Benarkah sirup apetamin dapat menambah berat badan?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Bagi sebagian orang, menambah berat badan itu sulit. Meskipun berusaha makan lebih banyak kalori, kurangnya nafsu makan mencegah mereka untuk mencapai berat badan sesuai harapan.

Beberapa beralih ke suplemen penambah berat badan, seperti Apetamin. Ini adalah sirup vitamin yang semakin populer yang diklaim dapat membantu Anda menambah berat badan dengan meningkatkan nafsu makan.

Namun, itu tidak tersedia di toko kesehatan atau di situs web terkemuka sehingga sulit untuk membelinya. Ini mungkin membuat kita bertanya-tanya apakah aman dan legal mengonsumsi sirup apetamin.

Apa itu Apetamin?

Benarkah sirup apetamin dapat menambah berat badan?

Apetamin adalah sirup vitamin yang dipasarkan sebagai suplemen penambah berat badan. Ini dikembangkan oleh TIL Healthcare PVT, sebuah perusahaan farmasi yang berbasis di India.

Menurut label pembuatan, 1 sendok teh (5 ml) sirup Apetamin mengandung:

  • Cyproheptadine hydrochloride: 2 mg
  • L-lisin hidroklorida: 150 mg
  • Pyridoxine (vitamin B6) hidroklorida: 1 mg
  • Tiamin (vitamin B1) hidroklorida: 2 mg
  • Nikotinamid (vitamin B3): 15 mg
  • Dexpanthenol (bentuk alternatif vitamin B5): 4,5 mg

Kombinasi lisin, vitamin, dan siproheptadin diklaim dapat membantu menambahan berat badan, meskipun hanya berpotensi meningkatkan nafsu makan sebagai efek samping.

Namun, siproheptadin hidroklorida terutama digunakan sebagai antihistamin, sejenis obat yang meredakan gejala alergi seperti pilek, gatal, gatal-gatal, dan mata berair dengan menghalangi histamin, zat yang dibuat tubuh ketika memiliki reaksi alergi.

Apetamin tersedia dalam bentuk sirup dan tablet. Sirup umumnya mengandung vitamin dan lisin, sedangkan tablet hanya menyertakan hidroklorida cyproheptadine.

Sayangnya, suplemen ini tidak disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) karena masalah keamanan dan efektivitas, dan ilegal untuk menjualnya di Amerika Serikat. Meskipun demikian, beberapa situs web kecil terus menjual Apetamin secara ilegal.

Manfaat sirup apetamin

Benarkah sirup apetamin dapat menambah berat badan?

Apetamin dapat meningkatkan berat badan karena mengandung cyproheptadine hidroklorida, antihistamin kuat yang efek sampingnya termasuk peningkatan nafsu makan.

Namun, masih banyak penelitian yang diperlukan untuk memahami bagaimana cyproheptadine hidroklorida dapat meningkatkan nafsu makan dan menyebabkan peningkatan berat badan.

Selain itu, sirup Apetamin mengandung asam amino l-lisin, yang telah dikaitkan dengan peningkatan nafsu makan pada penelitian pada hewan. Namun demikian, diperlukan penelitian pada manusia.

Apakah efektif untuk penambahan berat badan?

Benarkah sirup apetamin dapat menambah berat badan?

Meskipun penelitian tentang Apetamin dan penambahan berat badan masih kurang, beberapa penelitian menemukan bahwa cyproheptadine hidroklorida, bahan utamanya, dapat membantu penambahan berat badan pada orang yang kehilangan nafsu makan dan berisiko kekurangan gizi.

Selain itu, sebuah studi 12 minggu pada 16 anak-anak dan remaja dengan cystic fibrosis (kelainan genetik yang mungkin menyebabkan hilangnya nafsu makan) mencatat bahwa mengonsumsi cyproheptadine hidroklorida setiap hari meningkatkan berat badan secara signifikan.

Sebuah tinjauan terhadap 46 studi pada orang dengan berbagai kondisi mengamati bahwa zat tersebut dapat ditoleransi dengan baik dan membantu individu dengan berat badan kurang. Namun, itu tidak membantu orang dengan penyakit progresif, seperti HIV dan kanker.

Sementara cyproheptadine mungkin bermanfaat bagi mereka yang berisiko kekurangan gizi, itu dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan pada orang yang kelebihan berat badan atau mereka yang memiliki berat badan yang sehat.

Sebagai contoh, sebuah penelitian pada 499 orang dari Republik Demokratik Kongo mengungkapkan bahwa 73% partisipan menyalahgunakan cyproheptadine dan berdampak negatif bagi penggunanya, yaitu berisiko obesitas.

Singkatnya, sementara cyproheptadine hydrochloride dapat membantu orang yang kekurangan berat badan, hal itu dapat membuat rata-rata orang berisiko mengalami obesitas, yang merupakan masalah signifikan di seluruh dunia.

Efek samping sirup apetamin

Benarkah sirup apetamin dapat menambah berat badan?

Kekhawatiran utama apetamin adalah sirup ini mengandung cyproheptadine hidroklorida, obat yang hanya diresepkan yang telah dikaitkan dengan berbagai efek samping, termasuk:

  • kantuk
  • pusing
  • tremor
  • sifat lekas marah
  • penglihatan kabur
  • mual dan diare
  • toksisitas dan kegagalan hati

Mengingat status ilegal di Amerika Serikat dan negara-negara lain, serta efek sampingnya, Anda harus menghindari mencoba suplemen ini.

Alih-alih, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan untuk menentukan pilihan perawatan yang paling aman dan efektif jika kesulitan menambah berat badan atau kondisi medis yang mengurangi nafsu makan.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Benarkah sirup apetamin dapat menambah berat badan?” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Puma Hoops Hadir di Tanah Air

PUMA secara resmi meluncurkan koleksi basket untuk pasar Indonesia, PUMA Hoops. Rangkaian koleksi PUMA Hoops yang sudah hadir yakni PUMA Clyde Court,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *