Program fitnes untuk pemula wanita dengan resistance band

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Resistance band merupakan alat pelatihan murah terbaik yang bisa didapatkan. Alat ini cocok untuk pemula atau sudah pada tingkat kebugaran yang tinggi. Alasannya, dapat memberikan tantangan pada otot yang lebih baik.

Resistance band dipakai untuk menargetkan setiap bagian tubuh tanpa memberikan tekanan ekstra pada sendi. Sementara latihan kekuatan fokus ada otot yang besar, resistance band menargetkan otot-otot yang lebih kecil yang berfungsi sebagai penyeimbang.

Jenis-jenis resistance band

Program fitnes untuk pemula wanita dengan resistance band

Resistance band memiliki bentuk, ukuran, warna, dan tingkat resistensi yang berbeda-beda, sebagai informasi berikut beberapa di antaranya:

Bentuk & ukuran
Looped bands: lebih pendek dan lebih tipis, juga disebut mini band atau thera band, atau lebih panjang dan lebih tebal.
Non-looped bands: tersedia dengan atau tanpa pegangan.

Warna & tingkat resistensi
Warna: Resistance band dibuat dengan berbagai warna – tidak setiap alat dari produsen memiliki warna yang sama.
Level resistansi bervariasi dari ringan hingga berat: pita yang lebih kecil umumnya berkisar 1-10 kg (2-40 lbs) dan lebih panjang, lebih tebal dari resistansi 5-90 kg (10-200 lbs).

Saat membelinya, pastikan pula melihat band / level resistance lain mana yang tersedia. Untuk latihan tubuh bagian bawah, pilih yang lebih kuat, untuk tubuh bagian atas yang lebih ringan. Jika tidak yakin, pilih yang memiliki resistensi menengah.

Cara menggunakan resistance band

Program fitnes untuk pemula wanita dengan resistance band

Alat ini dapat digunakan dalam dua latihan:

Pertama. Sebagai latihan kekuatan penuh, tubuh total, atau untuk bagian tubuh tertentu, dengan memilih 3-5 latihan, lakukan selama 8-25 repetisi dan ulangi 2-5 putaran. Pengulangan dan putaran akan tergantung pada tingkat kebugaran dan tingkat resistensi band.

Kedua. Sebagai pemanasan, untuk mengaktifkan kelompok otot tertentu. Contoh: Jika ingin merasakan glutes, lakukan 2 putaran Fire Hydrant & Side Squat sebelum latihan kaki berikutnya. Lakukan pengulangan sesuai kebutuhan.

Program fitnes untuk pemula wanita memakai resistance band

Program fitnes untuk pemula wanita dengan resistance band

Wall lateral pulldown
Otot target: lats, punggung atas
Berdiri dengan punggung menempel di dinding. Tempatkan band resistensi di sekitar ibu jari atau pergelangan tangan dan rentangkan tangan lurus ke atas kepala. Tarik lengan ke bawah dan siku ke samping, bengkokkan pada sudut 90 derajat, sambil meregangkan pita dan satukan kedua bahu. Kembali ke posisi awal.

Tricep extention
Otot yang ditargetkan: triceps
Pegang band resistensi di tangan dengan siku ditekuk. Letakkan siku kanan di atas kepala dengan lengan kanan sejajar dengan lantai. Tangan kiri harus di depan bahu kiri. Rentangkan lengan kanan sambil menjaganya tetap dekat dengan kepala. Saat lengan kanan lurus, kita harus merasakan pita melilit dan otot-otot lengan kanan atas. Kembali ke posisi awal.

Bicep curl
Otot yang ditargetkan: Bisep
Duduk di kursi, pijakan, atau tumit. Selipkan band resistensi di bawah lutut kanan dan pegang dengan tangan kanan. Tarik tangan ke atas ke arah bahu kanan melawan hambatan band. Lengan atas harus tetap diam saat menarik pita, menjaga siku di bawah bahu dan dekat dengan tubuh. Lepaskan penahan dan kembali ke posisi awal. Lakukan semua pengulangan di satu sisi, lalu beralih ke sisi lain.

Shoulder external rotation
Otot yang ditargetkan: Bahu, punggung atas
Tempatkan band mini di pergelangan tangan. Tekuk siku dan dekatkan ke tubuh. Gerakkan lengan ke samping untuk meregangkan pita. Putar telapak tangan pada saat yang sama, sehingga telapak tangan menghadap ke atas setelah band diregangkan. Kembali ke posisi awal.

Fire hydrant
Otot yang ditargetkan: Glutes, paha belakang
Mulai degan posisi merangkak. Pita penahan harus di atas lutut. Jaga agar leher, punggung, dan pinggul sejajar. Gerakkan kaki kiri ke samping untuk meregangkan band. Sisa tubuh harus tetap di tempatnya; jangan berpaling ke samping. Kembali ke posisi awal. Lakukan semua pengulangan di satu sisi, lalu beralih ke sisi lain.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Program fitnes untuk pemula wanita” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

3 Latihan HIIT Terbaik!

Ingin cepat membakar lemak? Yuk, lakukan High Intensity Interval Training (HIIT) di rumah atau gym terdekat rumah kamu. Fyi, HIIT adalah latihan

Makanan Terbaik untuk Pelari Vegetarian

Mencari tahu apa yang sebaiknya dimakan sebelum melakukan aktivitas lari tak semudah yang dibayangkan ya, apalagi jika kamu seorang vegetarian. Kenapa? Karena

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *