Yogurt cegah penderita kanker usus besar

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Penelitian observasional baru menunjukkan hubungan antara risiko yang lebih rendah dari pertumbuhan prakanker (adenoma) dalam pola konsumsi usus dan yogurt. National Cancer Institute (NCI) memperkirakan bahwa akan ada 145.600 kasus baru kanker kolorektal di Amerika Serikat pada tahun 2019.

NCI juga mencatat bahwa sekitar 4,2% orang dewasa akan menerima diagnosis kanker kolorektal. Meskipun banyak faktor yang dapat berkontribusi pada risiko seseorang terkena kanker kolorektal, salah satu yang paling menonjol adalah pola makan yang buruk.

Latar belakang cegah kanker usus besar

Yogurt cegah penderita kanker usus besar

Supaya terhindar dari resiko kanker, kita perlu mengikuti diet yang sehat. Masih belum jelas faktor makanan mana yang paling membantu dalam melindungi orang dari kanker kolorektal. Untuk alasan ini, penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara makanan yang berbeda dan risiko tumor atau pertumbuhan prakanker.

Selanjutnya, ada yang disebut “adenoma,” adalah pertumbuhan yang biasanya jinak; namun, beberapa di antaranya berpotensi berkembang menjadi tumor berbahaya.

Peneliti dari Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan di Boston, MA, dan banyak lembaga yang bekerja sama sekarang telah menemukan hubungan antara penurunan risiko adenoma pada pria dan konsumsi yogurt yang tinggi. Hasil ini muncul dalam jurnal BMJ Gut.

19% risiko lebih rendah untuk pria yang makan yogurt

Yogurt cegah penderita kanker usus besar

Beberapa peneliti menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk mengidentifikasi faktor-faktor baru yang dapat dimodifikasi untuk adenoma kolorektal.

Hasilnya, studi melaporkan bahwa asupan yogurt yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko kanker kolorektal oleh mikrobioma usus.

Meski demikian, belum ada penelitian yang mengevaluasi hubungan antara asupan yogurt dan prekursor (kanker kolorektal).

Untuk menyelidiki hubungan antara konsumsi yogurt dan risiko mengembangkan pertumbuhan usus prakanker, Xiaobin Zheng dan rekan menganalisis informasi tentang diet dan pembentukan adenoma dalam kasus 32.606 pria dan 55.743 wanita.

Sepanjang periode penelitian, para peneliti mendokumentasikan perkembangan 5.811 adenoma di antara pria dan 8.116 adenoma di antara wanita.

Hasilnya, pria yang mengonsumsi dua atau lebih porsi yogurt per minggu memiliki kemungkinan 19% lebih kecil untuk mengalami pertumbuhan prakanker di usus (adenoma konvensional) dibandingkan pria yang tidak mengonsumsi yogurt sama sekali.

Selain itu, pria yang makan dua atau lebih porsi yogurt per minggu 26% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami pertumbuhan abnormal dengan kemungkinan tinggi berkembang menjadi tumor ganas di usus besar (bukan rektum).

Di sisi lain, penelitian tersebut tim tidak menemukan hubungan antara konsumsi yogurt dan risiko adenoma pada wanita.

Yogurt memiliki efek anti-inflamasi

Yogurt cegah penderita kanker usus besar

Mengapa konsumsi yogurt dapat membantu mencegah pembentukan pertumbuhan abnormal di usus? Para peneliti memiliki beberapa teori.

Produk dari dua probiotik umum pada yogurt, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus, dapat mengurangi kadar karsinogen seperti nitroreduktase, enzim bakteri yang diaktifkan tinja, dan asam empedu tinja yang larut.

Hubungan yang lebih kuat antara asupan yogurt dan usus besar versus adenoma dubur disebabkan oleh pH yang lebih rendah di usus besar, yang lebih ramah untuk probiotik.

Penelitian juga menemukan bahwa ada hubung antara konsumsi yogurt dengan tingkat peradangan yang lebih rendah: Yogurt juga dapat mengurangi risiko adenoma dengan memberi efek anti-inflamasi pada mukosa usus besar dan memperbaiki disfungsi penghalang usus.

Di masa depan, akan ada penelitian lanjutkan mengenai mekanisme antara konsumsi yogurt dan risiko kanker. Harapannya, di masa depan akan ditemukan bahan makanan yang memiliki dampak positif bagi para penderita kanker.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Makanan cegah penderita kanker usus besar” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Puma Hoops Hadir di Tanah Air

PUMA secara resmi meluncurkan koleksi basket untuk pasar Indonesia, PUMA Hoops. Rangkaian koleksi PUMA Hoops yang sudah hadir yakni PUMA Clyde Court,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *