Makanan yang sehat penyebab penyakit kronis

By:
Posted: June 11, 2019

Hampir setiap minggu makanan yang sehat untuk tubuh baru muncul di pasaran. Para penjual mengklaim makanan tersebut dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan tingkat energi, dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.


Tidak berhenti sampai di situ, perusahaan makanan yang sehat untuk tubuh mulai menargetkan konsumen yang sadar kesehatan dengan produk "sehat" yang sebenarnya penuh dengan aditif, terbuat dari bahan kimia, dan bahan tambahan lain yang dipertanyakan.


Meskipun dipasarkan sebagai sehat dan bergizi, banyak dari produk ini dapat memiliki efek negatif pada kesehatan. Berikut beberapa makanan yang tidak sesehat yang kita yakini dan beberapa alternatifnya:



Ikan dengan berbagai khasiatnya


Makanan yang sehat untuk tubuh

Ikan terkenal berkhasiat meningkatkan kesehatan. Makanan yang sehat untuk tubuh ini diketahui mampu menyehatkan jantung dan sumber nutrisi tambahan untuk diet.


Faktanya, American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan berlemak setiap minggu untuk mengoptimalkan kesehatan.


Sementara itu, ikan yang ditangkap dari alam liar memberi lebih banyak memberi manfaat kesehatan. Sebaliknya, hindari ikan yang dibesarkan di peternakan sekaligus. Misalnya, salmon hasil peternakan.


Salmon yang dibesarkan di peternakan terbukti mengandung polutan dan racun yang lebih tinggi dalam. Parahnya, konsumsi ikan ternak secara teratur dapat berakibat serius, seperti resistensi insulin dan obesitas.


Oleh sebab itu, konsumsi jenis ikan yang lebih sehat untuk mendapatkan asam lemak omega-3 dan mikronutrien harian.



Granola yang lebih baik dibanding donat manis


Makanan yang sehat untuk tubuh

Meskipun dianggap sebagai pilihan sarapan yang lebih sehat daripada donat manis atau pancake sirup, banyak granola mengandung gula dan kalori kosong.


Konsumsi gula dalam jumlah besar - terutama yang pertama di pagi hari merugikan kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa asupan gula yang tinggi dapat dikaitkan dengan risiko kanker, diabetes, dan obesitas yang lebih tinggi.


Sebagai alternatif untuk granola yang dibeli di toko yang mungkin mengandung 8-12 gram gula per sajian, cobalah membuat granola sendiri dengan menggunakan bahan-bahan bergizi, seperti gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering sebagai pemanis alami.


Kita juga dapat mencoba menggunakan bahan-bahan sehat lainnya seperti biji chia atau biji rami untuk menambah kerenyahan pada semangkuk yogurt atau oatmeal sebagai pengganti granola.



Jajanan bagi orang diet



Makanan ringan seperti keripik sayuran atau pretzel sering dipasarkan sebagai opsi yang lebih sehat dibanding produk tinggi lemak seperti keripik kentang.


Sayangnya, beberapa makanan tersebut digoreng. Lebih parah lagi, jajanan yang dianggap sebagai makanan yang sehat untuk tubuh itu mengandung banyak sodium, lemak, karbohidrat olahan, dan bahan-bahan tambahan buatan lainnya yang lebih baik.


Alih-alih membeli makanan ringan dalam kantong, cobalah memanggang keripik sayuran sendiri di rumah menggunakan kangkung, wortel, zucchini, atau lobak. Alternatif camilan sehat lain yaitu popcorn berudara, buncis panggang, atau biji labu panggang.



Jus pabrikan yang memuat banyak nutrisi


Makanan yang sehat untuk tubuh

Meski dianggap sebagai makanan yang sehat, kita perlu mempertimbangkan jenis jus yang perlu ditambahkan pada daftar belanjaan. Smoothie hijau yang dibeli di toko, misalnya, sering mendapat bahan tambahan yang mengurangi manfaat kesehatan potensial.


Jus buah olahan, di sisi lain, mengandung megadosa terkonsentrasi dari semua gula yang ditemukan dalam buah, tetapi tanpa serat bermanfaat dari buah. Serat membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah untuk mencegah lonjakan gula darah secara tiba-tiba, dan juga membantu mengurangi risiko kondisi seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi.


Buah-buahan utuh seperti jeruk, apel, dan anggur adalah alternatif yang jauh lebih baik daripada minuman buah manis pabrikan. Buah-buahan alami tersebut menyediakan banyak vitamin dan mineral penting, dan kaya serat untuk membantu menjaga gula darah stabil dan meningkatkan kesehatan.


Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan "Makanan yang sehat untuk tubuh" akan dikirim ke alamat emailmu.


GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.




Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts