Tips tidur sehat

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Ketika lelah, kita sering meraih makanan yang tidak sehat dan berlemak?

Sejumlah peneliti tidur, termasuk yang di Pusat Penelitian Nutrisi Obesitas New York, baru-baru ini menemukan bukti bahwa orang yang kurang tidurlebih banyak mengonsumsi sekitar 300 kalori lebih banyak per hari.

Mengapa? Tampaknya metabolisme, pembentukan sel, dan pencernaan mereka lebih lambat.

Lari 5K yang merupakan latihan untuk mengurangi berat badan dan sesi yoga tidak hanya membantu kita tetap bugar, tetapi juga meningkatkan kualitas tidur.

Kita akan pelajari mengapa olahraga mampu membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik, hormon mana yang berperan dalam pemulihan otot, dan kiat serta trik untuk tidur nyenyak.

Tips tidur sehat yang cepat

Tips tidur sehat

Jika kita secara teratur mengalami kesulitan tidur, maka kita perlu lakukan sesuatu. Selain melakukan banyak langkah dan olahraga, kita dapat mencoba meningkatkan kualitas tidur dengan membuat ritual sebelum tidur, makan malam ringan, dan membatasi asupan alkohol.

Berikut tips tidur sehat bagi mereka yang alami kesulitan:

  • Redupkan lampu sebentar sebelum tidur. Ini akan seperti matahari terbenam di apartemen, yang membuat kita mengantuk lebih cepat.
  • Jadikan kamar tidur segelap mungkin. Cahaya mengganggu produksi melatonin tubuh, yang mengganggu proses metabolisme.
  • Kembangkan ritual seperti menyikat gigi, mandi atau membaca sebelum berbaring untuk tidur. Tubuh akan terbiasa dengannya dan akan tahu bahwa sudah waktunya tidur sekarang.
  • Tidur di kamar yang sejuk. Suhu di kamar tidur harus antara 16 ° C (60,8 ° F) dan 18 ° C (64,4 ° F).

Tanda-tanda tidur sehat

Tips tidur sehat

Orang dewasa rata-rata harus tidur selama 7-9 jam per malam. Namun, hal ini sifatnya variatif. Beberapa orang nyaman dengan tidur 8 jam, ada yang tidur 6-7 jam, dan mungkin ada yang sampai 9 jam. Ada juga orang tidak bisa diganggu jam tidurnya, ada pula yang bersifat fleksibel.

Berikut ini tanda-tanda mendapat tidur yang sehat di malam hari:

  • Tidur dalam waktu 15-20 menit semenjak Anda berbaring untuk tidur.
  • Tidur selama 7-9 jam per hari secara teratur.
  • Saat berada di tempat tidur, langsung bisa tertidur. Kita tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa tidur.
  • Bangun tidur dengan perasaan segar, seperti tenaga sudah terisi kembali.Merasa siap untuk menjalani hari dan mampu bekerja produktif sepanjang hari.
  • Tidur dengan nyaman dan tenang, tidak mendengkur, mengalami kesulitan dalam bernapas, gelisah, atau masalah tidur lainnya.

Cara menerapkan tips tidur sehat

Tips tidur sehat

Perhatikan makanan dan minuman sebelum tidur
Sebaiknya, makan 4 jam sebelum tidur. Tujuannya, kondisi perut akan tenang dan tidak menggangu tidur.

Batasi konsumsi air
Terlalu banyak minum air sebelum tidur membuat kita terbangun tengah malam karena ingin buang air kecil. Selain itu, hindari pula konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, cola, teh, dan cokelat, serta minum alkohol mendekati jam tidur.

Kopi akan membuat kita tidak merasa kantuk. Sedangkan alkohol dapat membuat kita terbangun dan mengganggu tidur di malam hari.

Buat jadwal tidur yang rutin
Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada saat hari libur dapat membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Selain itu, untuk mengatur jam internal tubuh.

Aapabila sulit tidur setelah 15 menit, sebaiknya bangun dan akukan sesuatu yang menenangkan. Lalu, coba tidur kembali. Tidur dalam jangka waktu yang lama cenderung membuat kita frustasi.

Batasi waktu tidur siang atau jangan tidur siang sama sekali
Tidur siang yang lama dapat mengganggu tidur malam, terutama bagi penderita insomnia.

Bila ingin tidur siang, sebaiknya batasi tidur siang selama sekitar 10-30 menit. Atau kita tidak memerlukan tidur siang sama sekali, apabila tidur siang adalah penyebab tidak dapat tidur di malam hari.

Lakukan olahraga teratur
Olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Meski demikian, hindari melakukan olahraga berat mendekati waktu tidur karena dapat mengganggu tidur.

Olahraga berat dapat merangsang tubuh untuk melepaskan hormon stres (kortisol) yang dapat membuat tubuh tetap terjaga dan tidak mengantuk.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Tips tidur sehat” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Puma Hoops Hadir di Tanah Air

PUMA secara resmi meluncurkan koleksi basket untuk pasar Indonesia, PUMA Hoops. Rangkaian koleksi PUMA Hoops yang sudah hadir yakni PUMA Clyde Court,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *