Gerakan meratakan perut

By:
Posted: June 14, 2019

Jika perut adalah zona masalah pada proses pembakaran lemak berlebih, maka itu normal. Hampir sebagian orang merasakan dilema tersebut.


Meski sudah berhasil menurunkan berat badan, tetapi perut jauh dari "perut rata". Apakah sangat sulit untuk mendapatkan perut rata atau ada yang salah pada program latihan kita?


Dari beberapa hal di atas, kita perlu mencermati beberapa hal ini:




  • Berfokus hanya pada area masalah akan menjadi bumerang: Semakin terobsesi dengan perut, kita akan semakin tidak percaya diri terhadap tubuh tidak peduli ukurannya. Oleh sebab itu, kita perlu mulai dari penilaian ulang tujuan. Misalnya, lebih fokus pada pilihan yang lebih sehat dalam jangka panjang. Selain itu, latihan menitikberatkan pada penguatan otot inti tubuh sehingga mendukung semua aktivitas kehidupan sehari-hari.

  • Kembung vs lemak: Tidak realistis berharap memiliki perut yang rata 24/7. Meski kehilangan banyak lemak dari daerah perut, kita tetap akan melihat bentuk perut yang tidak rata. Perut yang benar-benar rata bukanlah "keadaan alami" bagi tubuh.


Apabila sudah bertekad membentuk perut rata, maka coba lakukan beberapa latihan berikut:



Sit-up


Gerakan meratakan perut

Lakukan dengan berbaring di atas tikar dengan lutut ditekuk dan menyentuh tanah. Angkat kaki dengan sudut 90 derajat.


Angkat tangan dan letakkan di belakang kepala, tarik nafas dalam-dalam. Buang nafas secara perlahan, ketika mengangkat tubuh bagian tas dari lantai.


Saat tubuh terangkat, punggung membentuk sudut 30-40 derajat dengan tanah. Kita akan merasakan tekanan pada otot perut.



Rolling Plank


Gerakan meratakan perut

Gerakan ini melatih otot-otot di sekitaran perut, pinggul dan punggung bagian bawah. Otot perut akan tegang dan lemak di dalamnya pun akan ikut terbakar.


Untuk melakukannya, posisikan tubuh tengkurap di lantai dengan lutut dan siku bertumpu di tanah. Jaga agar leher sejajar dengan tulang belakang, dan kepala tegap melihat arah depan. Lakukan gerakan ini selama 30 detik atau 1 menit.



Mengayuh sepeda


Gerakan meratakan perut

Lakukan dengan berbaring di lantai dan tangan tetap di samping atau di bekalang kepala. Angkat kedua kaki dari tanah, dan tekuk lutut, lalu dekatkan lutut kanan ke dada, dan jauhkan dari kaki kiri.


Latihan ini akan membuat otot perut, pinggang, dan paha mengencang. Cara ini dapat memaksimalkan pembakaran lemak di perut.



Lunge Twist


Gerakan meratakan perut

Berdiri dengan kedua pinggul selebar kaki, lutut sedikit menekuk. Angkat kedua tangan di depan dan sejajarkan dengan bahu dan tanah. Ambil langkah lebar ke depan. Duduk dengan lutut yang membentuk sudut 90 derajat dengan lantai.


Pastikan kaki kiri diposisikan mundur dengan jari kaki. Tulang belakang harus dijaga agar tetap lurus dan jangan membungkuk ke depan.



Peregangan


Gerakan meratakan perut

Berdiri tegak. Tangan mengarah ke samping. Kaki menempel ke tanah dengan menekuk tubuh ke kanan sebanyak mungkin hingga merasa tegang pada pinggang kiri.


Pastikan tangan kanan berada di pinggul kanan, dan tangan kiri diangkat ke atas. Pertahankan posisi ini selama 15 detik lalu ulangi kembali.


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "Gerakan meratakan perut" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts