Manfaat cuka anggur merah

By:
Posted: June 21, 2019

Cuka dibuat dengan memfermentasi sumber karbohidrat menjadi alkohol. Bakteri Acetobacter kemudian mengubah alkohol menjadi asam asetat, yang memberikan aroma kuat pada cuka.


Cuka anggur merah dibuat dengan cara memfermentasi anggur merah, lalu menyaring dan mengemasnya ke dalam botol.



Menurunkan kadar gula darah


Manfaat cuka anggur merah

Asam asetat dalam cuka anggur merah dan cuka lainnya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Cuka bekerja dengan memperlambat pencernaan karbohidrat dan meningkatkan penyerapan glukosa, sejenis gula, dan menghasilkan lebih sedikit glukosa dalam darah.


Satu studi pada orang dewasa dengan resistensi insulin menemukan bahwa minum 2 sendok makan (30 ml) cuka sebelum makanan kaya karbohidrat menurunkan gula darah sebesar 64% dan meningkatkan sensitivitas insulin hingga 34%, dibandingkan dengan kelompok plasebo.


Pada studi lain, mengambil 2 sendok makan (30 ml) cuka sari apel pada waktu tidur selama 2 hari mengurangi kadar gula darah puasa sebanyak 6% pada orang dengan diabetes tipe 2.


Satu studi mencatat bahwa mengganti mentimun dengan acar yang dibuat dengan cuka menurunkan GI makan lebih dari 30%. Studi lain menunjukkan bahwa menambahkan cuka atau makanan acar yang dibuat dengan cuka ke nasi menurunkan GI makan sebanyak 20-35%.



Lindungi kulit dari UV dan bersisik


Manfaat cuka anggur merah

Cuka anggur merah mengandung antioksidan yang dapat melawan infeksi bakteri dan kerusakan kulit. Salah satunya oleh anthocyanin - pigmen yang memberi buah-buahan dan sayuran warna biru, merah, dan ungu.


Sebuah penelitian tabung menemukan bahwa kandungan antosianin cuka anggur merah tergantung pada jenis dan kualitas anggur merah yang digunakan sebagai bahan. Cuka berbahan Cabernet Sauvignon menyediakan 20 senyawa antosianin yang lebih banyak.


Cuka anggur merah juga mengandung resveratrol, antioksidan yang dapat melawan kanker kulit, seperti melanoma. Sebagai contoh, satu studi tabung menemukan bahwa resveratrol membunuh sel kanker kulit dan secara signifikan memperlambat pertumbuhan sel kanker baru.


Selain itu, asam asetat dalam cuka anggur merah dapat melawan infeksi kulit. Faktanya, asam asetat telah digunakan secara medis selama lebih dari 6.000 tahun untuk mengobati luka dan infeksi saluran kemih, telinga, dan saluran kemih.



Membantu penurunan berat badan


Manfaat cuka anggur merah

Asam asetat dalam cuka anggur merah dapat penurunan berat badan.


Asam asetat telah terbukti mengurangi penyimpanan lemak, meningkatkan pembakaran lemak, dan mengurangi nafsu makan. Selain itu, Kandungan cuka anggur merah membuat kenyang lebih lama. Caranya, ia menunda pelepasan ghrelin, hormon lapar, yang dapat mencegah makan berlebihan.


Pada sebuah penelitian, orang dewasa yang alami kegemukan minum 17 ons (500 ml) dan diintruksikan minuman dengan 15 ml, 30 ml, atau 0 ml cuka setiap hari. Setelah 12 minggu, kelompok cuka memiliki bobot yang secara signifikan lebih rendah dan lemak perut lebih sedikit daripada kelompok kontrol.



Meningkatkan kesehatan jantung


Manfaat cuka anggur merah

Cuka anggur merah dapat meningkatkan kesehatan jantung.


Asam asetat dan resveratrolnya dapat membantu mencegah pembekuan darah dan menurunkan kolesterol, peradangan, dan tekanan darah.


Sebuah studi 4 minggu pada 60 orang dewasa dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak anggur merah secara signifikan menurunkan tekanan darah.


Polifenol seperti resveratrol dalam cuka anggur merah mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan jumlah kalsium dalam sel sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan dan menurunkan tekanan darah.


Satu studi mengungkapkan bahwa tikus yang diberi asam asetat atau cuka mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan dibandingkan dengan tikus yang hanya diberi air.


Selain itu, baik asam asetat dan resveratrol dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko potensial untuk penyakit jantung.


Asam asetat terbukti menurunkan total kolesterol dan trigliserida pada tikus. Dosis tinggi juga menurunkan kolesterol LDL (buruk) pada kelinci dengan diet tinggi kolesterol.


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "Manfaat cuka anggur merah" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts