Porsi makanan sehat per hari

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Sedang berusaha menurunkan berat badan, tetapi masih bingung me-manage pola makan sehat perhari?

Atau ingin memasak untuk orang yang tersayang dan selalu ada sisa makanan? Jika tidak ingin mendapatkan porsi yang tepat, gunakan tangan: kepalan tangan, telapak tangan, dan ibu jari sebagai indikator bentuk nasi, daging, atau lemak.

Porsi makanan sehat per hari

Porsi makanan sehat per hari dengan kepalan tangan, telapak tangan, dan ibu jari
Sekarang kita tahu cara terbaik untuk mengukur porsi makanan dengan tangan. Berikut ini beberapa contohnya:

Nasi

Satu porsi nasi ukuran kepalan tangan sama dengan 100 g, memiliki sekitar 130 kal, dan merupakan sumber karbohidrat yang baik.

Porsi makanan sehat per hari

Sayuran

2 genggam sayuran campuran sama dengan 150 g dan memiliki sekitar 82 kal

Porsi makanan sehat per hari

Buah

Segenggam campuran buah sama dengan 80 g dan memiliki sekitar 42 kal. Buah memasok tubuh Anda dengan vitamin, mineral, dan fitonutrien.

Porsi makanan sehat per hari

Minyak Zaitun

Ukuran ibu jari dari minyak zaitun (= 1 Tsp) memiliki 60 kal. Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu mengurangi kolesterol.

Porsi makanan sehat per hari

Ayam

Segenggam ayam (panggang) sama dengan 100 g, memiliki sekitar 111 kal, dan merupakan sumber protein

Porsi makanan sehat per hari

Almond

Sejumlah almond sama dengan 40 g dan memiliki sekitar 231 kal. Kacang almond adalah salah satu kacang yang paling kaya nutrisi.

porsi makanan sehat per hari

Gummi

Segenggam Gummi sama dengan 50 g dan memiliki sekitar 198 kal. Camilan ini sama dengan sekitar 17 gula batu per 100 g.

porsi makanan sehat per hari

Milk Chocolate

Segenggam cokelat susu sama dengan 16,7 g dan memiliki sekitar 90 kal. Kandungan gula yang tinggi berarti suguhan ini harus dinikmati dalam jumlah sedang.

porsi makanan sehat per hari

Keripik Kentang

Segenggam keripik sama dengan 25 g dan memiliki sekitar 137 kal. Ketika kentang dipanaskan dalam minyak, lemak trans yang tidak sehat terbentuk, jadi cobalah membatasi konsumsi keripik.

porsi makanan sehat per hari

Kebutuhan kalori harian saat diet

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan dengan pembagian persentasi meliputi 10-15% protein, 50-55% karbohidrat, dan 30% lemak. Bila sedang menjalankan diet, maka kita perlu mempertimbangkan opsi kebutuhan kalori harian yang berbeda.

Wanita memerlukan asupan sebanyak 2000 kalori per hari, sedangkan pria rata-rata membutuhkan 2500 kalori per hari. Untuk menurunkan berat badan, idealnya perlu mengurangi 500 kalori setiap hari. Artinya, wanita butuh 1500 kalori dan pria 2000 kalori per hari untuk menurunkan berat badan. Pengurangan 500 kalori per hari mengakibatkan tubuh kehilangan 0,5-1 kg berat badan per minggu.

Terkadang, pengurangan 500 kalori per hari dirasa kurang besar untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Oleh sebab itu, wanita membatasi asupan kalorinya di bawah 1500 kalori. Menurut Michelle Davenport, Ph.D, seorang ahli gizi, wanita aktif memerlukan kalori minimal sebesar 1200-1400 kalori per hari.

Jika aktif berolahraga, tambah asupan kalori untuk mengimbangi kalori yang terbakar saat melakukan olahraga. Namun, hal tersebut masih dihitung secara kasar. Jika dihitung dengan benar, terdapat faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti usia, tinggi badan dan berat badan saat ini, tingkat aktivitas, kesehatan metabolik, dan lainnya.

Apabila ingin mengetahui dengan tepat berapa minimal kalori yang dibutuhkan setiap hari, sebaiknya kunjungi ahli gizi. Ahli gizi akan merencanakan diet penurunan berat badan.

Source: https://www.runtastic.com/blog/en/hand-portion-size/

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Porsi makanan sehat per hari” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *