Mitos ata fakta: apakah manfaat wortel mentah itu nyata?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Wortel adalah sayuran akar renyah dan bergizi tinggi. Mereka umumnya diklaim menjaga mata sehat dan meningkatkan penglihatan malam. Namun, muncul pertanyaan tentang asal usul gagasan ini dan apakah itu didukung oleh sains.

Wortel dan kesehatan mata

Mitos ata fakta: apakah manfaat wortel mentah itu nyata?

Konsumsi wortel akan meningkatkan kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan, terutama di malam hari. Meskipun ada kebenaran dalam hal ini, hubungan antara wortel dan penglihatan berasal dari sebuah mitos.

Selama Perang Dunia II, pilot Angkatan Udara Britania Raya pertama kali mulai menggunakan radar untuk menargetkan dan menembak jatuh pesawat musuh. Dalam upaya menjaga rahasia teknologi baru ini, akurasi visual pilot – terutama di malam hari – dikaitkan dengan makan wortel.

Hal ini menyebabkan kampanye propaganda lama yang mempromosikan wortel untuk penglihatan yang lebih baik. Mitos antara makan wortel dan penglihatan malam yang lebih baik ini masih ada sampai sekarang.

Namun, meskipun tidak cukup ajaib bagi mata yang dikabarkan selama Perang Dunia II, wortel memang mengandung senyawa tertentu yang baik untuk mata.

Tinggi antioksidan dan bermanfaat bagi kesehatan mata

Mitos ata fakta: apakah manfaat wortel mentah itu nyata?

Wortel adalah sumber kaya beta karoten dan lutein, yang merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas adalah senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan sel, penuaan, dan penyakit kronis, termasuk penyakit mata, ketika jumlahnya menjadi terlalu tinggi.

Beta karoten memberi banyak warna pada tanaman merah, oranye, dan kuning. Wortel oranye terutama mengandung beta karoten yang tinggi, yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan malam hari, yang seringkali dapat dibalikkan dengan pemberian suplemen.

Vitamin A diperlukan untuk membentuk rhodopsin, yang merupakan pigmen kemerahan-ungu, peka cahaya pada sel-sel mata yang membantu penglihatan di malam hari.

Tubuh menyerap dan memanfaatkan beta karoten lebih efisien saat makan wortel yang dimasak daripada yang mentah. Selain itu, vitamin A dan prekursornya larut dalam lemak, jadi makan wortel dengan sumber lemak meningkatkan penyerapan.

Wortel kuning mengandung paling banyak lutein, yang dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia (AMD), suatu kondisi di mana penglihatan secara bertahap kabur atau hilang. Makanan yang kaya lutein mungkin sangat protektif terhadap AMD.

Manfaat wortel lainnya. Selain untuk kesehatan mata

Mitos ata fakta: apakah manfaat wortel mentah itu nyata?

Wortel mendukung mata yang sehat, tetapi ada banyak alasan lain untuk memakannya. Sebagian besar penelitian berfokus pada kandungan karotenoidnya, termasuk lutein, likopen, dan beta karoten.

Manfaat kesehatan lain dari wortel meliputi:

  • Mendukung kesehatan pencernaan. Wortel kaya serat, yang membantu mencegah sembelit. Satu wortel mengandung sekitar 2 gram serat, atau 8% dari nilai harian (DV). Makan wortel juga dapat meningkatkan bakteri usus.
  • Dapat mengurangi risiko kanker. Makanan kaya serat seperti wortel dapat membantu melindungi dari kanker usus besar dengan mempromosikan keteraturan pencernaan. Plus, antioksidan tertentu dalam wortel telah terbukti memiliki efek antikanker.
  • Menstabilkan gula darah. Wortel memiliki indeks glikemik rendah (GI), yang berarti bahwa wortel tidak menyebabkan lonjakan besar gula darah ketika kita memakannya. Kandungan seratnya juga membantu menstabilkan kadar gula darah.
  • Bagus untuk hatimu. Wortel merah dan oranye kaya akan likopen, antioksidan yang melindungi jantung. Wortel juga dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol.
  • Lindungi kulit. Meskipun tidak seefektif tabir surya, antioksidan beta karoten dan likopen dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.
  • Dapat mendukung penurunan berat badan. Wortel rendah kalori dan tinggi serat. Mengonsumsi mereka meningkatkan perasaan kenyang, yang dapat mencegah makan berlebihan dan membantu penurunan berat badan.

Gagasan bahwa wortel dapat menyehatkan mata berasal dari mitos – tetapi itu tidak berarti itu tidak benar. Wortel sangat tinggi antioksidan lutein dan beta karoten, yang telah terbukti melindungi mata.

Wortel juga dapat bermanfaat bagi pencernaan, jantung, kulit, dan kesehatan secara keseluruhan. Jika ingin menjaga kesehatan mata, kita perlu menerapkan kebiasaan sehat yang melindungi penglihatan seperti berolahraga, mengenakan kacamata hitam, membatasi waktu layar, makan makanan seimbang, dan tidak merokok.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Mitos ata fakta: apakah manfaat wortel mentah itu nyata?” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Puma Hoops Hadir di Tanah Air

PUMA secara resmi meluncurkan koleksi basket untuk pasar Indonesia, PUMA Hoops. Rangkaian koleksi PUMA Hoops yang sudah hadir yakni PUMA Clyde Court,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *