Vitamin kulit alami untuk lindungi dari UV dan kulit bersisik

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Kulit merah, kencang, dan terasa panas? Padahal, kita hanya di luar selama beberapa menit. Fenomena ini sering dikenal sebagai terbakar matahari.

Meski terbilang ringan, kita sering tidak bisa melupakan hal ini. Alasannya cukup logis. Kulit yang terhindar dari sinar matahari yang terlalu menyengat akan mengurangi risiko kanker kulit.

Agar hal mengerikan itu tidak terjadi, gunakan pelindung matahari yang tepat untuk jenis kulit dan memiliki SPF yang diperlukan. Selain tabir surya yang tepat, kita dapat melindungi kulit dari sinar UV secara alami dengan makanan tertentu.

Vitamin A

vitamin kulit alami

Membuat kulit lembut, memberi warna yang baik, dan dapat melindungi dari sengatan matahari. Vitamin A hanya ditemukan pada bahan makanan seperti telur, keju, mentega, dan ikan tuna.

Makanan seperti wortel, bayam, dan brokoli, di sisi lain, mengandung karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Alasannya, karoten dan vitamin A akan larut dalam lemak. Oleh sebab itu, disarankan untuk menambahkan beberapa lemak untuk membantu penyerapan (misalnya beberapa tetes minyak sayur dalam jus wortel).

Vitamin C

vitamin kulit alami

Tidak hanya berperan penting pada sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga penting untuk meningkatkan perlindungan kulit dari sinar matahari.

Vitamin yang berharga ini memiliki efek antioksidan dapat ditemukan dalam lemon, jeruk, jeruk bali, stroberi, ceri acerola, buckthorn laut, serta paprika, kentang, dan adas.

Vitamin E

vitamin kulit alami

Bermanfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan tinggi antioksidan. Vitamin ini bertindak sebagai perisai terhadap radikal bebas yang terbentuk di kulit melalui sinar UV, yang mempercepat proses penuaan dan dapat menyebabkan penyakit.

Ketika dikonsumsi secara teratur, vitamin E dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat sering berjemur. Vitamin ini hadir pada makanan, seperti bunga matahari dan minyak alpukat, kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan produk gandum.

Makanan dengan vitamin kulit alami yang lindungi dari sinar UV

vitamin kulit alami

Semangka, pepaya, tomat
Buah-buahan ini mengandung likopen yang memberi warna kuat. Senyawa kimia ini juga merupakan antioksidan penting dan melindungi kulit dari dalam ke luar.

Ikan (terutama salmon liar)
Mengandung asam lemak omega 3. Ini memblokir pelepasan enzim yang diinduksi UV.
Jika kita secara teratur menambahkan vitamin dan makanan ini ke dalam makanan, maka tubuh lebih mampu menjebak radikal bebas yang terbentuk oleh matahari.

Apa yang dijelaskan sebelumnya merupakan cara yang baik untuk melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Plus, antioksidan dapat mendukung atau bahkan mempercepat proses regenerasi kulit.

Bayam
Mengandung Coenzyme Q10 yang berfungsi seperti perisai dari kerusakan akibat radikal bebas dan menghentikan kerusakan kulit akibat UV.

Selain bayam, makanan yang memiliki manfaat sejenis seperti kacang-kacangan dan gandum utuh.

Brokoli
Sumber Alpha Lipoic Acid, antioksidan yang larut lemak dan air. Selain itu, brokoli juga bermanfaat sebagai anti peradangan.

Brokoli mengandung Isothiocyanates yang melawan carcinogen, zat yang memicu timbulnya kanker, termasuk kanker kulit dan payudara.

Timun
Mengandung 96 persen air. Bermanfaat untuk membuat kulit terhidrasi lebih lama. Ketika sel-sel mendapat cukup asupan air, mereka lebih kuat melawan radikal bebas.

Ketimun juga kaya akan nutrisi dan vitamin lain yang penting untuk menjaga ketahanan kulit terhadap faktor luar yang merusak. Di ketimun, terkandung silica, mineral yang berkontribusi menjaga kekuatan jaringan ikat (jaringan yang membentuk tendon dan ligamen -red) serta kaya akan vitamin A, C dan folic acid.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Vitamin kulit alami untuk lindungi” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *