Latihan kaki pemula

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Seringkali, kita berpikir bahwa latihan kaki tidak begitu penting atau kaki sudah terlihat “cukup kuat”. Atau mungkin … memang tidak suka melatih kaki. Sebelum membuat keputusan yang salah, kita cari tahumengapa kita perlu melakukan latihan kaki pemula.

Mendapat manfaat serupa latihan cardio

Latihan kaki pemula

Banyak latihan kaki adalah gerakan majemuk, yang berarti mereka melibatkan banyak kelompok otot. Squat, misalnya, melibatkan paha depan, paha belakang, glutes, paha bagian dalam dan luar.

Tidak heran apabila latihan ini mengaktifkan seluruh oto inti tubuh. Latihan tubuh bagian bawah pun meningkatkan detak jantung dan kekuatan otot secara bersamaan.

Akibatkan kinerja lari menjadi lebih baik

Latihan kaki pemula

Kaki yang terlatih dengan baik tidak hanya memberi daya dorong yang baik, melainkan juga akibatkan otot inti semakin kuat. Akibatnya, kita akan memperoleh stabilitas saat lari.

Tubuh bagian bawah yang kuat akan membantu dalam olahraga lain, seperti berenang atau bersepeda – keduanya merupakan bentuk pelatihan silang yang sangat baik untuk pelari.

Bakar kalori berlebih

Latihan kaki pemula

Otot kaki merupakan kelompok otot terbesar di tubuh Semakin sering melatihnya, semakin banyak energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan. Artinya, apa pun aktivitas yang dilakukan – baik jalan santai atau olahraga berat badan – kita akan secara otomatis membakar lebih banyak kalori.

Tapi, bukan berarti hanya otot kaki saja yang dapat menurunkan berat badan, tetapi latihan kaki itu sendiri: seperti kebanyakan latihan kekuatan, latihan kaki juga menghasilkan efek afterburn yang besar.

Kita melakukan latihan kaki di rumah. Saat kehabisan ide, cobalah 12 variasi latihan squat.

Kurangi cedera punggung bagian bawah

Latihan kaki pemula

Sakit punggung sering disebabkan oleh otot penstabil yang lemah. Oleh sebab itu, kita membutuhkan otot inti dan punggung yang kuat untuk mencegah sakit punggung.

Namun, ada lebih dari itu: melalui latihan yang ditargetkan, kita dapat melatih glutes, fleksor pinggul, paha depan, dan paha belakang dan dengan demikian mengurangi risiko cedera punggung bagian bawah.

Namun perlu diperhatikan. Jika melakukan latihan tubuh bagian bawah secara tidak benar, maka akan meningkatkan risiko sakit punggung dan cedera.

Bentuk kaki yang lebih atletis

Latihan kaki pemula

Banyak orang yang hanya fokus pada tubuh bagian atas dan melupakan kaki. Padahal, kaki dapat kita kondisikan agar lebih kuat dan rupawan sangat seksi. Selain itu, sulit untuk menggerakkan kaki tanpa menggunakan alat olahraga tambahan.

Glutes yang kuat dapat membantu mencegah cedera dan meningkatkan kinerja atletik secara keseluruhan. Oleh sebab itu, penting pula memasukkan latihan kaki pemula pada program kebugaran kita.

Contoh latihan kaki pemula

Latihan kaki pemula

Berjalan cepat
Cukup dengan berjalan seperti biasa namun dengan kecepatan yang lebih cepat dari biasanya. Manfaatnya, otot kaki bisa mendapatkan yang lebih kuat.

Berlari
Mulai dengan lari dengan kecepatan konstan kemudian setelah kaki sudah bisa beradaptasi dan pernafasan, lakukan jenis lari lainnya, misalnya sprint.

Turun tangga
Bagian paha akan terasa lebih kencang dan otot kakipun menjadi lebih kuat. Oleh karena itu, kaki akan memiliki kekuatan yang baik dalam menopang beban.

Squad jump
Squad Jump dilakukan seperti squad biasa tetapi ditambahkan lompatan. Latihan ini sedikit lebih sulit dan juga lebih banyak mengeluarkan tenaga. Manfaatnya, otot kaki akan lebih kuat. Jadi, squad jump menjadi salah satu pilihan yang baik.

Lunges
Latihan dilakukan dengan cara meluruskan kedua kaki. Salah satu kaki melangkah ke depan, kemudian tekuk hingga lutut mencapai dan menyentuh lantai. Kaki yang satunya membentuk sudut sembilan puluh derajat. Tahan posisi selama beberapa detik kemudian setelah itu lakukan hal yang sama namun dengan posisi yang bergantian.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Latihan kaki pemula” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Puma Hoops Hadir di Tanah Air

PUMA secara resmi meluncurkan koleksi basket untuk pasar Indonesia, PUMA Hoops. Rangkaian koleksi PUMA Hoops yang sudah hadir yakni PUMA Clyde Court,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *