makanan kaya anti inflamasi

By:
Posted: June 22, 2019

Meskipun memiliki sedikit kesamaan, penyakit Crohn, rheumatoid arthritis, gastritis, depresi, kanker, dan asma semuanya memiliki satu sifat yang sama: disebabkan oleh peradangan.



Dari mana datangnya peradangan?


makanan kaya anti inflamasi

Sistem kekebalan diaktifkan ketika tubuh mendeteksi zat asing, seperti bakteri, virus, serbuk sari, atau bahan kimia, tetapi juga makanan tertentu seperti roti putih, makanan yang digoreng, minuman manis, dan daging merah. Ini sering memicu proses yang disebut peradangan.


Peradangan sementara diarahkan untuk melindungi kesehatan kita. Namun, terkadang peradangan berlanjut dan menjadi kondisi kronis. Peradangan kronis dikaitkan dengan penyakit seperti diabetes, radang sendi, depresi, kanker, penyakit jantung, atau Alzheimer.


Radikal bebas - molekul oksigen yang sangat reaktif yang merusak molekul biologis seperti protein, lipid, atau DNA sehingga terciptalah peradangan. Radikal bebas dapat dinetralkan oleh zat-zat dalam makanan kita yang disebut antioksidan.


Gaya hidup, stres, dan faktor lingkungan yang menetap dapat berkontribusi pada peradangan - tetapi pola makan yang buruk juga merupakan faktor utama. Untungnya, beberapa makanan tertentu adalah anti-radang alami, misalnya:



Sayuran hijau


makanan kaya anti inflamasi

Sayuran hijau mengandung antioksidan yang memiliki efek positif pada kesehatan. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung berbagai vitamin, dan flavonoid anti-inflamasi yang kuat.


Kita dapat mengonsumsi beberapa makanan hijau, seperti bayam, kangkung, chard Swiss, arugula, sawi, dan sawi (juga dikenal sebagai sawi coklat, sawi Cina, sawi India, atau sawi daun).



Bluberri


makanan kaya anti inflamasi

Quercetin (= pigmen tanaman) dianggap sebagai antioksidan kuat yang membantu melawan peradangan, dan ini terkandung dalam blueberry.


Satu studi menemukan bahwa buah bluberri kecil mengalahkan blackberry dan stroberi karena memiliki antioksidan paling banyak. Setiap kali mengonsumsinya, kita bluberri memberi perlindungan anti-inflamasi kepada kita.



Nanas


makanan kaya anti inflamasi

Nanas adalah anti-inflamasi alami karena mengandung bromelain, enzim pencernaan yang membantu mengatur respon kekebalan tubuh
Bromelain berkontribusi terhadap kesehatan jantung karena mengandung mineral dan vitamin (mis. Vitamin C), kalium, dan unsur mangan (yang terlibat dalam mengaktifkan enzim penghancur radikal bebas).



Biji chia dan Flaxsed


makanan kaya anti inflamasi

Tidak hanya sarat dengan vitamin dan mineral, tetapi keduanya juga merupakan sumber asam lemak esensial yang sehat (seperti omega-3) - sumber alternatif yang bermanfaat jika tidak makan daging.


Biji chia membantu melawan peradangan, mengatur kadar kolesterol, dan menurunkan tekanan darah, membuatnya sangat baik untuk jantung. Di dalamnya juga terkandung tinggi asam linoleat, asam lemak yang membantu tubuh untuk menyerap vitamin A, D, E, dan K. yang larut dalam lemak secara lebih baik.



Kunyit


makanan kaya anti inflamasi

Kunyit bukan makanan yang tepat, tetapi itu bisa menjadi bumbu baru. Alasannya, Curcumin, pigmen kuning-oranye dalam kunyit, dikatakan sebagai agen anti-inflamasi yang kuat.


Banyak penelitian saat ini sedang menguji efek curcumin pada berbagai jenis kanker, diabetes, perubahan sendi (osteoarthritis), dan kerusakan retina.



Jahe


makanan kaya anti inflamasi

Jahe sering dipakai sebagai bahan pengobatan. Jahe juga merupakan rempah-rempah dengan manfaat kesehatan yang signifikan.


Sifat anti-inflamasi yang besar dari jahe membantu mengurangi nyeri sendi yang disebabkan oleh kondisi peradangan kronis, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Efek anti-inflamasinya sering digunakan oleh atlet setelah latihan untuk mencegah peradangan.



Teh hijau


makanan kaya anti inflamasi

Minum segelas kecil teh hijau atau hitam akan memberikan efek anti-inflamasi, melalui antioksidan pada tubuh. Teh hijau dianggap sebagai pilihan terbaik.


Pada bulan Mei 2015, International Journal of Rheumatic Diseases melaporkan bahwa efek anti-inflamasi lebih superior teh hijau bila dibandingkan dengan teh hitam. Teh hijau membantu mengurangi rasa sakit radang sendi, serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "makanan kaya anti inflamasi" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts