Amazfit Verge: Fitur Lengkap, Harga Bersahabat

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

HAMPIR DUA TAHUN ini, nama Amazfit menyeruak sebagai penyedia produk fitness tracker dan smartwatch dengan harga terjangkau, namun memiliki fitur lumayan lengkap. Amazfit adalah sebuah brand dari pabrikan wearables dari China yang bernama Huami. Merek ini telah meluncurkan beberapa fitness tracker dan smartwatch. Salah satu yang populer adalah Amazfit BIP, yang tampilan dan fiturnya nyaris mirip Pebble (watch) serta menawarkan fungsi dasar yang hampir sama, namun lebih dengan harga lebih murah dari Apple Watch Series 3 atau the Fitbit Versa. Produk pupuler Amazfit lainnya adalah Stratos – yang tampaknya diluncurkan untuk bersaing dengan smartwatch sejenis dari Garmin dan Polar.
Jadi ketika Amazfit Verge hadir, jelas ada rasa penasaran untuk mencoba produk ini. Apalagi produk ini dipasarkan untuk mereka penggiat aktivitas olahraga yang lebih serius. Dan untungnya, kesempatan itu datang. Selama nyaris dua minggu, saya mendapatkan kesempatan untuk mencoba smartwatch yang dibandrol dengan harga sekitar Rp. 2,3 juta ini.


Pada pandangan pertama, jam tangan ini menonjolkan kesan “simple-stylist”. Verge memiliki layar AMOLED 1,3 inchi dengan resolusi 360 x 360 piksel di bawah sebuah lapisan Gorilla Glass 3 yang dikemas dalam balutan rangka polycarbonate. Meski berbahan “plastik”, material yang lembut dan tali silikon yang fleksibel membuat Verge nyaman dikenakan sepanjang hari. Bezel tipis yang mengelilingi Verge membuatnya terlihat ringkas. Jam tangan ini hanya memiliki home button di sebelah kanan.
Dengan harga yang cukup bersahabat, Amazfit Verge memiliki banyak fitur yang mungkin Anda inginkan, mulai dari 24/7 heart rate monitor, built-in GPS + GLONASS, Bluetooth 4.0. music storage, ambient light sensor, barometer, accelerometer dan memiliki perlindungan antiair serta debu IP68. Bobot smartwatch ini relatif ringan, hanya 46 gram dengan diameter 43 milimeter. Pas untuk pergelangan tangan orang Asia, tidak terlalu kecil, tidak terlalu besar.
Secara keseluruhan, ada internal storage sebesar 4GB yang disediakan jam tangan ini, 2GB di antaranya bisa digunakan untuk menyimpan musik dan data lain. Kinerja Verge disokong chipset
1.2GHz dual-core dengan RAM 512MB. The Verge memiliki baterai 390mAh yang bisa bertahan hingga lima hari dalam penggunaan normal, dan sekitar satu hari jika GPS diaktifkan terus-menerus. Anda bisa menambah daya tahan baterai dengan menonaktifkan fitur-fitur yang tidak digunakan.
Verge memiliki kemampuan melacak 11 jenis olahraga atau aktivitas sejenis, termasuk lari, jalan kaki, bersepeda, memanjat, tenis, elliptical training, ski, sepakbola, dan banyak lagi. Sensor onboard bersama built-in GPS bisa memberikan Anda data dan statistik detail yang cukup akurat. Namun memang Verge tidak diciptakan seperti Stratos yang memiliki banyak fitur, dipersenjatai tahan air hingga 5 ATM, dan bahkan mampu mengukur tingkat konsumsi oksigen maksimum (VO2max). Tetapi untuk sebuah smartwatch, harga yang ditawarkan dan fitur yang dimiliki Amazfit Verge lebih dari sekadar sepadan. Ini menurut saya. Jika Anda ingin lebih tahu tentang jam tangan ini, silakan mencobanya sendiri secara langsung.

[+]
Harga bersahabat.
Disain ringkas.
Baterai tahan cukup lama.
Built-in GPS + Glonass.

[-]
Bentuk charging terlalu besar.

Oleh Cahyo Agung Nugroho – seorang sports enthusiast dan sports photographer

More to explorer

Puma Hoops Hadir di Tanah Air

PUMA secara resmi meluncurkan koleksi basket untuk pasar Indonesia, PUMA Hoops. Rangkaian koleksi PUMA Hoops yang sudah hadir yakni PUMA Clyde Court,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *