Buah durian: nutrisi, manfaat, dan cara konsumsi

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Durian adalah buah tropis yang unik. Buah ini populer di Asia Tenggara, di mana duren dijuluki “raja buah.” Durian sangat kaya nutrisi, mengandung lebih dari kebanyakan buah-buahan lainnya. Namun, itu juga mendapat persepsi negatif karena baunya yang kuat.

Apa itu buah durian?

Buah durian: nutrisi, manfaat, dan cara konsumsi

Durian adalah buah tropis yang dibedakan dari ukurannya yang besar dan kulit yang keras di bagian luarnya.

Buah durian memiliki daging, bau seperti puding dengan biji besar. Ada beberapa varietas, tetapi yang paling umum adalah Durio zibethinus.

Daging buahnya bisa beragam warnanya. Paling umum berwarna kuning atau putih, tetapi juga bisa merah atau hijau. Durian tumbuh di daerah tropis di seluruh dunia, terutama di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, dan Thailand.

Buahnya bisa tumbuh hingga 1 kaki (30 cm) panjangnya dan 6 inci (15 cm) lebarnya. Buah durian yang khas memiliki sekitar 2 cangkir (486 gram) yang dapat dimakan.

Bagaimana cara mengonsumsi durian?

Buah durian: nutrisi, manfaat, dan cara konsumsi

Durian dikonsumsi sebagai hidangan manis dan gurih. Baik daging dan biji yang krem dapat dimakan, meskipun bijinya harus dimasak.

Rasanya seperti mencicipi keju, almond, bawang putih, dan karamel sekaligus. Berikut cara konsumsi buah durian meliputi:

  • Jus
  • Biji, direbus atau dipanggang
  • Sup
  • Permen, es krim, dan makanan penutup lainnya
  • Makanan pendamping
  • Dapat digunakan dalam pengobatan tradisional dan memiliki beberapa sifat obat yang saat ini sedang dipelajari.

Kandungan gizi buah naga

Buah durian: nutrisi, manfaat, dan cara konsumsi

Nutrisi Durian sangat tinggi dibandingkan dengan kebanyakan buah-buahan lainnya.

Satu wadah (243 gram) menyediakan:

Kalori: 357
Lemak: 13 gram
Karbohidrat: 66 gram
Serat: 9 gram
Protein: 4 gram
Vitamin C: 80% dari Nilai Harian (DV)
Tiamin: 61% dari DV
Mangan: 39% dari DV
Vitamin B6: 38% dari DV
Kalium: 30% dari DV
Riboflavin: 29% dari DV
Tembaga: 25% dari DV
Folat: 22% dari DV
Magnesium: 18% dari DV
Niasin: 13% dari DV

Profil nutrisi ini menjadikan durian salah satu buah paling bergizi di seluruh dunia. Selain itu, di dalamnya kaya akan senyawa tanaman sehat, termasuk anthocyanin, karotenoid, polifenol, dan flavonoid. Banyak di antaranya yang berfungsi sebagai antioksidan.

Manfaat durian bagi kesehatan

Buah durian: nutrisi, manfaat, dan cara konsumsi

Semua bagian tanaman durian – daun, kulit, akar, dan buah – telah digunakan dalam pengobatan tradisional Malaysia untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk demam tinggi, penyakit kuning, dan kondisi kulit.

Studi menunjukkan bahwa buah durian menawarkan manfaat kesehatan berikut:

  • Mengurangi risiko kanker. Antioksidannya dapat menetralisir radikal bebas yang mempromosikan kanker. Pada penelitian tabung reaksi, ekstrak durian mencegah penyebaran sel kanker payudara.
  • Mencegah penyakit jantung. Beberapa senyawa dalam durian dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis, atau pengerasan pembuluh darah.
  • Mencegah infeksi. Kulitnya mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan anti-ragi.
  • Menurunkan gula darah. Durian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada banyak buah tropis lainnya, yang berarti durian dapat meningkatkan kadar gula darah lebih sedikit.

Berbahaya bila dikonsumsi bersama alkohol

Buah durian: nutrisi, manfaat, dan cara konsumsi

Mengkonsumsi durian bersamaan dengan alkohol dapat menyebabkan masalah. Para ilmuwan percaya bahwa senyawa seperti sulfur dalam durian dapat mencegah enzim tertentu dari alkohol sehingga menyebabkan peningkatan kadar alkohol dalam darah.

Bila dikonsumsi secara bersamaan, dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, dan jantung berdebar. Agar aman, hindari makan durian dan minum alkohol secara bersamaan.

Cara makan durian

Buah durian: nutrisi, manfaat, dan cara konsumsi

Buka kulit durian yang keras dan runcing seringkali membutuhkan sarung tangan atau sarung tangan untuk melindungi tangan. Kita perlu memotong cangkang dengan pisau dan membukanya dengan tangan sebelum mengeluarkan daging durian dengan lembut.

Kita dapat mengonsumsinya secara langsung, dikombinasikan dengan ketan, atau sebagai bahan dalam berbagai hidangan.

Kita dapat menemukan tutorial tentang cara membuka buah durian, serta banyak resep, online lainnya. Selain itu, durian juga digunakan dalam makanan olahan, seperti permen. Namun, mengonsumsi makanan dengan rasa durian tidak akan memberi manfaat kesehatan apapun.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Buah durian: nutrisi, manfaat, dan cara konsumsi” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *