Sarapan yang baik

By:
Posted: June 11, 2019

Apakah sarapan tinggi protein membuat kita merasa kenyang lebih lama? Haruskah kita makan sarapan jika ingin menurunkan berat badan? Dan apakah terlalu banyak kopi membuat tubuh alami dehidrasi?


Berikut ini beberapa mitos tentang sarapan yang baik dan sudah dipercaya oleh banyak orang:



Sarapan makanan tinggi protein membuat rasa kenyang lebih lama


sarapan yang baik

Protein, salah satu dari tiga makronutrien esensial, memainkan peran penting dalam diet. Apakah makanan berprotein tinggi benar-benar sehat bagi tubuh? Jawabannya iya. Sarapan kaya protein timbulkan perasaan kenyang. Protein meningkatkan kadar leptin dalam darah, sehingga membatasi nafsu makan.


Meski demikian, kita tetap perlu berhati-hati. Idealnya, sarapan tidak hanya terdiri dari bahan protein tinggi. Kita butuh keseimbangan yang sehat - makanan kaya serat juga penting.



Wajib sarapan apabila ingin berat ideal hilang


sarapan yang baik

Apakah sarapan membantu menurunkan berat badan? Ada beberapa argumen yang mendukung dan menentang. Misalnya, makan di pagi hari tampaknya membantu meningkatkan metabolisme. Di sisi lain, puasa intermiten akibatkan penurunan berat badan tanpa makan sarapan.


Faktanya, faktor penting penurunan berat badan adalah jumlah kalori yang dikonsumsi. Jika membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi, berat badan akan turun.



Kopi di pagi hari akibatkan tubuh dehidrasi


sarapan yang baik

Orang mengatakan bahwa kopi membuat tubuh dehidrasi, tetapi hal itu tidak sepenuhnya benar. Dosis kafein yang tinggi hanya akan akibatkan produksi urin meningkat. Namun, bagi mereka yang terbiasa konsumsi kopi dalam jumlah besar tidak terlalu terpengaruh.


Kesimpulannya, tidak ada alasan untuk melewatkan kopi pagi. Namun dengan catatan. Kopi yang kita konsumsi tanpa krim dan gula rasa buatan. Apabila ingin lebih sehat, ganti kopi dengan secangkit teh atau segelas air mineral.



Rekomendasi sarapan yang baik


sarapan yang baik

Tidak lengkap tanpa membahas opsi sarapan yang baik. Agar tubuh dapat bekerja jauh lebih baik, ada baiknya kita konsumsi beberapa makanan berikut ini untuk sarapan, seperti:




  • Pisang. Pisang kaya serat dan rendah kalori. Campurkan pisang untuk sarapan bersamaan dengan sereal.

  • Ubi. Ubi mengandung serat yang tinggi dan sering dipakai sebagai makanan penurun berat badan. Selain serat, ubi juga rendah kalori dan mengandung air.

  • Bayam. Bayam kaya zat besi dan potasium, bermanfaat untuk kebugaran dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, ia pun rendah kalori dan memiliki gizi yang tinggi.

  • Semangka. Terdiri atas 90 persen air, rendah kalori, kaya Vitamin C dan A serta magnesium.

  • Telur. Makanan terbaik untuk menurunkan berat badan. Tinggi protein dan lemak sehat sehingga kita merasa kenyang lebih cepat.

  • Alpukat. Buah ini mengandung lemak sehat dan tinggi asam oleat tak jenuh tunggal. Ini adalah lemak yang sama yang ditemukan dalam minyak zaitun.

  • Oatmeal. Oat mengandung beta-glukan yang meningkatkan rasa kenyang, sehingga mencegah kita untuk makan berlebih.


Beberapa makanan pada paragraf sebelumnya bermanfaat tidak hanya bagi kesehatan tetapi juga mempertahankan atau menurunkan berat.


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "Sarapan yang baik" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts