Manfaat biji aprikot dan dagingnya: nutrisi dan khasiat

By:
Posted: June 20, 2019

Aprikot (Prunus armeniaca) adalah buah batu yang juga dikenal sebagai plum Armenia. Aprikot berbentu bulat dan berwarna kuning, terlihat seperti buah persik yang lebih kecil tetapi mamiliki rasa getir serupa buah prem ungu.


Aprikot sangat bergizi dan memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti peningkatan pencernaan dan kesehatan mata. Lebih jelasnya, berikut manfaat kesehatan dan nutrisi dari aprikot.



Manfaat aprikot


Manfaat biji aprikot dan dagingnya: nutrisi dan khasiat

Melawan radikal bebas
Aprikot termasuk buah yang mengandung sejumlah antioksidan yang cukup kuat. Sehingga, Antioksidan di dalam aprikot membantu mengurangi penumpukan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh untuk mencegah kerusakan pada sel-sel tubuh, termasuk kerusakan kulit.


Atasi peradangan pada kulit
Kandungan antiradang pada buah aprikot membantu atasi peradangan pada kulit, misalnya saja jerawat, baik jerawat wajah maupun punggung. Senyawa dari aprikot ini dapat merawat berbagai masalah kulit seperti psoriasis dan juga eksim


Lawan tanda-tanda penuaan kulit
Kandungan vitamin A mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti flek coklat dan hitam pada kulit tubuh, serta kerutan yang bersifat halus dan kasar akibat paparan sinar ultarviolet berlebih.


Kandungan vitamin E dalam aprikot menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit dengan menambah produksi kolagen di dalam kulit.



Kandungan nutrisi buah aprikot


Manfaat biji aprikot dan dagingnya: nutrisi dan khasiat

Aprikot sangat bergizi dan mengandung banyak vitamin dan mineral esensial. Dua buah aprikot segar (70 gram) yang disediakan:


Kalori: 34
Karbohidrat: 8 gram
Protein: 1 gram
Lemak: 0,27 gram
Serat: 1,5 gram
Vitamin A: 8% dari Nilai Harian (DV)
Vitamin C: 8% dari DV
Vitamin E: 4% dari DV
Kalium: 4% dari DV


Selain itu, buah aprikot adalah sumber beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang layak, yang semuanya merupakan antioksidan kuat dan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.


Cara menikmati aprikot yang terbaik yaitu dimakan utuh dan tidak dikupas, karena kulit aprikotmemiliki serat dan nutrisi dalam jumlah besar. Pastikan untuk membuang bijinya, karena tidak dapat dimakan.



Tinggi antioksidan


Manfaat biji aprikot dan dagingnya: nutrisi dan khasiat

Aprikot adalah sumber antioksidan, termasuk beta karoten dan vitamin A, C, dan E.


Jenis antioksidan di dalamnya termasuk kelompok antioksidan polifenol yang disebut flavonoid, yang telah terbukti melindungi terhadap penyakit, termasuk diabetes dan penyakit jantung.



Meningkatkan kesehatan mata


Manfaat biji aprikot dan dagingnya: nutrisi dan khasiat

Aprikot memiliki banyak senyawa yang penting untuk kesehatan mata, termasuk vitamin A dan E.


Vitamin A mencegah kebutaan malam, gangguan yang disebabkan oleh kurangnya pigmen cahaya di mata, sementara vitamin E adalah antioksidan yang larut dalam lemak untuk melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.



Meningkatkan kesehatan usus


Manfaat biji aprikot dan dagingnya: nutrisi dan khasiat

Aprikot dapat meningkatkan kesehatan usus.


Satu cangkir (165 gram) aprikot yang diiris memberikan 3,3 gram serat, yang masing-masing 8,6% dan 13,2% dari DV untuk pria dan wanita. Aprikot mengandung serat larut dan tidak larut.


Aprikot yang larut akan menjaga kadar gula dan kolesterol darah yang sehat. Selain itu, serat menunda pergerakan makanan melalui saluran pencernaan dan memberi makan bakteri usus yang bermanfaat. Mikrobioma usus yang lebih sehat dikaitkan dengan risiko obesitas yang lebih rendah.



Tinggi potasium


Manfaat biji aprikot dan dagingnya: nutrisi dan khasiat

Aprikot kaya akan kalium, mineral yang juga berfungsi sebagai elektrolit. Manfaatnya, mengirimkan sinyal saraf dan mengatur kontraksi otot dan keseimbangan cairan.


Asupan yang cukup dapat membantu mencegah kembung dan menjaga tekanan darah yang sehat. Satu analisis dari 33 studi menemukan bahwa diet kaya kalium secara signifikan mengurangi tekanan darah dan menghasilkan risiko stroke 24% lebih rendah.



Lindungi liver



Aprikot dapat membantu melindungi hati dari stres oksidatif.


Penelitian lain menunjukkan bahwa aprikot dapat membantu mencegah kerusakan hati karena kandungan antioksidannya yang tinggi.


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "Manfaat biji aprikot dan dagingnya: nutrisi dan khasiat" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts