Apa saja manfaat mct?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Jika sudah lama berada di lingkungan kesehatan, kita mungkin pernah mendengar tentang minyak MC. Namun, ada banyak orang yang belum sepenuhnya memahami manfaat minyak MCT dan apakah sudah terbukti manyehatkan tubuh.

Apa itu minyak MCT?

Apa saja manfaat mct?

Minyak MCT hanyalah trigliserida rantai menengah (MCT) terkonsentrasi.

MCT mengandung antara 6 dan 12 atom karbon. Keempat varietas, dari yang paling sedikit karbon sampai yang paling banyak, adalah asam kaproat (C6: 0), kaprilat (C8: 0), kapri (C10: 0), dan asam laurat (C12: 0).

Dibandingkan dengan lemak lain, struktur kimia yang unik ini memungkinkan tubuh lebih mudah memecah dan mencerna MCT sebelum mengirimnya ke hati dan dikonversi menjadi energi.

MCT dapat ditemukan dalam produk dan minyak lemak susu seperti minyak kelapa dan minyak inti sawit. Sebagian besar varietas MCT hanya muncul dalam jumlah kecil, kecuali untuk asam laurat.

Jika ingin mendapat untung dari kemungkinan manfaat MCT, pilih minyak MCT berkualitas tinggi yang mengandung senyawa yang lebih lengkap dari empat jenis MCT.

Manfaat minyak MCT

Apa saja manfaat mct?

Mendorong berat badan yang sehat
Minyak MCT berdampak pada pengurangan lemak tubuh. Ketika dimasukkan sebagai bagian dari diet yang sehat dan seimbang, maka dapat menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa MCT dapat membantu mencegah kenaikan berat badan jangka panjang karena dampak positifnya pada metabolisme.

Merawat kesehatan jantung
Pada studi yang sama menunjukkan bahwa MCT dapat bertindak sebagai termogenik (pembakar lemak).

Para peneliti menemukan bahwa minyak MCTa dapat membantu mencegah perkembangan sindrom metabolik, nama yang diberikan kepada sekelompok gangguan yang sangat meningkatkan risiko penyakit jantung. Efek ini mungkin sebagian disebabkan oleh sifat anti-inflamasi minyak MCT.

Merawat fungsi usus
Lemak sehat, seperti minyak MCT, dapat mendukung mikrobioma usus dan mendorong sistem pencernaan untuk menyerap vitamin dan mineral dengan baik dari makanan.

Setidaknya satu penelitian pada hewan telah menemukan bahwa MCT dapat membantu meningkatkan kesehatan usus bakteri, kinerja, pertumbuhan, dan pencernaan nutrisi. Namun, belum ada penelitian pada manusia yang mengkonfirmasi hal ini.

Meningkatkan kinerja fungsi otak
Ada penelitian pendahuluan tentang manfaat lemak sehat, khususnya MCT, pada penyakit Alzheimer.

Ada beberapa bukti bahwa MCT dalam minyak kelapa dapat membantu meningkatkan masalah memori, termasuk Alzheimer, pada orang dewasa yang lebih tua.

Antiviral. Anti bacterial. Antifungal
Pernah mendengar resistensi antibiotik? Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), “ini merupakan ancaman yang semakin serius terhadap kesehatan global yang memerlukan tindakan di semua sektor pemerintah dan masyarakat.”

Bakteri yang resistan terhadap obat yang dihasilkan dari penggunaan antibiotik yang berlebihan adalah salah satu alasan mengapa antibiotik alami, seperti MCT, sebagai bagian rutin dari makanan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biokimia menemukan bahwa trigliserida rantai menengah dengan 8-12 karbon menunjukkan lebih banyak kualitas antivirus dan antibakteri daripada monogliserida rantai panjang, dan mampu menonaktifkan empat jenis patogen yang berbeda.

Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menarik kesimpulan yang lebih kuat, dan antibiotik alami tidak boleh menjadi pilihan pertama dan satu-satunya tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Dapat dimasak dengan suhu tinggi
Saat memasak dengan alternatif selain minyak sayur biasa, minyak MCT adalah pilihan yang tepat.

Tidak seperti minyak zaitun extra virgin atau minyak biji rami, minyak ini bisa dimasak dengan panas tinggi dan tidak mudah berbau tengik.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Apa saja manfaat mct?” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *