Makanan yang menghasilkan tenaga

By:
Posted: June 26, 2019

Setelah makan, tubuh akan mencapai "gigi" tinggi - ini dimulai dengan proses pencernaan: aliran darah ke perut dan usus meningkat. Ketika ini terjadi, tubuh mengurangi suplai oksigen ke otak. Pasokan oksigen yang berkurang ini memanifestasikan dirinya dalam bentuk kelelahan.



Kenapa mengantuk setelah makan?


Makanan yang menghasilkan tenaga

Selain itu, apa yang kita makan memengaruhi perasaan. Apabila kita makan makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana (mis. Pasta tepung putih, roti putih), tubuh akan melepaskan lebih banyak insulin.


Insulin adalah hormon peptida yang menurunkan kadar gula darah. Jika tubuh mengeluarkan banyak insulin, maka gula darah hancur. Kita akan merasa lelah, energi rendah, dan tidak dapat berkonsentrasi penuh.


Apa yang kita inginkan? Lebih banyak gula! Jika ingin lebih aktif dan produktif sepanjang hari, kita perlu mengurangi asupan gula.



Sarapan adalah kunci utama


Makanan yang menghasilkan tenaga

Sarapan di pagi hari menjauhkan musik blues dan mencegah rasa lapar sepanjang hari (yang juga bisa membuat lelah).


Jika sarapan, kita tidak akan makan besar saat makan siang. Pada akhirnya, tubuh tidak akan lelah setelah makan.



Perhatikan hidrasi tubuh


Makanan yang menghasilkan tenaga

Apakah kita sering makan siang yang berlebihan? Terlalu sering lapar? Hati-hati: banyak orang salah mengira perasaan lapar karena haus.


Pastikan untuk minum air putih yang cukup.Kita perlu menghitung berapa banyak air yang harus minum per hari di sini. Contohnya, bila memiliki berat 60Kg, maka kita perlu minum sebanyak 2100 ml/hari. Apabila kita melakukan olahraga selam 1 jam, maka kita tambahkan konusmsi air menjadi 2850ml/hari atau naik 750 ml/hari.



Pertegas dengan latihan harian untuk menggerakkan otot


Makanan yang menghasilkan tenaga

Berjalan-jalan singkat di luar dapat memberikan keajaiban setelah makan siang. Udara segar dan olahraga memasok otak dengan banyak oksigen.


Jika tidak bisa keluar, buka jendela (kantor) dan tarik napas panjang. Atau lakukan 20 squat. Latihan sederhana ini tidak akan butuh waktu lama dan mereka akan memompa darah ke seluruh tubuh.



Kurangi konsumsi kopi


Makanan yang menghasilkan tenaga

Jika berpikir harus minum lima cangkir kopi untuk akhirnya bangun, ingat pepatah Jerman ini: "Viel hilft nicht immer viel" (banyak yang tidak selalu banyak membantu).


Satu minuman berkafein tidak apa-apa karena merangsang pelepasan adrenalin. Tetapi lebih dari satu memiliki efek sebaliknya. Pada akhirnya, kita akan sering merasa lelah. Apabila butuh dorongan energi, jangan menunggu terlalu lama setelah makan siang untuk minum kopi. Kalau tidak, kita akan kesulitan tidur di malam hari.



Biasakan tidur sejenak pada waktu jam makan siang


Makanan yang menghasilkan tenaga

Tentu saja, tidak semua orang memiliki kemewahan tidur siang singkat. Tetapi, banyak perusahaan saat ini memiliki kamar yang tenang di mana karyawan mereka dapat beristirahat selama 10-20 menit.


Ini adalah jangka waktu maksimum tidur agar bangun dengan segar. Jika tidur lebih lama, maka kita akan merasa lebih lelah daripada sebelumnya.



Makan siang yang ideal


Makanan yang menghasilkan tenaga

Hanya karena lelah setelah makan bukan berarti harus berhenti makan siang. Cobalah makan porsi kecil dari makanan yang tepat.


Apakah mencari makan siang lezat yang tidak akan berhenti di perut sepanjang sore? Hindari makanan dengan karbohidrat tinggi dan beberapa makanan yang membuat tubuh lelah.


Banyak makanan mengandung triptofan asam amino pemicu tidur. Hindari beberapa makanan berikut agar tubuh tidak merasa lelah:




  • Susu

  • Daging: babi, ayam, daging sapi

  • Ikan: tuna, mackerel, salmon, halibut, trout

  • Keju: Parmesan, Emmental, Edam, Brie, Camembert

  • Produk sereal: gandum, produk dengan tepung yang dieja / millet / (buck) gandum

  • Kacang: hazelnut, kacang mete, kacang kenari


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "Makanan yang menghasilkan tenaga" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts