Manfaat battle ropes

By:
Posted: June 11, 2019

Manfaat battle ropes bagi tubuh, salah satunya membuat tubuh menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Bahkan, delapan minggu latihan battle ropes akan meningkatkan kebugaran aerobik atlet dan kekuatan tubuh bagian atas dan bawah. Dan ini lebih baik dibanding kebiasaan kita untuk lari.


Untuk memperoleh manfaat battle ropes, kita akan belajar dari Janeil Mason, seorang instruktur di studio latihan New York City, Brrrn, untuk beberapa latihan battle ropes. Ambil tali, ikat pada tiang, dan mari kita mulai!



Teknik dan praktik dasar manfaat battle rope


Manfaat battle ropes

Agar hasilnya maksimal, kita butuh waktu lebih kurang 10 menit. Alat yang diperlukan, tentu, hanya Battle Ropes. Latihan ini akan memberi manfaat pada lengan, bahu, perut, otot di sekitar dada.


Agar hasil maksimal, pastikan menyelesaikan tiga gerakan ini. Masing-masing dilakukan selama 30 detik, istirahat 15 detik di antaranya. Ulangi seluruh rangkaian sebanyak empat kali.



Drummer dengan duduk


Manfaat battle ropes

Duduk bersila sambil memegang pegangan tali, telapak tangan saling berhadapan. Gunakan otot pada lengah untuk menaikkan dan menurunkan masing-masing lengan sehingga tali membuat gelombang secara bergantian.


Jaga pegangan pada atau di bawah tingkat dagu. Mulailah dengan lutut ditekuk, kaki lebih lebar dari bahu. Pegang pegangan dengan telapak tangan saling berhadapan. Gerakan cambuk ke atas dan ke kanan, gunakan perut untuk menjaga tubuh menghadap ke depan. Ulangi gerakan ke arah kiri; lanjutkan sisi yang bergantian.



Pertempuran Slam


Manfaat battle ropes

Mulai dengan jongkok rendah, kaki lebih lebar dari bahu. Pegang pegangan dengan kedua telapak tangan saling berhadapan dan angkat di atas bahu.


Selanjutnya, banting kedua tali dengan kuat pada saat yang sama; ulangi selama beberapa kali.



Cambuk Lateral


Manfaat battle ropes

Mulai dengan lutut ditekuk, kaki lebih lebar dari bahu. Pegang pegangan dengan telapak tangan saling berhadapan.


Arahkan cambuk ke atas dan ke kanan, gunakan perut untuk menjaga tubuh menghadap ke depan. Ulangi gerakan ke arah kiri; lanjutkan sisi yang bergantian.


Selain empat latihan battle rope di atas, ada beberapa latihan battle rapes dengan tujuan yang lebih spesifik, misalnya:



Membakar lemak


Manfaat battle ropes

Latihan menggunakan seutas tali tambang berukuran 10 meter dengan diameter 1 – 2 inchi. Umumnya, ujung tali sengaja diikat pada satu tiang.


Salah satunya yaitu proses pembakaran lemak menjadi lebih cepat. Kita hanya butuh waktu sekitar 15 – 20 menit latihan. Latihan ini mampu membakar lemak setidaknya 300 – 500 kalori per hari. Ulangi sebanyak 5 – 10 kali pada tiap gerakan whipping, slamming, dragging dan drumming, lakukanlah selama 3 – 4 kali dalam satu minggu.



Memperkuat otot


Manfaat battle ropes

Ketika terbiasa melakukan teknik whipping, slamming, dragging dan drumming secara bersamaan, maka otot akan lebih kuat.


Beberapa otot yang menjadi lebih kuat karenanya yaitu otot bagian bahu, bisep, dada dan paha. Selain itu sehingga nampak lebih kencang serta berbentuk. Selain itu, olahraga ini pun termasuk olahraga kardiovaskular yang bermanfaat memperkuat aktivitas jantung.



Olahraga yang minim resiko cedera


Manfaat battle ropes

Ya, battle rapes merupakan salah satu jenis olahraga kardiovaskular. Perbedaan dari latihan-latihan lainnya, resiko cedera selama melakukannya sangat minim.


Hal ini diakibatkan oleh gerakan yang cenderung stabil dan tekanan terhadap persendian lebih kecil. Akibatnya, aliran oksigen menuju jantung serta paru-paru bergerak secara konstan, tanpa takut terjadi penyempitan pembuluh darah atau cedera otot.


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "Manfaat battle ropes" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts