tentang cara membakar kalori

Orang yang berkeringat lebih banyak tidak perlu membakar kalori lebih banyak, kecuali mereka hanya ingin berolahraga lebih keras, tentu saja.

Keringat tergantung pada berat badan, usia, tingkat kebugaran, lingkungan, dan banyak faktor lainnya. Ini tidak secara langsung berhubungan dengan berapa banyak kalori yang terbakar.

Namun, kita dapat melihat perbedaan pada skala jika kehilangan berat air melalui keringat. Kehilangan berat air ini hanya sementara. Kita akan memperoleh air ketika minum.

Bakar kalori saat cuaca dingin

yang perlu dicatat tentang cara membakar kalori

Berolahraga dalam cuaca dingin akan membakar lebih banyak kalori. Syaratnya, apabila dilakukan saat tubuh mulai menggigil. Artinya, ketika mengenakan pakaian yang tepat dan tidak menggigil, dingin tidak akan memengaruhi penurunan berat badan karena perbedaan pembakaran kalori tidak cukup signifikan.

Namun perlu diingat, mencoba menggigil hanya untuk membakar lebih banyak kalori bukan ide yang cerdas karena berisiko masuk angin atau bahkan terkena radang dingin.

Afterburn dan pulih setelah latihan

yang perlu dicatat tentang cara membakar kalori

Energi ekstra yang diperlukan untuk pulih setelah latihan intens disebut efek afterburn. Itu bisa berlangsung dari 1 hingga> 24 jam. Namun, jumlah kalori ekstra yang dibakar biasanya terlalu tinggi.

Efek afterburn tergantung pada intensitas dan durasi latihan. Apabila kita benar-benar keluar dari zona nyaman dan mendorong tubuh ke batas, kita tetap tidak akan membakar lebih dari 10% kalori tambahan dalam total pasca-latihan. Jadi, jangan mengandalkan ini sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan penurunan berat badan.

Berolahraga saat lapar

yang perlu dicatat tentang cara membakar kalori

Jumlah kalori yang terbakar selama berolahraga tidak berubah berdasarkan apakah kita berlatih dengan perut kosong atau tidak. Namun, lebih banyak kalori yang kita bakar berasal dari lemak tubuh di beberapa lokasi.

Ketika sampai pada penurunan berat badan, jumlah total kalori yang dibakar akan lebih berarti daripada dari mana mereka berasal.

Indikator lemak yang terbakar pada treadmill dan mesin cardio

yang perlu dicatat tentang cara membakar kalori

Sebagian besar treadmill dan mesin cardio lain terlalu tinggi memperkirakan pembakaran kalori, rata-rata sebesar 19%.

Meski sudah memasukkan berat badan dan usia, rumus yang digunakan untuk memperkirakan kalori yang terbakar tidak menjadi faktor dalam tingkat metabolisme atau kebugaran.

Perhitungan diestimasi berdasarkan data VO2 max, yang bersifat individual dan tidak dapat disesuaikan atau diukur secara langsung pada mesin. Jadi, gunakan angka-angka itu sebagai motivator, tetapi berhati-hatilah saat mempercayai untuk menurunkan berat badan.

Berlari dengan jarak yang sama

yang perlu dicatat tentang cara membakar kalori

Berlari dengan jarak yang sama dapat membakar 〜30% lebih banyak kalori daripada berjalan, tetapi perbedaannya akan sangat bergantung pada kecepatan.

Ada perbedaan mencolok antara joging yang sangat lambat dan lari cepat. Namun, berjalan dan berlari bisa membakar jumlah kalori yang sama jika membandingkan lomba lari dengan lari sangat lambat.

Kentut tidak signifikan membakar kalori

yang perlu dicatat tentang cara membakar kalori

Ketika kentut, otot seperti bekerja, tapi sebaliknya. Pelepasan kentut diarahkan oleh relaksasi sfingter–bagian anus yang berfungsi untuk mengontrol dan menahan kotoran selama proses buang air besar.

Ketika otot-otot rileks, tekanan dari dalam usus besar akan mengeluarkan gas. Namun, hal ini tidak signifikan membakar kalori berlebih.

Namun, ada cara untuk mendapatkan angka jumlah kalori yang terbakar karena kentut. Caranya, memaksimalkan tekanan otot perut untuk melepaskan kentut. Selain itu, diperlukan juga olahraga secara teratur seperti sit-up.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “cara membakar kalori” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *