Bahaya diet keto bagi penderita diabetes tipe 1

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Diet ketogenik, atau keto, adalah diet yang sangat rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang telah terbukti menawarkan beberapa manfaat kesehatan.

Pada beberapa tahun terakhir, minat untuk menggunakan diet keto sebagai alat untuk membantu mengelola penyakit, seperti epilepsi, kanker, dan diabetes.

Diabetes mellitus tipe 1 adalah kondisi kronis di mana pankreas memproduksi sedikit atau tidak ada insulin.

Bagi diabetes tipe 2 yang mempengaruhi cara tubuh memproses gula darah dan biasanya dikaitkan dengan resistensi insulin, diet keto tidak membingungkan.

Meskipun diet keto telah terbukti meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi kebutuhan insulin, beberapa komplikasi mungkin timbul bagi mereka yang menderita diabetes tipe 1.

Ketoasidosis diabetik vs. ketosis gizi

Bahaya diet keto bagi penderita diabetes tipe 1

Kesalahpahaman seputar diet keto yang umum adalah konsep diabetic ketoacidosis (DKA) versus ketosis gizi (ketosis).

Mengetahui perbedaan antara keduanya menjadi lebih penting jika kita menderita diabetes tipe 1.

Pada diet keto, secara signifikan kita akan mengurangi asupan karbohidrat hingga kurang dari 50 gram per hari dan malah menambah asupan lemak. Kondisi ini mendorong tubuh untuk menghasilkan keton dari lemak di hati dan menggunakan lemak sebagai sumber bahan bakar utama dibandingkan dengan karbohidrat.

Pergeseran metabolisme ini menghasilkan ketosis gizi, yang berarti tubuh menggunakan keton dalam darah untuk energi.

Di sisi lain, ketoasidosis diabetikum adalah keadaan darurat medis yang terjadi terutama pada orang dengan diabetes tipe 1, jika tidak mengambil insulin sebagai sumber tenaga. Tanpa insulin untuk mengangkut gula darah ke sel-sel tubuh, kadar gula dan keton darah naik dengan cepat, mengganggu keseimbangan asam-basa darah.

Dengan demikian, perbedaan utama antara ketosis gizi dan ketoasidosis diabetik adalah sebagai berikut:

  • Dalam ketosis, hanya kadar keton yang meningkat, yang memungkinkan tubuh menggunakan sebagian besar lemak untuk energi.
  • Pada ketoasidosis diabetikum, kadar gula darah dan keton sangat tinggi, menghasilkan kondisi kesehatan yang kritis.
  • Jika menderita diabetes tipe 1 dan sedang berpikir untuk mencoba diet ketogenik, sangat penting untuk bekerja dengan profesional kesehatan, seperti ahli diet terdaftar dan dokter, untuk menghindari komplikasi serius.

Dapat menurunkan terlalu banyak gula darah

Bahaya diet keto bagi penderita diabetes tipe 1

Diet keto telah terbukti secara signifikan menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 1 dan 2.

Satu studi 2,5 tahun pada 11 orang dewasa dengan diabetes tipe 1 menemukan bahwa diet keto secara signifikan meningkatkan level A1C, penanda kontrol gula darah jangka panjang.

Namun, beberapa peserta mengalami episode kadar gula darah yang turun terlalu rendah. Ini dapat terjadi jika kadar gula darah turun di bawah 70 mg / dl (3,9 mmol / L) dan kemungkinan disebabkan oleh dosis insulin yang tidak tepat.

Diet keto meningkatkan risiko kadar gula darah terlalu rendah yang dapat menyebabkan komplikasi yang berpotensi serius, seperti kebingungan, pusing, bicara cadel, dan kehilangan kesadaran.

Menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan

Bahaya diet keto bagi penderita diabetes tipe 1

Bukti kuat menunjukkan bahwa diet keto dapat mendorong penurunan berat badan. Sejumlah faktor diyakini bertanggung jawab, termasuk:

  • Mengurangi nafsu makan. Diet keto mengakibatkan perasaan kenyang, alasannya perubahan hormon kelaparan, membuat Anda cenderung makan berlebihan.
  • Penghapusan makanan. Makanan tinggi karbohidrat dihilangkan, mengurangi asupan kalori.
  • Asupan protein lebih tinggi. Diet keto cenderung lebih tinggi protein daripada diet standar, yang menyebabkan peningkatan rasa kenyang saat makan.
  • Sementara beberapa orang dengan diabetes tipe 1 mungkin tertarik untuk menurunkan berat badan, ini bukan tujuan, atau bahkan aman, untuk semua orang.

Penting untuk mempertimbangkan kemungkinan efek samping ini sebelum memulai diet keto bagi penderita diabetes tipe 1.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Bahaya diet keto bagi penderita diabetes tipe 1” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Puma Hoops Hadir di Tanah Air

PUMA secara resmi meluncurkan koleksi basket untuk pasar Indonesia, PUMA Hoops. Rangkaian koleksi PUMA Hoops yang sudah hadir yakni PUMA Clyde Court,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *