Toned susu: nutrisi dan manfaatnya

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Susu adalah salah satu sumber kalsium makanan terkaya dan produk susu pokok di banyak negara. Toned milik adalah versi susu sapi tradisional yang sedikit dimodifikasi namun memiliki kandungan nutrisi serupa. Umumnya, jenis susu ini diproduksi dan dikonsumsi di India dan bagian lain di Asia Tenggara.

Apa itu toned milk?

Toned susu: nutrisi dan manfaatnya

Toned milk biasanya dibuat dengan mengencerkan susu kerbau utuh dengan susu skim dan air untuk membuat produk yang secara nutrisi sebanding dengan susu sapi tradisional.

Proses ini dikembangkan di India tujuannya meningkatkan nutrisi susu kerbau full-cream dan memperluas produksi, ketersediaan, keterjangkauan, dan aksesibilitasnya.

Mengencerkan susu kerbau dengan susu skim dan air mengurangi kadar lemak totalnya tetapi mempertahankan konsentrasi nutrisi penting lainnya, seperti kalsium dan protein.

Mirip dengan susu biasa

Toned susu: nutrisi dan manfaatnya

Sebagian besar pasokan susu dunia berasal dari sapi, dengan peringkat susu kerbau di tempat kedua.

Kedua jenis susu ini kaya akan protein, kalsium, potasium, dan vitamin B. Namun, susu kerbau krim penuh secara alami jauh lebih tinggi lemak jenuh daripada susu sapi utuh.

Fakta ini membuat susu kerbau menjadi pilihan yang sangat baik untuk membuat keju atau ghee, tetapi kurang cocok untuk minum ─ terutama bagi orang yang ingin membatasi sumber lemak jenuh dalam makanan.

Toned milk biasanya dibuat dari kombinasi kerbau dan susu sapi untuk mencapai konsentrasi sekitar 3% lemak dan 8,5% padatan susu non-lemak, termasuk gula susu dan protein.

Ini sebanding dengan susu sapi utuh, yang biasanya mengandung 3,25–4% lemak dan 8,25% padatan susu non-lemak. Bagan di bawah ini membandingkan kandungan gizi dasar 3,5 ons (100 ml) susu sapi murni dan susu kencang, menurut label produk toned milk:

Jika tertarik untuk mengurangi asupan lemak, pilih toned milk, yang memiliki sekitar 1% kadar lemak total dan paling sebanding dengan susu rendah lemak.

Apakah toned milk merupakan pilihan sehat?

Toned susu: nutrisi dan manfaatnya

Toned milk adalah sumber protein, vitamin, dan mineral. Pada jumlah sedang, ini adalah pilihan yang sangat sehat bagi kebanyakan orang.

Faktanya, mengonsumsi produk susu secara rutin seperti toned milk sering dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kepadatan mineral tulang dan pengurangan risiko kondisi kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Meskipun sebagian besar penelitian menunjukkan manfaat, bukti terbatas menunjukkan bahwa asupan susu yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu, termasuk jerawat dan kanker prostat, pada beberapa orang.

Selain itu, jika tidak toleran terhadap laktosa atau memiliki alergi protein susu, kita perlu menghindari toned milk.

Jika sedang menerapkan diet toned milk, aturan praktis yang baik adalah berlatih secukupnya dan pastikan untuk mempertahankan diet seimbang yang menekankan berbagai makanan sehat dan utuh.

Kesimpulan tone milk

Toned susu: nutrisi dan manfaatnya

Toned milk dibuat dengan mengencerkan susu kerbau yang tinggi lemak dengan susu skim dan air untuk mengurangi kandungan lemaknya. Proses ini mempertahankan nutrisi seperti kalsium, kalium, vitamin B, dan protein, membuat produk ini bernutrisi mirip dengan susu sapi.

Pada jumlah yang ideal, susu kencang dapat menawarkan manfaat yang sama dengan produk susu lainnya. Jika alergi atau tidak toleran terhadap susu, hindari toned milk. Kalau tidak, itu bisa menjadi tambahan yang sehat untuk diet seimbang.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Toned susu: nutrisis dan manfaatnya” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

DANAMON RUN 2019 Kembali Digelar

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank Danamon” atau “Bank”) akan menggelar kembali ajang lari Danamon Run, lomba lari dengan konsep unik dan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *