penyebab gejala tekanan darah tinggi

By:
Posted: June 24, 2019

Tekanan darah adalah jumlah kekuatan yang diberikan darah pada dinding arteri saat mengalir. Ketika tekanan ini mencapai tingkat tinggi, itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.


Di Amerika Serikat, sekitar satu dari setiap tiga orang dewasa memiliki tekanan darah tinggi, yang setara dengan sekitar 75 juta orang, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).


Tanpa perawatan, tekanan darah tinggi, atau hipertensi, dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius, termasuk gagal jantung, kehilangan penglihatan, stroke, dan penyakit ginjal.



Penyebab gejala tekanan darah tinggi


penyebab gejala tekanan darah tinggi

Jantung adalah otot yang memompa darah ke seluruh tubuh. Organ ini bertugas memompa darah dengan kadar oksigen rendah ke paru-paru, yang mengisi kembali pasokan oksigen.


Jantung kemudian memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh untuk memasok otot dan sel. Tindakan memompa ini menciptakan tekanan.


Jika seseorang memiliki tekanan darah tinggi, itu berarti dinding arteri terus-menerus berada di bawah terlalu banyak kekuatan.


Dimungkinkan untuk membagi penyebab tekanan darah tinggi menjadi dua kategori:


Tekanan darah tinggi esensial: Tekanan darah tinggi jenis ini tidak memiliki penyebab yang pasti.
Tekanan darah tinggi sekunder: Masalah kesehatan lain yang menyebabkan peningkatan tekanan darah.



Penyebab utama gejala tekanan darah tinggi


penyebab gejala tekanan darah tinggi

Meskipun tekanan darah tinggi esensial tidak memiliki penyebab yang dapat diidentifikasi, bukti kuat menghubungkan faktor-faktor spesifik dengan risiko pengembangan kondisi ini, misalnya:


Umur: Risiko tekanan darah tinggi meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang karena pembuluh darah menjadi kurang fleksibel.


Riwayat keluarga: Orang-orang yang memiliki anggota keluarga dekat dengan hipertensi memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkannya sendiri.


Latar belakang etnis: orang Afrika-Amerika memiliki risiko lebih tinggi terkena hipertensi daripada orang lain. Hipertensi juga muncul lebih parah pada orang Afrika-Amerika dan kurang responsif terhadap obat tertentu.


Obesitas dan kelebihan berat badan: Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih cenderung mengalami tekanan darah tinggi.


Beberapa aspek seks: T tekanan darah tinggi lebih sering terjadi pada pria dewasa daripada wanita dewasa. Namun, setelah usia 55 tahun, risiko relatif seorang wanita terhadap hipertensi meningkat.


Ketidakaktifan fisik: Kurang olahraga dan memiliki gaya hidup yang tidak aktif meningkatkan risiko hipertensi.


Merokok: Asupan tembakau menyebabkan pembuluh darah menyempit, menghasilkan tekanan darah yang lebih tinggi.


Asupan alkohol: Minum alkohol dalam jumlah berlebihan dapat secara dramatis meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko gagal jantung, stroke, dan detak jantung yang tidak teratur.


Pola makan yang buruk: Banyak profesional kesehatan mengatakan bahwa diet tinggi lemak dan garam menyebabkan risiko tinggi hipertensi. Sumber lemak tumbuhan, seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan minyak omega, menyehatkan. Lemak jenuh dan lemak trans, yang umum dalam makanan bersumber dari hewan dan olahan, buruk bagi kesehatan.


Kolesterol tinggi: Lebih dari 50 persen dari semua orang dengan tekanan darah tinggi memiliki kolesterol tinggi.


Stres mental: Stres dapat berdampak parah pada tekanan darah, terutama ketika sudah kronis.


Diabetes: Orang dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena hipertensi. Orang dengan diabetes tipe 2 berisiko hipertensi akibat gula darah tinggi, serta faktor-faktor lain, seperti obat-obatan tertentu, penyakit jantung yang mendasarinya, dan kelebihan berat badan atau obesitas.


Kehamilan: Wanita hamil memiliki risiko lebih tinggi terkena hipertensi daripada wanita pada usia yang sama yang tidak hamil.


Sleep apnea: Gangguan tidur ini, yang menyebabkan orang berhenti bernapas saat tidur, mungkin juga menyebabkan hipertensi.


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "gejala tekanan darah tinggi" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts