Berapa porsi karbohidrat ideal untuk penderita diabetes?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Mencari tahu berapa banyak karbohidrat yang harus dimakan ketika menderita diabetes tampaknya membingungkan.

Pedoman diet dari seluruh dunia secara tradisional merekomendasikan agar kita mengonsumsi sekitar 45-60% kalori harian dari karbohidrat jika menderita diabetes.

Namun, semakin banyak ahli percaya bahwa penderita diabetes harus makan karbohidrat jauh lebih sedikit. Bahkan, banyak yang merekomendasikan kurang dari setengah jumlah ini.

Berikut berapa banyak karbohidrat yang harus dimakan jika menderita diabetes.

Sangat rendah karbohidrat, diet ketogenik

Berapa porsi karbohidrat ideal untuk penderita diabetes?

Diet sangat rendah karbohidrat biasanya menginduksi ketosis ringan hingga sedang, suatu keadaan di mana tubuh menggunakan keton dan lemak, alih-alih gula, sebagai sumber energi utamanya.

Ketosis biasanya terjadi pada asupan harian kurang dari 50 atau 30 gram total atau karbohidrat yang dapat dicerna (total karbohidrat dikurangi serat). Ini sama dengan tidak lebih dari 10% kalori pada diet 2.000 kalori.

Diet ketogenik yang sangat rendah karbohidrat telah diresepkan untuk diabetis bahkan sebelum insulin ditemukan pada tahun 1921.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa membatasi asupan karbohidrat hingga 20-50 gram karbohidrat per hari dapat secara signifikan mengurangi kadar gula darah, meningkatkan penurunan berat badan, dan meningkatkan kesehatan jantung pada penderita diabetes.

Diet rendah karbohidrat

Berapa porsi karbohidrat ideal untuk penderita diabetes?

Banyak diet rendah karbohidrat membatasi karbohidrat hingga 50-100 gram, atau 10-20% kalori, per hari.

Meskipun ada sangat sedikit penelitian tentang pembatasan karbohidrat pada orang dengan diabetes tipe 1, mereka yang ada telah melaporkan hasil yang mengesankan.

Pada sebuah studi jangka panjang pada orang dengan diabetes tipe 1 yang membatasi karbohidrat hingga 70 gram per hari, para peserta melihat penurunan HbA1c dari rata-rata 7,7% menjadi 6,4%. Terlebih lagi, level HbA1c tetap sama 4 tahun kemudian.

Penurunan 1,3% dalam HbA1c adalah perubahan signifikan untuk bertahan selama beberapa tahun, terutama pada mereka yang menderita diabetes tipe 1.

Salah satu kekhawatiran terbesar bagi penderita diabetes tipe 1 adalah hipoglikemia, atau gula darah yang turun ke tingkat yang sangat berbahaya.

Pada studi 12 bulan, orang dewasa dengan diabetes tipe 1 yang membatasi asupan karbohidrat harian hingga kurang dari 90 gram memiliki 82% lebih sedikit episode gula darah rendah daripada sebelum mereka memulai diet.

Penderita diabetes tipe 2 juga dapat mengambil manfaat dari pembatasan asupan karbohidrat harian.

Pada sebuah penelitian kecil 5 minggu, pria dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi makanan tinggi protein, serat tinggi dengan 20% kalori dari karbohidratnya mengalami penurunan 29% gula darah puasa.

Diet karbohidrat sedang

Berapa porsi karbohidrat ideal untuk penderita diabetes?

Diet karbohidrat yang lebih moderat dapat menyediakan 100–150 gram karbohidrat yang dapat dicerna, atau 20–35% kalori, per hari.

Beberapa penelitian yang meneliti diet semacam ini telah melaporkan hasil yang baik pada diabetes.

Pada studi 12 bulan pada 259 orang dengan diabetes tipe 2, mereka yang mengikuti diet Mediterania yang menyediakan 35% atau lebih sedikit kalori dari karbohidrat mengalami penurunan yang signifikan dalam HbA1c – dari 8,3% menjadi 6,3% – rata-rata menemukan kisaran yang tepat.

Penelitian telah mengonfirmasi bahwa banyak level pembatasan karbohidrat secara efektif menurunkan kadar gula darah. Alasannya, karbohidrat meningkatkan gula darah, menguranginya sampai batas tertentu dapat membantu mengontrol kadar gula.

Misalnya, jika saat ini mengonsumsi sekitar 250 gram karbohidrat per hari, mengurangi asupan hingga 150 gram akan menghasilkan gula darah yang lebih rendah secara signifikan setelah makan.

Asupan karbohidrat sangat dibatasi 20-50 gram per hari tampaknya menghasilkan hasil yang paling dramatis, sejauh mampu mengurangi atau bahkan menghilangkan kebutuhan untuk insulin atau obat diabetes.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Berapa porsi karbohidrat ideal untuk penderita diabetes?” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Puma Hoops Hadir di Tanah Air

PUMA secara resmi meluncurkan koleksi basket untuk pasar Indonesia, PUMA Hoops. Rangkaian koleksi PUMA Hoops yang sudah hadir yakni PUMA Clyde Court,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *