Waktu lari yang baik untuk menurunkan berat badan

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Terkadang kita merasa rileks dan ringan saat berlari, tubuh terasa dinamis. Lain kali kaki terasa berat; setiap langkah adalah kerja keras. Apakah ini tergantung pada waktu lari? Dan adakah waktu yang sempurna untuk berlari agar semuanya terasa lebih mudah dan tubuh mendapat manfaat paling banyak dari semua sesi pelatihan?

Pagi hari

Waktu lari yang baik untuk menurunkan berat badan

Keuntungan:
Berlari di pagi hari adalah cara yang sempurna untuk memulai hari.

Jika berlari di pagi hari, kita dapat memberi tubuh dosis oksigen yang sehat. Metabolisme akan didorong untuk membakar lebih banyak kalori.

Kandungan oksigen yang lebih tinggi di udara pagi hari membuatnya lebih mudah untuk bernapas, terutama di musim panas. Ini juga lebih mudah dijalankan ketika masih dingin dibandingkan dengan cuaca panas di tengah hari.

Kerugian:
Berlari di pagi hari bisa terasa lebih sulit daripada waktu-waktu lain dalam sehari.

Tepat setelah bangun, persendian mungkin kaku, otot tegang dan tidak fleksibel. Artinya, kita tidak memiliki kontrol dan koordinasi otot yang diperlukan ketika berlari. Itulah sebabnya, kita perlu melakukan program pemanasan dinamis khusus di pagi hari sebelum berlari. Tujuannya, otot mampu menyesuaikan dengan gerakan selama lari dan terhindar dari cedera.

Hindari latihan interval yang berat di pagi hari. Tubuh tidak siap untuk menangani tekanan hebat dan mengubahnya menjadi kinerja. Risiko cedera atau terlalu banyak tenaga sangat tinggi. Ini juga berlaku untuk lari setelah tidur siang yang lama.

Lari di siang hari

Waktu lari yang baik untuk menurunkan berat badan

Kerugian:
Tengah hari adalah kondisi terbaik untuk lari intensitas tinggi.

Potensi kinerja pada jam makan siang adalah 100%, dan tubuh =tidak terlalu lelah dari aktivitas sehari-hari. Penyimpanan energi sudah terpenuhi – dibandingkan dengan pagi hari – dan aktivitas fisik terasa kurang intens. Ini adalah kondisi terbaik untuk latihan intensif. Tubuh menangani latihan kecepatan terutama di tengah hari.

Kerugian:
Berlari setelah makan siang bisa sangat berat.

Tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencerna makan, tergantung pada seberapa berat dan kaya makan siang. Untuk menghindari masalah pencernaan (mis. Kram perut) selama latihan interval yang intensif, ikuti panduan ini:

  • Tunggu sekitar 30 menit setelah camilan ringan sebelum berlari.
  • Jika makan siang besar, tunggu 1,5 hingga 2 jam sebelum berlari.
  • Jika berlari setelah makan tidak membuat kita merasa baik, lakukan latihan sebelum makan siang.
  • Namun, ini mungkin lebih sulit untuk dijalankan karena simpanan energi belum penuh.

Lari di malam hari

Waktu lari yang baik untuk menurunkan berat badan

Keuntungan:
Berlari di malam hari adalah cara yang baik untuk bersantai.

Apakah kita alami stres pada akhir hari kerja yang sibuk dan mengalami kesulitan untuk bersantai? Lari ketahanan yang mudah dapat membantu mengeluarkan tenaga. Karena tubuh masih dalam mode kinerja, kita tidak perlu melakukan pemanasan sebanyak di pagi hari. Selain itu, lari malam yang santai meningkatkan pembakaran lemak malam hari.

Kerugian:
Lari sore bisa membuat sulit untuk tertidur.

Bahkan, sangat memungkinkan melakukan olahraga di malam hari dengan intensitas tinggi. Tapi hati-hati, kita mungkin kesulitan tidur: tubuh diberi energi kembali oleh latihan.

Waktu lari yang baik untuk menurunkan berat badan

Waktu lari yang baik untuk menurunkan berat badan

Tidak masalah kapan waktu untuk berlari, ada kelebihan dan kekurangan serta efek pelatihan yang berbeda. Pikirkan tujuan ketika menjadwal lari. Apakah ingin menurunkan berat badan, mengurangi stres, menjadi lebih cepat, atau berlari lebih jauh?

  • Jika ingin mempertahankan tingkat kinerja, kita dapat berlatih kapan saja. Pastikan melakukan pemanasan dengan benar.
  • Lari tengah hari adalah yang terbaik untuk latihan interval intensif untuk meningkatkan kinerja.
  • Program latihan untuk pemulihan paling baik dilakukan di malam hari.

Pada dasarnya, waktu terbaik untuk berlari adalah saat terasa paling mudah. Faktor-faktor seperti jadwal harian, pola tidur, pekerjaan, waktu luang, keluarga, dan waktu makan biasanya memainkan peran utama ketika merencanakan latihan lari.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Waktu lari yang baik” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

3 Latihan HIIT Terbaik!

Ingin cepat membakar lemak? Yuk, lakukan High Intensity Interval Training (HIIT) di rumah atau gym terdekat rumah kamu. Fyi, HIIT adalah latihan

Makanan Terbaik untuk Pelari Vegetarian

Mencari tahu apa yang sebaiknya dimakan sebelum melakukan aktivitas lari tak semudah yang dibayangkan ya, apalagi jika kamu seorang vegetarian. Kenapa? Karena

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *