Dampak negatif minuman bersoda

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Bagi beberap orang, soda tidak terlalu buruk bagi mereka. Dari sisi harga, soda sangat murah, ada di mana-mana, dan itu memberi tubuh “suntikan” energi lebih cepat, mirip dengan kopi.

Tentu, jenis minuman ini tidak seburuk narkoba atau rokok. Sayangnya, itu tidak membuat soda jadi lebih baik. Soda tetap sangat buruk dan bisa menghancurkan segalanya mulai dari suasana hati sampai ke lingkar pinggang.

Salah satu hal terbaik bagi kesehatan yaitu menghilangkan soda dari diet. Berikut ini beberapa hal terkait dampak negatif minuman soda, yaitu:

Dampak negatif minuman bersoda berdasar kandungan nutrisinya

Dampak negatif minuman bersoda

Satu kaleng cola mengandung 39 gram gula. Ketika pihak American Heart Association (BPOM Amerika) merekomendasikan konsumsi gula bagi wanita tidak lebih dari enam sendok teh dan sembilan sendok teh untuk pria di setiap hari.

Artinya, soda telah “merenggut” kebutuhan gula harian. Apabila konsumsi gula ini melebihi apa yang dianjurkan, maka muncul gejala usus bocor. Hal ini disebabkan oleh transfer gula pada aliran darah terlalu banyak.

Dampak negatif minuman bersoda: picu obesitas dan penyakit metabolisme

Dampak negatif minuman bersoda

Kondisi seperti demikian akan memicu obesitas dan penyakit metabolisme lain. Semakin kita belajar tentang microbiome, semakin kita tahu bahwa gula memengaruhi tubuh secara negatif.

Selain itu, gula berpotensi menumbuhkan bakteri jahat dan ragi dalam usus. Terlalu banyak menambahkan gula, seperti yang ditemukan dalam soda, dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, obesitas, dan jenis kanker tertentu.

Dampak negatif minumal bersoda: rusak gigi

Dampak negatif minuman bersoda

Soda akan buruk bagi gigi. Bukan hanya karena gula yang dikandungnya, tetapi juga karena kandungan asam yang tinggi.

Asam yang ditemukan dalam soda (dan asam yang diciptakan oleh bakteri akibat soda) akan mengikis enamel gigi. Akibatnya, resiko penumpukan plak, gigi berlubang, dan pembusukan akan semakin besar.

Dampak negatif minumal bersoda: daya ingat menurun

Dampak negatif minuman bersoda

Belum cukup, penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur minum minuman manis, seperti soda, memiliki ingatan yang lebih buruk daripada mereka yang tidak.

Mereka yang mengonsumsi soda memiliki hippocampus yang lebih kecil – yang merupakan bagian dari otak yang terkait dengan belajar dan menyimpan informasi – dan otak yang lebih kecil secara keseluruhan.

Alternatif minuman soda yang menyehatkan

Dampak negatif minuman bersoda

Minuman pilihan terbaik yaitu air! Tetapi jika air mineral terkesan “biasa”, maka kita perlu mempertimbangkan opsi kedua. Salah satunya Kombucha, sebagai pengganti soda.

Kombucha adalah minuman fermentasi ini penuh dengan probiotik, yang merupakan bakteri sehat yang hidup di usus. Ketika kita mengonsumsi bakteri baik, maka mereka menghancurkan bakteri jahat yang menjadi penyebab infeksi, usus bocor, fungsi kekebalan tubuh yang buruk, dan sejumlah masalah lainnya.

Probiotik juga membantu menjaga hati tetap jernih dan sehat, dan, yang terpenting, mereka membantu mengurangi peradangan kronis, yang merupakan akar dari sebagian besar penyakit.

Selain Kombucha, kita bisa mencoba Matcha yang merupakan bubuk teh hijau. Ini adalah alternatif soda yang lebih enak dibanding lain-lainnya. Matcha memiliki cukup kafein untuk memberi “energi” tambahan pada tubuh.

Tidak seperti soda, energi yang dihasilkan dari kafein Matcha ini berdampak secara perlahan, lebih dari 6-8 jam. Hal ini mendukung sistem kekebalan tubuh jauh lebih sehat dibanding sebelumnya.

Tertarik dengan lanjutan artikel ini? Tulis email di kolom di bawah ini. Tunggu beberapa saat, email berisi panduan “Dampak negatif minuman bersoda” akan dikirim ke alamat emailmu.

GOFITers akan memperoleh panduan lengkap secara gratis dan ditulis berdasarkan pengalaman trainer berpengalaman langsung ke inbox email.

More to explorer

3 Latihan HIIT Terbaik!

Ingin cepat membakar lemak? Yuk, lakukan High Intensity Interval Training (HIIT) di rumah atau gym terdekat rumah kamu. Fyi, HIIT adalah latihan

Makanan Terbaik untuk Pelari Vegetarian

Mencari tahu apa yang sebaiknya dimakan sebelum melakukan aktivitas lari tak semudah yang dibayangkan ya, apalagi jika kamu seorang vegetarian. Kenapa? Karena

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *