Kenapa olahraga di pagi hari itu berbahaya?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Olahraga di pagi hari memang menyehatkan, tetapi tidak demikian dengan olahraga sesaat setelah bangun tidur. Gakta yang beredar, olahraga pagi hari adalah cara terbaik untuk memulai hari, setidaknya itu menurut banyak penasihat kesehatan dan ilmuwan.

Namun, ada beberapa yang percaya itu mungkin buruk untuk kesehatan dan / atau membawa hasil lebih sedikit. Jadi, haruskah bangun lebih awal untuk mendapatkan keringat?

Berolahraga sesaat setelah bangun tidur, dengan perut kosong, dilakukan sebelum jam 8 pagi. Berdasarkan tujuan dan status kesehatan, beberapa olahraga pagi mungkin membuat lebih atau kurang bermanfaat bagi kesehatan.

Masalah kardiovaskuler butuh rekomendasi dokter

Kenapa olahraga di pagi hari itu berbahaya?

Berlari memang baik untuk jantung. Latihan kekuatan memiliki efek positif pada sistem kardiovaskular juga.

Karena fluktuasi tekanan darah ini, lebih baik konsultasikan dengan dokter apakah berolahraga setelah bangun tidur baik bagi kesehatan atau sebalaiknya. Selama lebih suka berolahraga pagi dan tidak alami kesulitan tidur, penelitian menunjukkan bahwa itu baik-baik saja.

Hindari ketika menderita diabetes

Kenapa olahraga di pagi hari itu berbahaya?

Berolahraga dengan perut kosong biasanya tidak menjadi masalah, asalkan tidak memaksakan diri secara berlebih (sesuai batas kemampuan).

Berbeda ketika bagi penderita diabetes. Mereka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter dan mengawasi bagaimana olahraga pagi mempengaruhi kadar glukosa darah, terutama jika berolahraga dengan perut kosong.

Tujuan khusus atau latihan intens

Kenapa olahraga di pagi hari itu berbahaya?

Meskipun penelitian belum final, tampaknya suhu tubuh pada sore hari lebih baik untuk kekuatan dan output daya dan kegiatan berat pada umumnya.

Namun, konsistensi jadwal latihan, serta preferensi pribadi untuk pagi vs malam akan memainkan peran besar dalam hal bagaimana merespons dan beradaptasi dengan latihan.

Jika kita punya waktu untuk pemanasan yang baik, maka lebih baik bangun di pagi hari untuk meningkatkan suhu tubuh.

Bertujuan membangun otot

Kenapa olahraga di pagi hari itu berbahaya?

Sekali lagi, tidak ada kesimpulan ilmiah mengenai hal ini, tetapi tampaknya keadaan metabolik (kadar hormon, lingkungan seluler) lebih bermanfaat bagi pertumbuhan otot di kemudian hari – siang atau malam hari.

Oleh sebab itu, pembentukan otot bukan tidak mungkin dilakukan di pagi hari dan hasil akan bergantung pada upaya dan konsistensi, bukan waktu.

Jika mendapatkan massa otot adalah tujuan utama, maka dapatkan manfaat dari menjadwalkan latihan di kemudian hari.

Waktu tidur tidak boleh kurang dari 6 jam

Kenapa olahraga di pagi hari itu berbahaya?

Apakah tidur lebih penting daripada olahraga? Jika secara drastis mengurangi waktu tidur, maka lebih baik kita menambah tidur selama satu jam lagi dan menyesuaikan latihan dengan istirahat makan siang atau setelah bekerja.

Efek negatif dari kurang tidur sering tidak muncul untuk sementara waktu, tetapi akann merusak upaya untuk menurunkan berat badan, menyebabkan sakit kepala, perubahan suasana hati, dan membuat kurang produktif secara keseluruhan.

Apakah olahraga di pagi hari itu perlu dihindari?

Kenapa olahraga di pagi hari itu berbahaya?

Jika semua ini berlaku, apakah berarti kita haru menghindari olahraga pagi? Jawabannya, tidak. Sekali lagi, kita tidak perlu menghindarinya.

Jika memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum memulai rejimen olahraga baru.

Pada beberapa kasus lainnya, silakan bereksperimen dan lihat bagaimana tubuh merespons latihan pagi hari. Cermati, apakah itu sesuai dengan gaya hidup dan membantu kita memenuhi tujuan yang diinginkan.

Seperti halnya jenis olahraga apa pun, pastikan untuk memperhatikan sinyal tubuh dan berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai, apabila memiliki kondisi medis tertentu. Lihat kembali panduan terperinci ini tentang cara mulai berolahraga jika tidak dalam kondisi prima.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Kenapa olahraga di pagi hari itu berbahaya?” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

3 Latihan HIIT Terbaik!

Ingin cepat membakar lemak? Yuk, lakukan High Intensity Interval Training (HIIT) di rumah atau gym terdekat rumah kamu. Fyi, HIIT adalah latihan

Makanan Terbaik untuk Pelari Vegetarian

Mencari tahu apa yang sebaiknya dimakan sebelum melakukan aktivitas lari tak semudah yang dibayangkan ya, apalagi jika kamu seorang vegetarian. Kenapa? Karena

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *