Kandungan ikan: nutrisi dan manfaatnya

By:
Posted: June 20, 2019

Ikan adalah salah satu makanan tersehat. Di dalamnya terkandung nutrisi penting, seperti protein dan vitamin D. Ikan juga merupakan sumber asam lemak omega-3, yang sangat penting bagi tubuh dan otak.


Berikut adalah kandungan ikan beserta manfaat ikan berdasar penelitian:



Tinggi nutrisi penting


Kandungan ikan: nutrisi dan manfaatnya

Ikan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia. Meliputi: protein berkualitas tinggi, yodium, dan berbagai vitamin dan mineral.


Jenis lemak ikan dianggap paling sehat. Itu karena ikan berlemak, termasuk salmon, trout, sarden, tuna, dan mackerel, lebih tinggi nutrisi berbasis lemak.


Lemak ikan memiliki asam lemak omega-3, yang sangat penting untuk fungsi tubuh dan otak yang optimal dan sangat terkait dengan pengurangan risiko banyak penyakit.



Menurunkan risiko serangan jantung dan stroke


Kandungan ikan: nutrisi dan manfaatnya

Serangan jantung dan stroke adalah dua penyebab paling umum kematian dini di dunia.


Penelitian observasional besar menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung, stroke, dan kematian akibat penyakit jantung.


Pada penelitian di lebih dari 40.000 pria di Amerika Serikat, mereka yang secara teratur makan satu porsi ikan atau lebih per minggu memiliki risiko 15% lebih rendah terkena penyakit jantung.



Mengandung nutrisi penting selama perkembangan


Kandungan ikan: nutrisi dan manfaatnya

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Asam omega-3 lemak docosahexaenoic (DHA) sangat penting untuk perkembangan otak dan mata.


Berdasarkan hal ini, wanita hamil dan menyusui makan cukup asam lemak omega-3. Di sisi lain, beberapa ikan mengandung merkuri tinggi, yang terkait dengan masalah perkembangan otak.


Oleh sebab itu, wanita hamil dianjurkan makan ikan dengan merkuri rendah, seperti salmon, sarden, dan trout, dan tidak lebih dari 12 ons (340 gram) per minggu.



Meningkatkan kesehatan otak


Kandungan ikan: nutrisi dan manfaatnya

Fungsi otak sering menurun seiring bertambahnya usia. Penurunan mental ringan adalah normal, penyakit neurodegeneratif yang serius seperti penyakit Alzheimer juga ada.


Banyak penelitian pengamatan menunjukkan bahwa konsumsi lebih banyak ikan akan menghambat tingkat penurunan mental. Studi juga mengungkapkan bahwa orang yang makan ikan setiap minggu memiliki lebih banyak materi abu-abu - jaringan fungsional utama otak - di bagian otak yang mengatur emosi dan memori.



Mencegah dan mengobati depresi


Kandungan ikan: nutrisi dan manfaatnya

Depresi adalah yang ditandai dengan suasana hati yang rendah, kesedihan, penurunan energi, dan hilangnya minat dalam kehidupan dan aktivitas.


Studi telah menemukan bahwa orang yang makan ikan secara teratur jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi.


Sejumlah uji coba terkontrol juga mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 dapat melawan depresi dan secara signifikan meningkatkan efektivitas obat antidepresan. Selain itu, Ikan dan asam lemak omega-3 juga dapat membantu kondisi mental lainnya, seperti gangguan bipolar.



Mengurangi risiko penyakit autoimun (diabetes)


Kandungan ikan: nutrisi dan manfaatnya

Penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat.


Beberapa studi menghubungkan omega-3 atau asupan minyak ikan dengan pengurangan risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak, serta bentuk diabetes autoimun pada orang dewasa.


Beberapa ahli percaya bahwa asupan ikan juga dapat menurunkan risiko rheumatoid arthritis dan multiple sclerosis, tetapi bukti saat ini paling lemah.



Lindungi penglihatan di usai senja


Kandungan ikan: nutrisi dan manfaatnya

Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan yang kebanyakan menyerang orang dewasa yang lebih tua.


Beberapa bukti menunjukkan bahwa ikan dan asam lemak omega-3 dapat melindungi dari penyakit ini. Pada satu studi, asupan ikan secara teratur dikaitkan dengan risiko AMD yang lebih rendah 42% pada wanita.


Studi lain menemukan bahwa konsumsi ikan berlemak sekali seminggu dikaitkan dengan penurunan 53% risiko neovaskular ("basah") AMD.


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "kandungan ikan: nutrisi dan manfaatnya" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts