Jenis dan manfaat karbohidrat

By:
Posted: June 20, 2019

Karbohidrat merupakan bagian penting untuk diet seimbang, sementara yang lain percaya bahwa karbohidrat harus dibatasi atau dihindari sepenuhnya.


Tidak semua karbohidrat merugikan kesehatan.


Penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat memainkan peran penting bagi kesehatan dan kebugaran, seperti dengan membantu membangun otot dan meningkatkan kinerja atletik.



Berbagai jenis karbohidrat


Jenis dan manfaat karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu dari tiga makronutrien, di samping lemak dan protein. Ketiganya merupakan bahan bakar tubuh dan memberikan 4 kalori per gram.


Sebagian besar karbohidrat dipecah menjadi glukosa, sejenis gula yang dapat dengan mudah digunakan untuk energi. Ada dua jenis utama karbohidrat diet:


Karbohidrat sederhana. Ini mengandung satu atau dua molekul gula. Makanan yang tinggi karbohidrat sederhana termasuk gula, buah-buahan, jus buah, madu, dan susu.


Karbohidrat kompleks. Ini memiliki tiga atau lebih molekul gula. Makanan yang tinggi karbohidrat kompleks termasuk gandum, beras merah, quinoa, dan ubi.


Karbohidrat kompleks lebih sehat, karena mengemas lebih banyak nutrisi dan serat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga cocok untuk membuat kenyang tubuh.


Meskipun karbohidrat merupakan sumber bahan bakar yang penting, makan terlalu banyak dapat meningkatkan berat badan. Jika mengansumsi karbohidrat yang terlalu banyak, maka akan disimpan sebagai lemak.



Jadwal makan karbohidrat untuk menurunkan berat badan


Jenis dan manfaat karbohidrat

Tentang penurunan berat badan, waktu terbaik untuk makan karbohidrat tidak konsisten.


Pada studi 6 bulan, 78 orang dewasa yang gemuk diminta untuk mengikuti diet rendah kalori yang melibatkan makan karbohidrat saat makan malam atau setiap kali makan. Kelompok yang hanya makan malam kehilangan lebih banyak berat badan dan lemak tubuh dan merasa lebih kenyang daripada mereka yang makan karbohidrat setiap kali makan.


Sebaliknya, penelitian lain pada 58 pria gemuk yang mengikuti diet rendah kalori dengan karbohidrat lebih banyak saat makan siang atau makan malam menemukan bahwa kedua diet sama-sama efektif untuk menurunkan lemak.


Sementara itu, penelitian mengamati bahwa tubuh lebih baik dalam membakar karbohidrat di pagi hari dan lemak di malam hari, yang berarti bahwa karbohidrat harus dikonsumsi lebih awal pada hari itu untuk pembakaran lemak yang optimal.



Jadwal makan karbohidrat untuk membangun otot


Jenis dan manfaat karbohidrat

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi karbohidrat bersama dengan protein setelah latihan dapat membantu meningkatkan sintesis protein, yang merupakan proses di mana tubuh membangun otot.


Penelitian lain menunjukkan bahwa makan protein sendiri setelah latihan sama efektifnya dalam menstimulasi sintesis protein, seperti halnya mengonsumsi protein bersama dengan karbohidrat


Selain itu, karbohidrat memiliki efek hemat protein, yang berarti bahwa tubuh lebih suka menggunakan karbohidrat sebagai energi daripada protein. Alhasil, ia bisa menggunakan protein untuk keperluan lain, seperti membangun otot, ketika asupan karbohidrat lebih tinggi.


Selain itu, makan karbohidrat setelah latihan dapat memperlambat pemecahan protein yang terjadi setelah latihan, yang dapat membantu pertumbuhan otot.



Jadwal makan karbohidrat untuk menigkatkan kinerja dan pemulihan


Jenis dan manfaat karbohidrat

Penelitian menunjukkan bahwa makan karbohidrat sebelum dan sesudah latihan dapat membantu atlet tampil lebih lama dan pulih lebih cepat. Ini juga mengurangi kerusakan otot dan nyeri.


Berolahraga untuk waktu yang lama dapat menghabiskan simpanan glikogen otot bentuk penyimpanan karbohidrat), yang merupakan sumber bahan bakar utama tubuh.


Konsumsi karbohidrat setidaknya 3-4 jam sebelum latihan dapat membantu atlet berolahraga dalam waktu lama, sementara mengkonsumsinya dalam waktu 30 menit hingga 4 jam setelah latihan dapat membantu memulihkan toko glikogen.


Kombinasi protein dan karbohidrat setelah latihan yang intens dapat membantu tubuh mengisi kembali cadangan glikogennya, semuanya sambil membantu perbaikan otot.


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "Jenis dan manfaat karbohidrat " akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts